Contoh kisi-kisi MTK kelas IV SD
KISI-KISI SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS)
MATEMATIKA KELAS IV
TAHUN PALAJARAN 2015/2016
K0MPETISI DASAR
|
INDIKATOR
|
BENTUK
|
SOAL
|
NO SOAL
|
KUNCI JAWABAN
|
KETERANGAN
|
||||||||
5.1 Mengurutkan
bilangan bulat
|
Menerapkan bilanganbulat negatif dalam kehidupan sehari-hari
Membaca dan menuliskan lambang bilangan bulat
Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
Mengenal lawan suatu bilangan
Mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau terbesar
|
PG
ESAI
|
Lawan bilangan
dari -6 adalah ....
a.-6 b.-12 c.6 d. 60
Negatif sembilan
belas ditulis ...
a.-19 b.19 c. 91 d.09
Urutan
bilangan bulat berikut ini bilangan
manakah yang terkecil
-3,-2,-1,0,1,2,3,....
a.0 b.-3 c.-4 d.3
Emi berdiri di
titik 0,kemudian melangkah 4 satuan ke kanan.DI titik berapa Emi berada
sekarang ....
Ayah mempunyai
hutang Rp 5.000,00, ditulis ....
|
1
2
3
1
2
|
C
A
B
4
-Rp 5.000,00
|
Mudah
Mudah
Mudah
Mudah
Mudah
|
||||||||
5.2Menjumlahkan
bilangan bulat
Mengurangkan bilangan bulat
Melakukan
operasi hitung campuran
|
Menjumlahkan dua bilangan positif
Menjumlahkan dua bilangan positif
Menjumlahkan bilangan positif
dan bilangan negatif
Mengurangkan dua bilangan positif
Mengurangkan dua bilangan positif
Mengurangkan bilangan positif dan bilangan negatif
Mengurangkan
duabilangan negatif
Menghitung
operasi hitung campuran
|
PG
ESAI
URAIAN
|
4+8=n, n = ....
a.3 b. 8 c.
18 d. 12
14 + n =
20, n = ....
A. 6 b. 7
c. 8 d. 9
-58 + 10
= ....
12+ (-16 ) =
....
Ibu membeli
telur 2 kg seharga Rp 30.000,00
Kemudian membeli
susu seharga Rp 15.000,00 ,uang yang harus dibayarkan oleh ibu sebesar ....
|
4
5
3
4
1
|
D
A
-48
-4
RP 30.000+Rp15.000=
Rp 45.000,00
|
Mudah
Sedang
Sedang
Sedang
Sedang
|
||||||||
6.1
Menjelas-kan arti pecahan dan
urutannya
|
Mengenal arti pecahan
Menghitung
pecahan
sebagai operasi pembagian
Menuliskan etak pecahan pada garis bilangan
Membandingkan dan mengurutkan pecahan
|
PG
Esai
|
Ibu memotong kue
bolu menjadi empat bagian,satu bagian nilainya ....
a. 1/3 b. 1/2 c.1/4 d. 1/5
Ani memotong
sebuah pita menjadi 6 bagian yang sama
2 bagian nilainya ....
a. 1/6 b.2/6 c. 4/6 d. 6/6
Berilah
tanda yang sesuai dengan perbandingan
pecahan di atas
¼ ......2/4
Ayah memotong
bambu menjadi dua bagian,satu bagian ditulis ....
1/2,1/3,1/4,1/6,1/5,
dari pecahan tersebut pecahan yang paling kecil nilainya adalah ....
|
6
7
5
6
|
C
B
<
1/2
1/6
|
Mudah
Mudah
Mudah
Sedang
|
||||||||
6.2
Mengenal arti
pecahan
Menghitung pecahan sebagai operasi pembagian
Menuliskan etak pecahan pada garis bilangan
Membandingkan dan mengurutkan pecahan
|
Menentukan pecahan-pecahan yang senilai dari suatu pecahan
Menyederhanakan pecahan
Menyatakan pecahansebagai pembagian
|
PG
ESAI
URAIAN
|
Pecahan yang
senilai dengan ½ adalah ....
a.3/6 b.4/6 c. 5/6 d.6/6
Pecahan yang paling
sederhana dari 12/4 adalah ....
a. 1/3 b. 1/4 c.3/4 d.6/2
Gambar di atas terdiri dari 4 bagian , yang diarsir 1
bagian. Nilai pecahannya adalah ....
Buatlah sebuah gambar pecahan yang nilainya 3/4
|
8
9
7
2
|
A
D
1/4
|
Sedang
Sedang
Sedang
Sedang
|
||||||||
6.3
Menjum-lahkan
pecahan
|
Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut
sama
Membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat
Melakukan operasi penjumlahan dan Pengurangan pecahan desimal
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
|
PG
ESAI
URAIAN
|
3/17+5/17=....
a. 10/17 b. 6/17 C. 8/17 d.2/17
14/8-12/8 =
a.8/8
b.16/8 C. 4/8 d.2/8
I bu membeli gula putih ¼ kg,kemudian ibu membeli gula
putih lagi sebanyak ¾ kg. Ada barapa gula putih ibu seluruhnya ....
Selesaikan soal di bawah ini
- = =
|
10
11
8
3
|
C
D
4/4kg
=
|
|
||||||||
6.4
Mengurang-kan pecahan
|
Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut
sama
Membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat
Melakukan operasi penjumlahan dan Pengurangan pecahan desimal
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
|
PG
ESAI
URAIAN
|
+ - =....
a. b. c. d
Pembulatan pecahan
desimal di bawah ini
562,800 bila
dibulatkan menjadi ....
a.562.000 b.563.000 c.565.000 d.5000
Jarak yng harus ditempuh sebuah mobil adalah km.
Mobil tersebut telah melintas sejauh km
Berapa km lagi jarak yang harus di tempuh ....
+ - =
|
12
13
9
4
|
C
B
=
|
Mudah
Sedang
Sedang
Sedang
|
||||||||
6.5
Menyelesai-kan masalah yang berkaitan dengan pecahan
|
Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut
sama
Membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat
Melakukan operasi penjumlahan dan Pengurangan pecahan desimal
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
|
PG
ESAI
URAIAN
|
+ -
=
a . b. c. d.
Ruri memiliki
6,5 m pita,kemudian ia membeli pita sepanjang3,2 m. Pita Ruri sekarang ada
.... m
a. 9,7 m b.9,0 m c.70 m d.4,3 m
Ibu memiliki
gula 10,5 kg kemudian ibu membuat kue bolu menghabiskan gula 4 kg ,sisa gula
ibu sebanyak ....
+ - =
|
14
15
10
5
|
A
C
6,5 kg
=
|
Sedang
M udah
Mudah
|
Comments
Post a Comment