contoh RPP kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                    : SDN 11 Sumber Marga Telang
Kelas/Semester                          : II/I
Tema/Subtema/PB                    : Hidup Rukun/Hidup Rukun Dirumah/1
Alokasi Waktu                           : 1 Hari

A. Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
PPKn
Kompetensi Dasar
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral Pancasila.
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.3.1 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
4.3.1 Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.3.1 Menentukan karakter setiap individu di rumah.
3.3.2 Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.3.1 Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
4.5.1 Membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.

MATEMATIKA
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah dalam mengerjakan tugas.
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan)..
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
Indikator
3.1.1 Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.2 Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100




SBdP
Kompetensi Dasar
1.1 Menikmati keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.3 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

C. Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis secara teliti.
2.      Dengan menggunakan alat musik ritmis, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
3.      Dengan menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan, siswa dapat menentukan karakter setiap individu di rumah dengan teliti.
4.      Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.
5.      Dengan teks buku harian Udin, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
6.      Dengan menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
7.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.
8.      Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.
9.      Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda dengan teliti.
10.  Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
11.  Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan teliti.
12.  Dengan mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan guru, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
13.  Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
14.  Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.

D. Materi Pembelajaran
1.      Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan meng-gunakan alat musik ritmis
2.      Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga
3.      Menentukan karakter setiap individu di rumah
4.      Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga
5.      Membaca teks permintaan maaf
6.      Membilang sampai 500
7.      Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100
8.      Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga

E. Metode Pembelajaran
1. Metode : penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab
2. Pendekatan : Scaintific

F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media:
·                     Teks lagu “Ruri Abangku”.
·                     Contoh teks buku harian Udin.
·                     Gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan.
·                     Gambar beberapa rak buku yang berkaitan dengan barisan bilangan +1.
2. Alat : -
3. Sumber ; Nuh Muhammad. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G . Langkah-Langkah Pembelajaran
A.  Pendahuluan (10 Menit)
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.      Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan menunjukkan sebuah gambar keluarga inti yang terdiri dari ayah, ibu dan anak
4.      Tanya jawab tentang hidup rukun di rumah
5.      Mengajak siswa untuk berdinamika dengan menyanyikan lagu “sayang semuanya”
6.      Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “hidup rukun” dengan subtema “hidup rukun di rumah”.

B. Kegiatan Inti (150 Menit)
1.      Menuliskan pertanyaan beserta jawaban berdasarkan gambar pada buku siswa.
2.      Guru memperkenalkan alat musik ritmis kepada siswa (mengamati).
3.      Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” secara bersama-sama dengan percaya diri (mencoba).
4.      Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Ruri Abang-ku” sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
5.      Siswa dibimbing memainkan alat musik ritmis (mengamati).
6.      Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dengan memainkan alat musik ritimis (mencoba).
7.      Siswa diajak menyanyikan lagu lain yang mempunyai birama 2/4 (mencoba).
8.      Siswa mengidentifikasi pola irama pada lagu yang dinyanyikan tersebut menggunakan alat musik ritmis (menalar).
9.      Siswa memainkan pola irama pada lagu berbirama 2/4 menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
10.  Siswa membedakan pola irama pada lagu “Ruri Abangku” dengan lagu lain berbirama 2/4 yang telah dinyanyikan tersebut (menalar).
11.  Siswa membaca nyaring syair lagu (mengamati).
12.  Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa (menalar).
13.  Siswa dan guru melakukan tanya jawab sebutan kakak laki-laki dan perempuan di daerah setempat (menanya).
14.  Siswa menyebutkan sebutan kakak laki-laki dan perempuan yang ada dalam keluarganya (mengomunikasikan).
15.  Siswa membaca teks buku harian Udin (mengamati).
16.  Siswa menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin (menalar).
17.  Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga (menalar).
18.  Siswa membaca contoh ucapan permohonan maaf yang ada pada buku siswa (mengamati).
19.  Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang ucapan permohonan maaf yang santun (menanya).
20.  Guru menjelaskan kalimat permohonan maaf yang santun kepada siswa, kemudian siswa dibimbing memperagakan ucapan permohonan maaf (mengamati).
21.  Siswa memperagakan ucapan permohonan maaf di depan kelas (mencoba).
                                         
C. Kegiatan Penutup (15 Menit)
1.      Bersama-sama membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
2.      Bertanya jawab tentang materi
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama masing-masing

H. PENILAIAN
1. Teknik penilaian
a. Penilaian sikap : Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan
b. Penilaian pengetahuan : Tes tertulis
c. Penialain Keterampilan : Unjuk kerja

2. Bentuk Instrumen Penilaian
1.         Sikap
No.
Nama
Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1.













2.













3.













4.













5.














2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin
Jumlah Soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 25
Kunci jawaban :
1.      Udin meminta maaf karena menyobek buku kakak.
2.      Karena tidak sengaja membuat buku kakak sobek.
3.      Iya, kakak memaafkan Udin.
4.      Udin akan sedih, mereka bisa bertengkar.
5.      Peragaan ucapan permohonan maaf (penilaian pada aspek keterampilan).

b. Membilang dengan menggunakan balok dienes atau kubus satuan
Jumlah soal : 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban : 20
Kunci jawaban :
Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa.
c. Melengkapi barisan bilangan +1
Jumlah soal : 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban : 20
Kunci jawaban :
1.    38, 39, 40, 41, 42
2.    40, 41, 42, 43, 44
3.    44, 45, 46, 47, 48
4.    44, 45, 46, 47, 48
5.    45, 46, 47, 48, 49

3. Keterampilan
a. Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
 


















b. Memperagakan ucapan permohonan maaf
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian memperagakan ucapan permohonan maaf
 






c. Menulis teks buku harian
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis teks buku harian
 










Mengetahui,


Mengetahui                                                                  ............, ......................20……..         
  Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas II




TUTI,SPd.SD                                                                MU’MINAH SP.dSD
  NIP :196902151994052001                                         NIP :196908032008012004
                                                                      
                          RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                    : SDN 11 Sumber Marga Telang
Kelas/Semester                          : II/I
Tema/Subtema/PB                    : Hidup Rukun/Hidup Rukun Dirumah/2
Alokasi Waktu                           : 1 Hari

A. Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar Dan Indikator
PPKn
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.3.2 Menyebutkkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/ hobi.
4.3.2 Menceritakan kebersamaan keluarga dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.3.3 Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga.
3.3.4 Mencatat peran masing-masing anggota keluarga.
4.3.2 Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
4.3.3 Menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis.

Matematika
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan)..
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
Indikator
3.1.2 Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.3 Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.1.8 Membilang loncat.
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100.

PJOK
Kompetensi Dasar
3.2 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk permainan sederhana.
4.2.1 Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk permainan sederhana.

C. Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan mengamati gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan Mutiara, siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan teliti.
2.      Dengan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil, siswa dapat melakukan gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dengan percaya diri.
3.      Dengan membaca teks tentang kegemaran, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan percaya diri.
4.      Dengan mengamati gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati dengan teliti.
5.      Dengan mengamati contoh dan tabel cara membaca lam-bang bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
6.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
7.      Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilang-an kurang dari 100 dengan teliti.
8.      Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan teliti.
9.      Dengan kegiatan bertanya dan mengamati contoh cerita tentang kegemaran, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi dengan bahasa santun dan percaya diri.
10.  Dengan mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
11.  Setelah membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mencatat peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
12.  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menulis buku harian tentang kegiatan hari ini dengan teliti.
13.  Dengan menggunakan teks buku harian yang telah ditulis, siswa dapat membaca teks buku harian kegiatan keluarga dengan teliti dan percaya diri.
14. Dengan menjawab pertanyaan dan mengamati contoh membuat kesimpulan teks buku harian, siswa dapat me-nyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis dengan teliti.

D. Materi Pembelajaran
1.      Mengidentifikasi Gerakan Variasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor Dalam Bentuk Permainan Sederhana
2.      Melakukan Gerakan Variasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor
3.      Menyebutkan Keberagaman Anggota Keluarga Berdasarkan Kegemaran/Hobi
4.      Mengidentifikasi Contoh Sikap Hidup Rukun Dan Tidak Rukun Dalam Kemajemukan Keluarga
1.      5 Membaca Lambang Bilangan Sampai 500
5.      Membilang Loncat
6.      Menentukan Pola-Pola Bilangan Sederhana Menggunakan Bilang-An Kurang Dari 100
7.      Menceritakan Kebersamaan Dengan Anggota Keluarga Yang Berbeda Kegemaran/Hobi
8.      Buku Harian Tentang Kegiatan Hari ini

E. Metode Pembelajaran
1. Metode : penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab
2. Pendekatan : Saintific

F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media:
ü  Gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan Mutiara.
ü  Gambar permainan lingkaran kecil dan lingkaran besar.
ü  Gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan.
ü  Tabel cara membaca lambang bilangan.
ü  Gambar sisi halaman buku yang berkaitan dengan barisan bilangan.
ü  Gambar kegiatan Udin dan Mutiara yang saling membantu.
2. Alat : -
3. Sumber ; Nuh Muhammad. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan (10 Menit)
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.      Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan menunjukkan sebuah gambar keluarga inti yang terdiri dari ayah, ibu dan anak
4.      Tanya jawab tentang hidup rukun di rumah
5.      Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “hidup rukun” dengan subtema “hidup rukun di rumah”.

B. Kegiatan Inti (150 Menit)
·         Siswa mengamati gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan Mutiara, meliputi gambar gerak jalan di tempat, gerak mengayunkan kaki, gerak memutar lengan.
(mengamati).
·         Siswa bertanya tentang gambar yang diamati (menanya).
·         Siswa menjelaskan gambar yang telah diamati (mengomu-nikasikan).
·         Siswa dibimbing menirukan gerakan berdasarkan gambar yang telah diamati (mencoba).
·         Siswa mengamati gambar permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil dengan teliti (mengamati).
·         Siswa diberi penjelasan tentang permainan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil yang akan dilakukan (mengamati).
·         Siswa melakukan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil di bawah bimbingan guru (mencoba).
·         Siswa membaca teks tentang kegemaran (mengamati).
·         Siswa menyebutkan berbagai kegemaran/hobi berdasarkan teks yang telah dibaca (mengomunikasikan).
·         Siswa menyebutkan kegemaran/hobi anggota keluarganya (mengomunikasikan).
·         Siswa mengamati gambar cara menghitung benda dengan menggunakan kubus satuan (mengamati).
·         Siswa menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati (mengomunikasikan).
·         Siswa mengamati contoh dan tabel cara membaca lambang bilangan (mengamati).
·         Siswa membaca lambang bilangan berdasarkan tabel. (mengamati).
·         Siswa membaca lambang bilangan dari beberapa bilangan yang dikemukakan guru (mengomunikasikan).
·         Siswa mengamati gambar sisi halaman buku yang berkaitan dengan barisan bilangan (mengamati).
·         Siswa dan guru melakukan tanya jawab terkait gambar yang diamati (menanya).
·         Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan gambar (mangamati).
·         Siswa menyebutkan pola bilangan dari barisan bilangan yang telah diamati (menalar).
·         Siswa dibimbing membuat barisan bilangan dengan pola +2 (mengamati).
·         Siswa berlatih membuat barisan bilangan dengan pola +2 (menalar).
·         Siswa diminta bertanya kepada teman tentang kegemarannya dan kegemaran anggota keluarganya yang lain dengan teliti (menanya).
·         Siswa membaca contoh cerita tentang kegemaran (mengamati).
·         Siswa bercerita kepada teman tentang cara menjaga kebersamaan dalam keluarga yang berbeda kegemaran (mengomunikasikan).
·         Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan dalam keluarga (mengamati).
·         Siswa mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga (menalar).
·         Siswa mencatat peran masing-masing anggota keluarga (menalar).
·         Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan hari ini (mencoba).
·         Siswa membaca teks yang telah ditulis pada buku harian dengan teliti (mengomunikasikan)
·         Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teks buku harian yang telah ditulis (menalar).
·         Siswa mengamati contoh membuat kesimpulan dari teks buku harian (mengamati).
·         Siswa menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis (mengomunikasikan).

C. Kegiatan Penutup (15 menit)
1.      Bersama-sama membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
2.      Bertanya jawab tentang materi
3.      Melakukan penilaian hasil belajar
4.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama masing-masing

H. PENILAIAN
1. Teknik penilaian
a. Penilaian sikap : Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan
b. Penilaian pengetahuan : Tes tertulis
c. Penialain Keterampilan : Unjuk kerja

2. Bentuk Instrumen Penilaian
1. Sikap
No.
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1.













2.













3.













4.













5.














2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks buku harian yang ditulis
Jumlah Soal: 3 buah
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
Disesuaikan dengan teks buku harian yang ditulis siswa.
b. Melengkapi deret bilangan berpola +2
Jumlah soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20


Kunci jawaban
1.                       34, 36, 38, 40, 42
2.                       25, 27, 29, 31, 33
3.                       44, 46, 48, 50, 52
4.                       16, 18, 20, 22, 24
5.                  33. 35, 37, 39, 41
3. Keterampilan
a. Bermain lingkaran besar dan lingkaran kecil
penilaian: observasi (pengamatan)
Lembar pengamatan bermain lingkaran besar dan lingkaran kecil
No.
Kriteria
Terlihat (√)
Belum terlihat (√)
1.
Siswa mampu mengikuti instruksi.


2.
Siswa terlibat aktif dalam permainan


3.
Siswa mampu menirukan gerakan sesuai permainan.



b. Membaca lambang bilangan
penilaian: unjuk kerja
Rubrik membaca lambang bilangan
 




















c. Menulis teks buku harian
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis teks buku harian
 











d. Membaca dan menyimpulkan teks buku harian
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik membaca dan menyimpulkan teks buku harian
 









Mengetahui                                                          ..............,......................20……..    
  Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas II



TUTI,SPd.SD                                                                MU’MINAH SP.dSD
  NIP :196902151994052001                                         NIP :196908032008012004



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                    : SDN 11 Sumber Marga Telang
Kelas/Semester                          : II/I
Tema/Subtema/PB                    : Hidup Rukun/Hidup Rukun Dirumah/3
Alokasi Waktu                           : 1 Hari

A. Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
SBdP
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
4.3.1 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
3.2.2 Menunjukkan pola irama lagu bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.1 Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
3.5.2 Membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.1 Membaca teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan
Matematika
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
Indikator
3.1.3 Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.1.8 Membilang loncat.
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan menyanyikan lagu “Main Ayunan”, siswa dapat menunjukkan berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis secara teliti.
2.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
3.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat mengubah syair lagu “Main Ayunan” menjadi sebuah cerita dengan menggunakan bahasa yang santun.
4.      Dengan mengamati alam sekitar, siswa dapat mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa dengan teleti.
5.      Dari teks cerita yang telah dibuat, siswa dapat menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar dengan teliti.
6.      Dengan menggunakan teks percakapan “Buku Kakak Sobek”, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan santun dan percaya diri.
7.      Dengan membaca teks percakapan “Buku Kakak Sobek”, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
8.      Dengan beberapa contoh sikap yang dikemukakan guru, siswa dapat membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
9.      Dengan berdiskusi sesama teman sebangku, siswa dapat membaca membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
10.  Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
11.  Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
12.  Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan teliti.

D. Materi Pembelajaran
1.      Menunjukkan Berbagai Pola Irama Lagu Dengan Menggunakan Alat Musik Ritmis
2.      Memainkan Pola Irama Bervariasi Lagu Bertanda Birama Tiga
3.      Mengubah Syair Lagu “Main Ayunan” Menjadi Sebuah Cerita
4.      Mengidentifikasi Bahan-Bahan Dalam Membuat Karya Seni Rupa
5.      Menggambar Imajinatif Dengan Memanfaatkan Media Di Lingkungan Sekitar
6.      Membaca Teks Permintaan Maaf Untuk Menjaga Sikap Hidup Rukun Dalam Kemajemukan Keluarga
7.      Membedakan Contoh Sikap Hidup Rukun Dan Tidak Rukun Dalam Kemajemukan Keluarga Dengan
8.      Menggunakan Bilangan Kurang Dari 100

E. Metode Pembelajaran
1. Metode : penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab
2. Pendekatan : Scaintific

F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media:
·         Teks lagu “Main Ayunan”.
·         Gambar Udin dan Mutiara bermain ayunan.
·         Teks bermain peran “Buku Kakak Sobek”.
·         Gambar kartu bilangan yang ditempelkan pada ayunan.
2. Alat : -
3. Sumber ; Nuh Muhammad. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan (10 Menit)
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.      Guru memberikan motivasi kepada siswa
4.      Tanya jawab tentang hidup rukun di rumah
5.      Mengajak siswa untuk berdinamika dengan menyanyikan lagu “main ayunan
6.      Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “hidup rukun” dengan subtema “hidup rukun di rumah”.

B. Kegiatan Inti (150 Menit)
1.      Siswa dibimbing memainkan pola irama lagu “Main Ayunan” dengan menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
2.      Siswa memainkan pola irama bervariasi pada lagu “Main Ayunan” dengan menggunakan dua alat musik ritmik yang berbeda (mencoba).
3.      Guru membacakan syair lagu seperti membaca puisi, siswa diminta menyimak (mengamati).
4.      Siswa membaca syair lagu seperti yang telah dicontohkan guru (mencoba).
5.      Siswa membuat pertanyaan yang berkaitan dengan teks lagu “Main Ayunan” (menanya).
6.      Siswa menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dengan teman.
7.      Siswa menjawab pertanyaan yang ditukarkan (menalar).
8.      Siswa mengubah syair lagu “Main Ayunan” menjadi sebuah cerita menggunakan bahasa yang santun (menalar).
9.      Siswa mengamati alam sekitar (mengamati).
10.  Siswa mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa berdasarkan pengamatan (mencoba).
11.  Siswa menyebutkan alat dan bahan yang biasa digunakan dalam menggambar. (mengomunikasikan)
12.  Siswa menghias cerita yang telah ditulis dengan menggambar imajinatif menggunakan pensil warna atau krayon (mencoba).
13.  Siswa bermain peran berdasarkan teks percakapan “Buku Kakak Sobek” dengan percaya diri (mencoba).
14.  Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga (menalar).
15.  Siswa membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga berdasarkan beberapa contoh yang dikemukakan guru (mencoba).
16.  Siswa berdiskusi dengan teman sebangku tentang cara membaca lambang bilangan yang ada pada gambar dengan santun (menanya).
17.  Siswa secara bergantian membaca lambang bilangan yang pada gambar tersebut (mengomunikasikan).
18.  Siswa mengamati sebuah barisan bilangan (mangamati).
19.  Siswa menyebutkan pola bilangan pada barisan bilangan yang diamati (menalar).
20.  Siswa melengkapi barisan bilangan berpola +3 (menalar).

                                     
C. Kegiatan Penutup (15 Menit)
1.      Siswa kembali menyanyikan lagu “Main Ayunan” mengguna-kan alat musik ritmis.
2.      Siswa ditugaskan menuliskan kalimat permohonan maaf yang santun.
3.      Siswa ditugaskan menentukan pola bilangan dari beberapa deret bilangan yang dikemukakan guru.
4.      Bersama-sama membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
5.      Bertanya jawab tentang materi

H. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Penilaian sikap : Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan
b. Penilaian pengetahuan : Tes tertulis
c. Penialain Keterampilan : Unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
1. Sikap
No.
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1.













2.













3.













4.













 5.














2. Pengetahuan
Penilaian: Skor
a. Membuat pertanyaan berdasarkan teks lagu
Banyak soal : 1 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 100
Jawaban disesaikan dengan pendapat siswa.
b. Melengkapi deret bilangan berpola +3
Banyak soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor jawaban: 20
Kunci Jawaban:
1.  27, 30, 33, 36, 39
2.  29, 32, 35, 38, 41
3.  38, 41, 44, 47, 50
4.  42, 45, 48, 51, 54
5.  42, 45, 48, 51, 54

3. Keterampilan
c. Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis  


 










d. Mengubah syair lagu menjadi cerita dengan berkreasi
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian mengubah syair lagu menjadi cerita dengan berkreasi
 











e. Bermain peran
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik bermain peran
 










f. Membaca lambang bilangan
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik membaca lambang bilangan

 






Menyetujui,                                                                  ..........., ......................20……..          
  Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas II




TUTI,SPd.SD                                                                MU’MINAH SP.dSD
  NIP :196902151994052001                                         NIP :196908032008012004



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                    : SDN 11 Sumber Marga Telang
Kelas/Semester                          : II/I
Tema/Subtema/PB                    : Hidup Rukun/Hidup Rukun Dirumah/4
Alokasi Waktu                           : 1 Hari

A. Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar dan  Indikator
SBdP
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
Indikator
3.3.2 Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11.2 Menirukan gerakan berkebun melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung atau media yang lain.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal bahan dan alat serta tekniknya dalam membuat karya seni rupa
4.3 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media.
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
4.3.1 Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
3.2.3 Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga. 4.5.1 Membaca teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan

PPKn
Kompetensi dasar
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah. Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah
Indikator
3.3.2 Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi
3.3.3 Menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
4.3.3 Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/ karakter

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan mengamati beberapa gambar tentang hidup rukun, siswa dapat mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
2.      Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan percaya diri.
3.      Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan bahasa yang santun.
4.      Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan bahasa yang santun.
5.      Dengan mengisi kolom pernyataan, siswa dapat menyimpulkan isi teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga yang telah dibaca dengan teliti.
6.      Dengan menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan”, siswa dapat menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis dengan percaya diri.
7.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga menggunakan alat musik ritmis dengan percaya diri.
8.      Dengan menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan”, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berda-sarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan bahasa yang santun.
9.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri.
10.  Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa dengan teliti.
11.  Dengan bimbingan guru, siswa dapat menggambar imaji-natif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar. dengan percaya diri.

D. Materi Pembelajaran
1.      Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
2.      Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/ menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
3.      Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter
4.      Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis
5.      Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga menggunakan alat musik ritmis
6.      Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter
7.      Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa
8.      Menggambar imaji-natif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar

E. Metode Pembelajaran
1. Metode : penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab
2. Pendekatan : Scaintific

F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media:
·         Gambar sikap hidup rukun dan tidak rukun.
·         Teks lagu Peramah dan Sopan.
2. Alat : -
3. Sumber ; Nuh Muhammad. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan (10 Menit)
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.      Guru memberikan motivasi kepada siswa
4.      Tanya jawab tentang hidup rukun di rumah
5.      Mengamati beberapa gambar tentang contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun yang ada pada buku siswa (mengamati).

B. Kegiatan Inti (150 Menit)
1.      Siswa menunjukkan gambar yang mencerminkan sikap hidup rukun dan tidak rukun (menalar).
2.      Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan tentang beragam kegemaran dalam keluarga dengan santun (menalar).
3.      Siswa menyebutkan keberagaman anggota keluarga ber-dasarkan kegemaran/hobi (mencoba).
4.      Siswa mengisi kolom pernyataan tentang kegemaran anggota keluarga dengan memberi tanda centang pada pernyataan yang benar menurut siswa (mengomunikasikan).
5.      Siswa diberi penguatan tentang pentingnya menjaga sikap hidup rukun kemajemukan keluarga (mengomunikasikan).
6.      Siswa menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan” dengan percaya diri (mencoba).
7.      Siswa menunjukkan pola irama bervariasi pada lagu “Peramah dan Sopan” dengan menggunakan alat musik ritmis di bawah bimbingan guru (mencoba).
8.      Siswa menuliskan sifat-sifat baik yang ada pada syair lagu “Peramah dan Sopan” (menalar).
9.      Siswa menjelaskan keberagaman anggota keluarganya berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki (menalar).
10.  Siswa menceritakan kebersamaan dalam keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri (mengomuni-kasikan).
11.  mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat kar-ya seni rupa (menalar).
12.  Siswa menyebutkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam membuat karya kreasi menempel gambar alat musik (mengomunikasikan).
13.  Siswa menempel gambar alat musik ritmis yang ada pada koran atau majalah pada kolom yang telah tersedia di buku siswa (mencoba).
14.  Siswa menghias gambar yang telah ditempel dengan gambar-gambar imajinatif menggunakan pensil warna atau krayon. (mencoba).

C. Kegiatan Penutup (15 Menit)
1.      Siswa ditugaskan menuliskan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun.
2.      Siswa ditugaskan menuliskan sifat-sifat baik yang perlu di-terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
3.      Siswa ditugaskan membuat karya kreasi gambar imajinatif.
4.       Bersama-sama membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
5.      Bertanya jawab tentang materi

H. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Penilaian sikap : Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan
b. Penilaian pengetahuan : Tes tertulis
c. Penialain Keterampilan : Unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
1. Sikap
No.
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1.













2.













3.













4.













5.














2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar tentang kegemaran
Jumlah Soal: 3 soal
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1.      Tidak, karena mainan yang mereka mainkan berbeda.
2.      Disesuaikan dengan jawaban siswa.

b. Menuliskan sifat-sifat baik dan buruk yang terdapat pada syair lagu “Peramah dan Sopan”.
Jumlah Soal: 2 soal
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 50
Kunci Jawaban
1.      peramah, sopan, tak pernah bohong, rajin bekerja.
2.                  Congkak, sombong.
c. Menjawab pertanyaan tentang keberagaman dalam keluarga.
Jumlah Soal: 3 soal
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1.      Disesuaikan dengan jawaban siswa.
2.      Disesuaikan dengan jawaban siswa.
3.      Disesuaikan dengan jawaban siswa.

3.Keterampilan
 a. Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun.
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun
 







b. Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menyanyi sambil memainkan alat musik ritmis
 















c. Menempel gambar alat musik ritmis dari majalah atau koran
Penilaian: unjuk kerja

Rubrik penilaian menempel gambar alat musik ritmis dari majalah atau koran
 








Mengetahui                                                                  ............, ......................20……..         
  Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas II




TUTI,SPd.SD                                                                MU’MINAH SP.dSD
  NIP :196902151994052001                                         NIP :196908032008012004


                                                                     








                           RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                    : SDN 11 Sumber Marga Telang
Kelas/Semester                          : II/I
Tema/Subtema/PB                    : Hidup Rukun/Hidup Rukun Dirumah/5
Alokasi Waktu                           : 1 Hari

A. Kompetensi Inti (KI)
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar dan  Indikator
PJOK
Kompetensi Dasar
3.2 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk permainan sederhana.
4.2.1 Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan sederhana.

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator
3.5.4 Menjelaskan makna hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.3 Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.

PPKn
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.3.3 Mennjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
4.3.3 Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan mengamati gambar tentang berbagai gerakan aktivitas jasmani, siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan teliti.
2.      Dengan “Permainan Sutradara”, siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan percaya diri.
3.      Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
4.      Dengan membaca teks percakapan dan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri.
5.      Dengan tanya jawab dan penugasan, siswa dapat menyebutkan cara menjaga sikap kerukunan dalam keberagaman dengan bahasa yang santun.
6.      Dengan penugasan dan diskusi, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri.
7.      Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri.

D. Materi Pembelajaran
1.      Mengidentifikasi Gerakan Variasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor Dalam Bentuk Permainan Sederhana
2.      Mengidentifikasi Gerakan Variasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor Dalam Bentuk Permainan Sederhana
3.      Menjelaskan Keberagaman Anggota Keluarga Berdasarkan Sifat-Sifat Yang Dimiliki
4.      Menjelaskan Keberagaman Anggota Keluarga Berdasarkan Sifat-Sifat Yang Dimiliki
5.      Menyebutkan Cara Menjaga Sikap Kerukunan Dalam Keberagaman
6.      Menjelaskan Keberagaman Anggota Keluarga Berdasarkan Sifat-Sifat Yang Dimiliki

E. Metode Pembelajaran
1. Metode : penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab
2. Pendekatan : Scaintific

F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media:
*      Gambar berbagai gerakan aktivitas jasmani gerak nonloko-motor.
*      Teks bermain peran.
*      Kartu tanya jawab.
2. Alat : -
3. Sumber ; Nuh Muhammad. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan (10 Menit)
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.      Guru memberikan motivasi kepada siswa
4.      Tanya jawab tentang hidup rukun di rumah
B. Kegiatan Inti (150 Menit)
1.      Siswa mengamati gambar berbagai gerakan aktivitas jasmani berupa gerakan nonlokomotor berupa gerakan jalan di tempat, mengayunkan kaki, memutar lengan, menarik dan mendorong, meliukan badan seperti pohon ditiup angin, dan belalai gajah dengan teliti (mengamati).
2.      Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati. (mengomunikasikan).
3.      Siswa menjelaskan setiap gerakan yang ada pada gambar yang diamati (mengomunikasikan).
4.      Siswa memeragakan setiap gerakan berdasarkan gambar
5.      melalui “Permainan Sutradara” dengan teliti (mencoba).
6.      Siswa mengamati percakapan Mutiara dan Udin. (mengamati).
7.      Siswa membaca teks percakapan yang telah diamati (mengamati).
8.      Siswa melanjutkan membuat dua dialog lagi dari percakapan yang telah dibaca (menalar).
9.      Siswa membacakan percakapan yang telah dibuat (mengomunikasikan).
10.  Siswa bermain peran dengan memeragakan teks percakapan tentang permintaan maaf (mencoba).
11.  Siswa menunjukkan peran permintaan maaf dari teks percakapan yang telah diperagakan (mengomunikasikan).
12.  Siswa dibimbing membuat kartu tanya jawab dari karton. Kartu tersebut akan digunakan untuk menulis pertanyaan dan jawaban siswa dari kegiatan menanya yang akan dilakukan (mencoba).
13.  Siswa menuliskan pertanyaan kepada teman tentang perbedaan pendapat pada kartu yang telah dibuat. (mengomunikasikan).
14.  Siswa saling menukarkan kartu pertanyaan yang telah ditulis.
15.  Siswa menulis jawaban dari pertanyaan yang terdapat pada kartu (mengomunikasikan).
16.  Siswa menuliskan penyelesaian perbedaan pendapat dalam keluarga dari kegiatan bertanya yang telah dilakukan (menalar).
17.  Siswa menyimpulkan teks percakapan bermain peran dengan menjawab beberapa pertanyaan (mengkomunikasikan).
18.  Siswa mempraktekkan berbagai gerakan aktivitas jasmani, seperti: saling mendorong, saling menarik, memutar badan, mengayun kaki, dan lain-lain.
19.  Siswa ditugaskan menulis contoh kalimat ucapan permintaan maaf kepada anggota keluarga di rumah dengan bahasa yang santun.
20.  Siswa menyebutkan sifat/karakter anggota keluarganya di rumah.

C. Kegiatan Penutup (15 Menit)
1.      Bersama-sama membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
2.      Bertanya jawab tentang materi

H. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Penilaian sikap : Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan
b. Penilaian pengetahuan : Tes tertulis
c. Penialain Keterampilan : Unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
1. Sikap
No.
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Teliti
Santun
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1.













2.













3.













4.













5.














2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
Menjawab pertanyaan dari teks percakapan bermain peran
Jumlah Soal: 5 Soal
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci Jawaban
1.      Udin dan Mutiara.
2.      Udin.
3.      Mutiara.
4.      Karena telah berbicara keras kepada kakak.
5.      Saling mengalah.
3.Keterampilan
a. Menirukan berbagai gerakan non lokomotor berdasarkan permainan sutradara
Penilaian: observasi (pengamatan)
Lembar pengamatan menirukan berbagai gerakan nonlokomotor Berdasarkan permainan sutradara
 






Hasil pengamatan menirukan berbagai gerakan non lokomotor berdasarkan permainan sutradara
 











b. Bermain peran
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian bermain peran
 











c. Menulis pertanyaan pada kartu tanya jawab
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis pertanyaan pada kartu tanya jawab
 








Mengetahui                                                          .............., ......................20……..   
  Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas II




TUTI,SPd.SD                                                                MU’MINAH SP.dSD
  NIP :196902151994052001                                         NIP :196908032008012004

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                    : SDN 11 Sumber Marga Telang
Kelas/Semester                          : II/I
Tema/Subtema/PB                    : Hidup Rukun/Hidup Rukun Dirumah/6
Alokasi Waktu                           : 1 Hari

A. Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi Dasar dan  Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5 Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian. 
Indikator
3.5.5 Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
3.5.6 Menjelaskan akibat tidak hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.3 Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.

Matematika
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.

Indikator
3.1.3 Membaca lambang bilangan sampai 500.
3.1.8 Membilang loncat.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100.

PPKn
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.3.4 Menunjukkan keberagamaan anggnota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
4.3.3 Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.

SBDP
Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
Indikator
3.2.4 Menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
2.      Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat mem­buat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
3.      Dengan mengamati gambar dan tabel cara membaca lambang bilangan, siswa dapat membaca lambang bilan­gan samapai 500 dengan teliti.
4.      Dengan berdiskusi, siswa dapat menunjukkan keberaga­man anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimi­liki dengan santun dan percaya diri.
5.      Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan ba­hasa yang santun.
6.      Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan akibat tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan bahasa yang santun.
7.      Dengan bertepuk tangan, siswa dapat menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis dengan teliti.
8.      Dengan menyanyikan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gu­nung”, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan teliti dan percaya diri.

D. Materi Pembelajaran
1. Mengidentifikasi Gerakan Variasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor Dalam Bentuk Permainan Sederhana
2. Mengidentifikasi Gerakan Variasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor Dalam Bentuk Permainan Sederhana
3 Menjelaskan Keberagaman Anggota Keluarga Berdasarkan Sifat-Sifat Yang Dimiliki
4. Menjelaskan Keberagaman Anggota Keluarga Berdasarkan Sifat-Sifat Yang Dimiliki
5. Menyebutkan Cara Menjaga Sikap Kerukunan Dalam Keberagaman
6. Menjelaskan Keberagaman Anggota Keluarga Berdasarkan Sifat-Sifat Yang Dimiliki

E. Metode Pembelajaran
1. Metode : penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab
2. Pendekatan : Scaintific

F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media:
*      Teks cerita rumpang “Berwisata ke Kebun Binatang”.
*      Gambar dan tabel cara membaca lambang bilangan.
*      Teks lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung”.
2. Alat : -
3. Sumber ; Nuh Muhammad. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan (10 Menit)
1.      Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaan masing-masing
2.      Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
3.      Guru memberikan motivasi kepada siswa





B. Kegiatan Inti (150 Menit)
1.      Siswa mengamati teks rumpang “Berwisata ke Kebun Binatang” (mengamati).
2.      Siswa melengkapi teks rumpang tersebut dengan kata-kata yang tersedia (menalar). Siswa membaca nyaring teks rumpang yang telah dilengkapi dengan intonasi yang benar (mengomunikasikan).
3.      Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan bilangan yang terdapat pada teks (mengamati).
4.      Siswa menyebutkan pola yang membentuk barisan bilangan yang telah diamati (menalar).
5.      Siswa mengamati sebuah barisan bilangan dengan pola yang bervariasi (mengamati).
6.      Siswa menyebutkan pola yang membentuk barisan bilangan yang telah diamati (manalar).
7.      Siswa melengkapi barisan bilangan mengikuti pola variasi (+2 +3 +2 +3) (menalar).
8.      Siswa mencari sebuah tiket bekas dengan meminta bantuan ayah, ibu, atau saudara dengan bahasa yang santun (mengamati).
9.      Siswa melaporkan isi tiket sesuai contoh yang ada pada buku siswa. (mengomunikasikan).
10.  Siswa mengamati nomor tiket masuk ke kebun binatang (mengamati).
11.  Siswa mengamati gambar kubus satuan, kemudian membacakan lambang bilangan berdasarkan gambar yang diamati (mengamati).
12.  Siswa membaca lambang bilangan yang ada pada tabel dengan teliti (mengomunikasikan).
13.  Siswa dibagi ke dalam kelompok yang terdiri dari 3 – 5 siswa.
14.  Siswa mendiskusikan jawaban dari pertanyaan tentang keinginan udin pergi ke kebun binatang dengan bahasa yang santun (menalar).
15.  Dari kegiatan diskusi yang dilakukan, siswa menyimpulkan manfaat hidup rukun (mengomunikasikan).
16.  Siswa memperhatikan instruksi yang terdapat pada gambar tepuk tangan (mengamati).
17.  Siswa menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis dengan bertepuk tangan. (mengomunikasikan).
18.  Siswa menyanyikan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” sambil bertepuk tangan (mencoba).
19.  Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” (menalar).







C. Kegiatan Penutup (15 Menit)
1.      Bersama-sama membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
2.      Bertanya jawab tentang materi




PENILAIAN
1.      Sikap
 






1.      Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Melengkapi teks rumpang
Jumlah Soal: 6 Soal
Skor maksimal: 6
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1.      Bangun
2.      Bekal
3.      Macet
4.      Mobil
5.      Tiket
6.      Bernomor
b. Melengkapi barisan bilangan
Jumlah Soal: 5 Soal
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci Jawaban
1.      27, 29, 32, 34, 37
2.      30, 32, 35, 37, 40
3.      36, 38, 41, 43, 46
4.      35, 37, 40, 42, 45
5.      41, 43, 46, 48, 51

c. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks lagu Naik-Naik ke Puncak Gunung
Jumlah Soal: 3 Soal
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1.      Ke puncak gunung
2.      Mendaki gunung
3.      Pohon Cemara

1.      Keterampilan a. Membaca lambang bilangan
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik membaca lambang bilangan
 






b. Diskusi tentang hidup rukun
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik diskusi tentang hidup rukun
 











c. Bernyanyi dengan bertepuk tangan
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian bernyanyi dengan bertepuk tangan
                                                                    











Mengetahui                                                                    .............., .........20……
  Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas II




TUTI,SPd.SD                                                                MU’MINAH SP.dSD
  NIP :196902151994052001                                         NIP :196908032008012004


Comments

Popular Posts