SILABUS Kelas VI Tema1 :Selamatkan Makhluk Hidup

  28 November 2012
SILABUS
Kelas VI
Tema1 :Selamatkan Makhluk Hidup
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah


KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2012


Tema: Selamatkan Makhluk Hidup

Kompetensi Dasar
Indikator
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
Sumber Belajar
Alokasi Waktu
1.   PPKN
·      Menunjukkan perilaku rela berkorban dalam keluarga, sekolah dan lingkungan

·      melakukan kegiatan membuang sampah pada tempatnya setiap hari
·      melakukan kegiatan menjaga kebersihan di lingkungan sekitar
·      Membiasakan untuk menjaga dan memelihara lingkungan sekitar

Minggu I
·      berdoa bersama-samasiswa dibawa ke luar kelas, ke lapangan rumput, atau tempat di sekitar lingkungan sekolah
·      mengamati lingkungan
·      menggambar permukaan kolam, lantai, didnding, dsb.
·      mengukur luas  kolam, luas lantai, dinding dsb
·      mengamati jenis-jenis hewan dan makanannya serta menceritakan peristiwa makan dan dimakan pada mahkluk hidup di lingkungan sekitar.
·      berdiskusi tentang hasil pengamatan hewan-hewan yang ada di sekitar
·      mengidentifikasi hewan-hewan yang diamati (herbivora, karnivora, dan omnivora melalui  gambar/foto)
·      membuat daftar hewan berdasarkan jenis makanannya
·      menggolongkan hewan-hewan yang termasuk (herbivora, karnivora, dan omnivora) secara berkelompok
·      membuat kliping hewan berdasarkan makanannya  (herbivora, carnivora, dan omnivora)
·      membandingkan banyaknya, beratnya, tingginya, panjangnya suatu kelompok hewan dengan kelompok yang lain dengan menggunakan pecahan
·      membaca buku tentang makhluk yang disukai dan menuliskan intisarinya dengan menyebutkan judul, pengarang, dan jumlah halaman
·      berimajinasi dan memilih kata untuk puisi

Minggu II
·       mengidentifikasi objek pengamatan
·       mendeskripsikan objek
·       mengamati berbagai bangun kandang hewan, pot tumbuhan dan mengitung volumenya
·       menempelkan gambar-gambar hewan dan jenis makanannya
·       menggambarkan rantai makanan sederhana dengan menggunakan  kartu bergambar hewan dan tumbuhan secara berkelompok
·       membuat  bagan peristiwa makan dan dimakan (rantai makanan)  secara  individu
·       berimajinasi/ memprediksi peristiwa yang mungkin terjadi jika tidak ada lagi produsen di dunia ini
·       membandingkan banyaknya, beratnya, tingginya, panjangnya suatu kelompok hewan/tumbuhan dengan kelompok yang lain dengan menggunakan pecahan
·       membuat pernyataan dengan menggunakan kata-kata: tidak lebih dari, paling banyak, paling sedikit, kurang dari dan sebagainya
·       membuat poster tentang kepunahan makhluk hidup tertentu
·       melakukan simulasi pertolongan tenggelam di air dengan: mengangkat korban dari posisi telungkup pada bagian perut, bila perut korban nampak kembung, letakkan korban di atas perut dan tangan di bawah perutnya untuk mengangkat korban, dilakukan berpasangan atau kelompok.

Minggu III
·       membuat peta konsep hewan yang menyesuaikan diri dengan lingkungannya
·       berdiskusi tentang kemampuan  penyesuaian diri hewan-hewan dalam memperoleh makanan. contoh: kupu-kupu à alat penghisap nektar yang panjang (probosis), lebahà mempunyai bentuk mulut penjilat, jerapah àmempunyai leher panjang
·       berdiskusi  tentang  kemampuan hewan-hewan dalam melindungi diri dari musuhnya. contoh: bunglonà mengubah warna tubuhnya, walang sangità mengeluarkan bau yang sangat menyengat, walang daunà  bentuk dan warna tubuh yang menyerupai daun, kalajengking, kelabang, dan lebah à mempunyai sengat tubuh ke tubuh musuhnya
·       membuat pidato tentang penyelamatan makhluk hidup
·       bermain peran,  berimajinasi dan memprediksi peristiwa yang mungkin terjadi jika tidak ada lagi produsen di dunia ini
·       bermain peran berimajinasi dan memprediksi peristiwa yang mungkin terjadi jika salah satu populasi pada rantai makanan jumlahnya berkurang
·       mengamati, mengumpulkan data tentang jenis dan banyaknya tumbuhan dan hewan pada suatu populasi dan menyajikan data dalam diagram, tabel, dan grafik
·       menentukan rata-rata dan ukuran pemusatan yang lain

Minggu IV
·       berdiskusi  bahwa bentuk penyesuaian diri tumbuhan  berbeda-beda, contoh: pohon jati à merontokkan atau menggugurkan daunnya, kaktus à bentuk daun berduri untuk mengurangi  penguapan,  batang kaktus menyimpan air, terataià daun berbentuk lebar dan tipis, batangnya memiliki rongga udara, tumbuhan kantong semarà daun berbentuk kantong
·       berdiskusi ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri, atau daun yang tajam. contoh: bunga mawar à batang bunga mawar memiliki duri-duri kecil, bunga bugenvilà memiliki duri panjang-panjang, pohon mangga, kamboja, alamanda à mengeluarkan getah, buah durian à memiliki kulit berduri
·       membuat pernyataan dengan menggunakan kata-kata: tidak lebih dari, paling banyak, paling sedikit, kurang dari dan sebagainya
·       membandingkan banyaknya, beratnya, tingginya, panjangnya suatu kelompok tumbuhan dengan kelompok yang lain dengan menggunakan pecahan
·       mengerjakan operasi hitung pada pecahan
·       menyebutkan konsep bantuan keselamatan tenggelam di air /kolam renang (mengangkat korban dari posisi telungkup pada bagian perut ,nafas buatan dari mulut, membantu denyut jantung).

Minggu V
·       mengungkapkan pengandaian jika menjadi penggagas sebuah kampanye penyelamatan lingkungan
·       berdiskusi  bahwa ada tumbuhan yang hidup di tanah, di  gurun yang kering dan panas serta ada juga tumbuhan yang hidup  di air.
·       mencari dan mengumpulkan data tentang bentuk-bentuk gejala alam di indonesia dari bahan bacaan yang sesuai dengan tema gejala alam di indonesia
·       membuat daftar pertanyaan dari teks tentang gejala alam di indonesia
·       mendiskusikan pertanyaan dan tanggapan tentang gejala alam di indonesia
·       menjelaskan arti data berdasarkan rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis
·       melakukan konfirmasi jawaban terhadap masalah yang dihadapi untuk mempeoleh jawaban masalah
·       mengidentifikasi produk olahan dari sampah organik di lingkungan sekitar
·       langkah-langkah membuat karya produk dengan bahan limbah
·       membantu denyut jantung.lakukan pengurutan segera setelah jantung berhenti berdenyut. letakkan kedua telapak tangan anda dalam posisi saling bertumpuk di bagian paling bawah dada penderita. tekan dengan telapak tangan bawah sedalam kurang lebih 5 cm. ulangi tekanan. lakukan 60 tekanan dalam 1 menit.

Minggu VI
·      menjelaskan jenis makhluk yang mendekati kepunahan berdasarkan data dari waktu ke waktu
·      membuat pernyataan dengan menggunakan kata-kata: tidak lebih dari, paling banyak, paling sedikit, kurang dari dan sebagainya
·      menyusun model matematika dari masalah yang dihadapi
·      melakukan operasi hitung debfgan cepet dan cermat untuk memperoleh jawaban matematis
·      membuat produk kreatif dengan menggunakan limbah (go green) organik dan anorganik
·      berperan serta secara berkelompok atau individu dalam memelihara lingkungan sekitarnya (menanam pohon, biopori, membuat tempat sampah dll)
·      pemberian nafas buatan. baringkan penderita dalam posisi terlentang. buka mulut penderita dengan cara menguakkan rahangnya. tutup lubang hidung penderita. tiup mulut penderita dan lepaskan mulut anda dari mulut penderita serta perhatikan apakah mulut penderita mengeluarkan kembali udara yang anda tiupkan. untuk orang dewasa lakukan 12 tiupan selama satu menit, dan untuk anak-anak diperlukan 20 tiupan tiap menit.
·      membaca artikel dari media massa atau elektronik tentang kepunahan makhluk hidup tertentu dan menyampaikan pesan dalam bentuk poster


·       Lingkungan sekolah
·       lingkungan sekitar
·       Rekaman
·       Teks
·       Contoh ucapan langsung
·       Film/ rekaman / teks
·       Buku paket
·       Bahan bacaan yang relevan tentang gejala alam di Indonesia
·       Gambar
·       Objek langsung
·       Contoh puisi
·       Buku
·       CD  kehidupan hewan
·       Kartu bergambar  hewan herbivora, karnivora, dan omnivora serta tumbuhan
·       Majalah
·       Buku aneka ragam hewan
·       Kebun binatang
·       Media gambar,
·       LKS, majalah, koran, internet, lingkungan
·       internet,
·       Gambar karya kreatif kerajinan dengan bahan dari limbah alam
·       Buku-buku referensi yang mendukung tari rupa
·       Partitur lagu tentang alam
·       Buku-buku referensi yang mendukung seni musik
·       Contoh VCD tari-tarian yang bertema hewan dan tumbuhan
·       Buku-buku referensi yang mendukung seni tari
·       Gambar peraga gerkan cara pertolongan
·       Papan pelampung
·       Topi renang
·       Stop watch

2. BAHASA INDONESIA
2.Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.

·       Menyebutkan kembali doa yang didengarnya.
·       Menyebutkan tujuan doa yang didengarnya
3.Mengucapkan doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya.
·       Memberikan contoh membacakan doa dengan benar.
·       Menyatakan kembali
25. Membaca  teks tentang gejala alam di Indonesia dan mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan dalam diskusi 
·      Menemukan pikiran utama dalam teks tentang gejala alam di Indonesia
·      Memberikan contoh-contoh gejala alam dan penyebabnya
·      Menceritakan kembali pokok-pokok pikiran tentang gejala alam di Indonesia
·      Membuat pertanyaan tentang gejala alam dengan bahasa santun dan mudah dimengerti
·      Menyimpulkan hubungan antara bentuk-bentuk gejala alam dengan kehidupan.
·      Mengajukan pertanyaan dengan bahasa yang santun
26.Menulis puisi tentang lingkungan sekitar
·       mendeskripsikan  lingkungan dalam puisi
·       menciptakan puisi dengan tema lingkungan
BAHASA INDONESIA/
IPA
Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari

·     Menyebutkan dan menunjukkan sikap menyayangi binatang peliharaan melalui bercerita tentang hewan peliharaanya/kesayangan.
·     Menyampaikan pengalaman cara memperlakukan dan pemeliharaan hewan atau tumbuhan perlakuan terhadap hewan kesayangan.
Mengamati dan menyusun laporan tentang peristiwa makan dan dimakan (rantai makanan) pada hewan, dan cara penyesuaian diri  hewan dan tumbuhan terhadap lingkungan

·   Mengidentifikasi hewan herbivora, karnivora, dan omnivora di lingkungan sekitar
·   Menyusun laporan hasil pengamatan

·   Mengelompokkan  hewan berdasarkan jenis  makanannya (herbivora, karnivora, dan omnivora)


·   Menjelaskan  hubungan makan dan dimakan antar mahluk hidup melalui rantai makanan sederhana

·   Bermain peran,  berimajinasi dan memprediksi peristiwa yang mungkin terjadi jika tidak ada lagi produsen di dunia ini
·   Bermain peran berimajinasi dan memprediksi peristiwa yang mungkin terjadi jika salah satu populasi pada rantai makanan jumlahnya berkurang


·      Membuat peta konsep hewan yang menyesuaikan diri dengan lingkungannya
·      Menjelaskan  kemampuan  penyesuaian diri hewan-hewan dalam memperoleh makanan
·      Memberikan contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan-nya untuk memperoleh makanan
·      Menjelaskan  kemampuan hewan-hewan dalam melindungi diri dari musuhnya
·      Memberikan contoh cara hewan  melindungi diri dari musuhnya

·       Menjelaskan  peta konsep tumbuhan yang menyesuaikan dengan lingkungannya
·       Menjelaskan bahwa ada tumbuhan yang hidup di tanah, di  gurun yang kering dan panas serta ada juga tumbuhan yang hidup  di air.
·       Menjelaskan  bahwa bentuk penyesuaian diri tumbuhan berbeda-beda
·       Memberikan contoh tentang  bentuk penyesuaian diri pada tumbuhan berbeda-beda
·       Membuat mind mapping tentang tumbuhan, terkait dengan penyesuaian tumbuhan  terhadap lingkungannya.
·        Mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri, atau daun yang tajam.
·        Memberikan contoh  ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya
3.   MATEMATIKA
Membentuk/ menggambar bangun datar gabungan serta menghitung luasnya
·       mengukur panjang sisi-sisi  permukaan
·       menggambar permukaan kolam, lantai, didnding, dsb
·       Menghitung luas  permukaan

Membentuk/ menggambar bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya

·       mengukur  panjang, lebar, dan tinggi
·       menggambar bangun-bangun ruang
·       Menghitung volume  bangun-bangun ruang
Menyajikan hasil pengumpulan data dalam bentuk tabel dan grafik
·       Mengamati, jenis dan banyaknya tumbuhan dan hewan pada suatu populasi
·       Mengumpulkan data tentang jenis dan banyaknya tumbuhan dan hewan pada suatu populasi
Menjelaskan arti rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data
·       Menentukan rata-rata data
·       Menentukan median  data
·       Menentukan rata-rata data
Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis
·       menjelaskan informasi dengan menggunakan ukuran pemusatan
·       Menjelaskan kecenderungan perkembangan berdasarkan data

Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan sesuai prosedur/aturan
·      Menyatakan suatu kuantitas dengan berbagai pecahan
·      Mengerjakan operasi hitung pecahan

Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri , menentukan kalimat matematika yang sesuai dan solusi dari masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data yang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain  serta membuktikan kebenaran atau masuk akalnya jawaban
·      Menyusun model matematika
·      Mengerjakan operasi hitung pecahan
·      Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pecahan
4.      SENI BUDAYA DAN PRAKARYA
4.1.    Membuat   produk olahan sampah organik dan sampah anorganik di lingkungan sekitar
·     Menyebutkan bahan organik dan organik yang dapat dijadikan produk olahan
·     Membuat karya dekoratif dan karya kerajinan dari bahan limbah
4.2.    Memainkan ansambel alat musik campuran  dengan membaca partitur yang komposisi sederhana

·     Menyebutkan alat musik ansambel
·     Memainkan alat musik ansambel lagu-lagu tentang alam

4.3.    Mengeksplorasi gerak tari bertema berdasarkan pengembangan gagasan dan imajinasi dengan komposisi tari
·     Membuat tari dengan tema hewan dan  tumbuhan
·     Menarikan tari bertema binatang dan tumbuhan dengan menggunakan properti

5. PENJASORKES
5.  Mempraktikkan keterampilan aksi pemberian bantuan keselamatan secara bertanggung jawab, serta melakukan tindakan (simulasi) resusitasi (pemijatan jantung dan nafas buatan)
Aspek Kognitif
Menyebutkan konsep bantuan keselamatan tenggelam di air /kolam renang (mengangkat korban dari posisi telungkup pada bagian perut ,nafas buatan dari mulut, membantu denyut jantung)
Aspek Psikomotorik
1. Memperagakan simulasi pertolongan tenggelam di air dengan mengangkat korban dari posisi telungkup pada bagian perut
2. Memperagakan simulasi pertolongan tenggelam di air dengan pemberian nafas buatan dalam posisi terlentang
3. Memperagakan simulasi pertolongan tenggelam di air dengan membantu denyut jantung
Aspek Afektif
Menunjukkan perilaku kerjasama, dan percaya diri  selama melakukan aktivitas





































Comments

Popular Posts