SILABUS Kelas III Tema 1 : Sayangi Hewan dan Tumbuhan di Sekitar

  28 November 2012
SILABUS
Kelas III
Tema 1 : Sayangi Hewan dan Tumbuhan di Sekitar
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2012


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Kelas                : III
Tema 1             : Sayangi Hewan dan Tumbuhan di Sekitar
Alokasi Waktu  : 3 Minggu
Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Indikator
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Sumber Belajar


MINGGU 1


PPKn
Mengetahui perlunya sikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah melalui pengamatan

·       Memberikan contoh sikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di rumah
·       Memberikan contoh sikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di sekolah
·       Membiasakan  bersikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di rumah
·       Membiasakan bersikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di sekolah


·      Disajikan tayangan dalam bentuk gambar mengenai contoh sikap dan perilaku patuh  pada tata tertib dan aturan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari di rumah
·      Secara berkelompok menanggapi tayangan yang telah disajikan
·      Membuat kesimpulan dari hasil pengamatan dan diskusi

     Penilaian :
Penialaian menggunakan Skala sikap : untuk mengetahui sikap dan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan di rumah dan sekolah



6 jp

















Buku Tematik Kelas III
Bahasa Indonesia
Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.

·      Bersikap tertib (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
·      Mengambil sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri


·   Mendengarkan pembacaan doa dengan sikap tertib (menjaga keheningan), seperti doa akan belajar, makan, melakukan suatu pekerjaan, dan lain-lain
·   Mencontoh kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri

Penilaian
Skala sikap: Sikap tertib dalam mendengarkan doa


1 jp

Buku Kumpulan Doa
Membacakan doa dengan pengucapan yang baik (K1)

·      Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas
·      Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai


·   Membaca teks doa dengan jelas dan intonasi yang sesuai
·   Mengucapkan doa (tanpa teks) dengan jelas dan intonasi yang sesuai
·   Memberikan saran perbaikan terhadap pengucapan doa yang dilakukan teman

Penilaian
Unjuk kerja: Mengucapkan doa dengan jelas dan intonasi yang sesuai

1 jp
Buku Kumpulan Doa
Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
·      Menulis pokok-pokok informasi yang diperoleh dengan tepat
·      Mencari informasi tentang hewan dan tumbuhan dari berbagai sumber informasi melalui membaca di perpustakaan, mendengarkankan radio, atau menonton televisi
·      Menulis pokok-pokok berbagai informasi  yang dibaca, didengar, atau dilihat/ditonton
·      Mendiskusikan pokok-pokok informasi yang ditulis
·      Membuat  ringkasan berbagai informasi yang dibaca, didengar atau dilihat/ditonton
·      Menyajikan ringkasan yang dibuat
Penilaian
Tes tertulis:
Menulis informasi yang diperoleh dengan memperhatikan ketepatan informasi

8 jp
Buku Tematik Kelas III
Buku-buku di perpustakaan, radio, televisi
Matematika
·   Menemukan sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian (k3)


·   Menemukan sifat komutatif pada operasi hitung pola penjumlahan
·   Menemukan sifat komutatif pada operasi hitung pola perkalian




·         Melakukan kegiatan eksplorasi dalam kelompok melalui pengamatan pola penjumlahan menggunakan benda-benda konkrit untuk menemukan sifat komutatif penjumlahan
·         Mengkomunikasikan sifat komutatif penjumlahan yang ditemukan menggunakan kata-kata sederhana sesuai dengan pemahaman siswa dan mendefinisikannya sebagai sifat komutatif penjumlahan
·         Melakukan kegiatan eksplorasi dalam kelompok melalui pengamatan pola perkalian menggunakan benda-benda konkrit untuk menemukan sifat komutatif perkalian
·         Mengkomunikasikan sifat komutatif perkalian yang ditemukan menggunakan kata-kata sederhana sesuai dengan pemahaman siswa dan mendefinisikannya sebagai sifat komutatif perkalian

PENILAIAN ;
·         Unjuk kerja : menemukan sifat komutatif penjumlahan dan perkalian
·          

6 jp
§  
Buku Tematik Kelas III
Penjasorkes :
·     Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak  dalam  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
·     Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
·     Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif yang dilandasi konsep gerak  dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional

·   Mendiskusikan  bentuk permainan kombinasi gerak dasar lokomotor, kombinasi gerak dasar  non lokomotor, kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif

·   Melakukan berjalan, berlari dengan berbagai variasi.
·   Mengkombinasikan gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dengan berbagai variasi.
·   Mengkombinasikan gerak dasar melempar, menangkap, dan memukul bola dalam bentuk permainan.

·      Menyebutkan bentuk permainan kombinasi gerak dasar lokomotor,   non lokomotor, kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif.
·      Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana, ( misal: berjalan zigzag, berlari melewati lintasan, kemudian melompati rintangan).
·      Bermain secara berpasangan dan beregu, mengkombinasikan gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dengan berbagai variasi (misal: saling menggendong berpasangan, meliukkan badan berpasangan menggunakan alat simpai, tali, ban bekas, kain, dll)
·      Mempraktikkan permainan yang dimodifikasi dengan gerak dasar melempar, menangkap, memukul bola (Bermain kasti, slag ball, boy/melempar tumpukan lempengan dengan bola yang dilakukan secara beregu, masing-masing regu terdiri atas 5 orang peserta didik)
Penilaian
·    Lisan: Menyebutkan bentuk permainan untuk menumbuhkan kebersamaan
·    Unjuk kerja:
1.     Memperagakan kombinasi pola gerak dasar lokomotor.
2.     Memperagakan kombinasi pola gerak dasar non lokomotor.
3.     Memperagakan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif (misal: bermain kasti, slaghball)
12 jp
·   Buku Tematik Kelas IV
·   Bola kecil
·   Simpai
·   Ban bekas
·   Kardus
·   Pemukul
·   Tempat hinggap
·   Lempengan batu
Seni budaya dan prakarya
Memuji keunikan kemampuan manusia dalam berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.(KI 1)

·       Menjelaskan keunikan karya seni  dan karya kreatif
·       Memuji karya seni dan karya kreatif  teman
·       Merawat karya seni dan karya kreatif  yang ada di sekolah
·       Menunjukkan kebanggaan terhadap karya sendiri


·       Mencari tahu karya seni melalui membaca buku, majalah atau media lain yang ada di sekolah
·       Mengamati berbagai karya seni
·       Membandingkan ciri khas karya seni
·       Menjelaskan perbedaan ciri khas karya seni
·       Membuat karya seni dan karya kreatif serta merawatnya
·       Mempresentasikan hasil karya sendiri di depan kelas
·       Penilaian
·       Pengamatan:
Sikap dalam menghargai karya seni (menyimpan dengan baik, tidak merusak, dll.)


6 jp

·       Karya seni
·       buku, majalah atau media lain yang ada di sekolah
(seni)i


MINGGU 2


PPKn
Mengetahui perlunya sikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah melalui pengamatan

·       Memberikan contoh sikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di rumah
·       Memberikan contoh sikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di sekolah
·       Membiasakan  bersikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di rumah
·       Membiasakan bersikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di sekolah


·      Disajikan tayangan dalam bentuk gambar mengenai  contoh sikap dan perilaku patuh  pada tata tertib dan aturan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari di  sekolah
·      Secara berkelompok menanggapi tayangan yang telah disajikan
·      Membuat kesimpulan dari hasil pengamatan dan diskusi

Penilaian :
·      Penilaian produk : Hasil tulisan tentang sikap patuh pada tata tertib dan aturan dalam kehidupan sehari-hari.
·      Skala Sikap : untuk mengetahui sikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.

6 jp













Buku Tematik Kelas III
Bahasa Indonesia
·      Menggunakan dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan untuk menuliskan kembali dalam beberapa kalimat sederhana
·     Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan
·     Menuliskan kembali isi dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan dalam beberapa kalimat
Pembelajaran
§  Mendengarkan pembacaan  dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan
§  Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan
§  Mengomentari tokoh-tokoh (sifat tokoh)  dalam dongeng , legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan
§  Menuliskan kembali isi dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan dalam beberapa kalimat

Penilaian
Tes tertulis: Menjawab pertanyaan isi dongeng, legenda, pengalaman, dan peristiwa yang mengesankan dan menuliskan kembali isinya dalam beberapa kalimat sederhana

6 jp
Buku Tematik Kelas III
Kumpulan dongeng
·     Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari (K2)



·   Mampu berdiskusi dengan aturan berdiskusi yang baik
·   Mampu membedakan perilaku yang peduli terhadap lingkungan dengan yang tidak peduli terhadap lingkungan

·         Berdiskusi tentang perilaku yang termasuk peduli dan tidak peduli terhadap makhluk hidup (hewan dan tumbuhan) dalam kehidupan sehari-hari
·         Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup (hewan dan tumbuhan) berdasarkan hasil diskusi dalam kehidupan sehari-hari

Penilaian:
  • Unjuk kerja: menjelaskan perilaku peduli atau tidak peduli terhadap makhluk hidup
  • Skala sikap: menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup

4 jp
  • Buku Tata Cara Berdiskusi
  • Buku Tematik Kelas III

Matematika
Menemukan sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian (k3)


·   Menemukan  sifat assosiatif pada operasi hitung penjumlahan
·   Menemukan sifat assosiatif pada operasi hitung perkalian

·         Melakukan kegiatan eksplorasi dalam kelompok melalui pengamatan pola penjumlahan menggunakan benda-benda konkrit untuk menemukan sifat assosiatif pada operasi hitung penjumlahan
·         Mengkomunikasikan sifat assosiatif pada operasi hitung  penjumlahan yang ditemukan menggunakan kata-kata sederhana sesuai dengan pemahaman siswa dan mendefinisikannya sebagai sifat assosiatif pada operasi hitung penjumlahan
·         Melakukan kegiatan eksplorasi dalam kelompok melalui pengamatan pola perkalian menggunakan benda-benda konkrit untuk menemukan sifat assosiatif pada operasi hitung perkalian
·         Mengkomunikasikan sifat assosiatif pada operasi hitung  perkalian yang ditemukan menggunakan kata-kata sederhana sesuai dengan pemahaman siswa dan mendefinisikannya sebagai sifat assosiatif pada operasi hitung perkalian

PENILAIAN ;
·         Unjuk kerja : menggunakan sifat assosiatif untuk memudahkan perhitungan penjumlahan dan perkalian beberapa bilangan

6 jp

§ Buku Tematik Kelas III
Penjasorkes
·     Mempraktikkan variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak  dalam  berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
·     Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor  yang dilandasi konsep gerak  dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional



1.      Menirukan  dan memperagakan gerak  gerak hewan dan tumbuhan
2.     Menirukan gerk berjalan, lari dan melompat sperti binatang (sapi, kambing, ayam, kodok dan sebagainya)
3.     Menirukan gerak menggeliat seperti binatang (kucing, ayam, kambing dan sebagainya)
4.     Menirukan gerak dedaunan pohon tertiup angin
5.     Menirukan pohon tumbuh berdiri kokoh


Seni budaya dan prakarya
Menggambar dekoratif dari perpaduan antara garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan  pengamatan di lingkungan sekitar.      (KI 4)



·        mencari motif hias daerah sendiri / di Indonesia yang diperoleh dari jarit, kain, selendang, dll
·        membuat pola untuk membuat gambar dekoratif.
·        menjiplak pola buatan sendiri pada kertas gambar.
·        mewarnai pola hias buatan sendiri.

·      Mendiskusikan cara menggambar dekoratif
·      Merancang gambar dekoratif dari perpaduan antara garis, warna, bentuk dan tekstur
·      Mengumpulkan bahan dan alat untuk  menggambar dekoratif
·      membuat pola untuk membuat gambar dekoratif.
·      menjiplak pola buatan sendiri pada kertas gambar.
·      Membuat karya gambar dekoratif dari perpaduan antara garis, warna, bentuk dan tekstur
·      Mengomentari gambar dekoratif  hasil karya sendiri dan karya temannya

Penilaian :
·      Proses : pembuatan gambar dekoratif
·      Produk:  gambar dekoratif


6 jp

·       Buku tematik kelas 4
·       Karya seni dekoratif
·       CD seni


MINGGU 3


PPKn
Menerima pentingnya sikap dan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah

·      Menerima pentingnya sikap dan perilaku patuh patuh pada tata tertib  dan aturan di rumah
·      Menerima pentingnya sikap dan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan di sekolah






·        Mendengarkan cerita tentang sikap patuh pada tata  tertib di rumah dan di sekolah yang berkaitan dengan
Cara merawat  hewan dan tumbuhan.
·        Membuat daftar prilaku menyayangi hewan dan     tumbuhan
·      Mengamati gambar seri tentang cerita cerita hewan dan tumbuhan
·      Menggambar  hewan  dan tumbuhan yang disayangi

Penilaian
Tertulis ( cara menyayangi hewan dan lingkungan sekitar)
Produk ( hasil gambar)

6 jp













Buku Tematik Kelas III
Bahasa Indonesia
·     Menjelaskan secara lisan bagan, gambar tentang daur hidup beberapa jenis makhluk hidup dengan menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dengan bahasa yang runtut (K4)
·     Mengamati daur hidup hewan (kupu-kupu, katak, capung, belalang) dan melaporkan hasil pengamatan secara tertulis dalam bentuk uraian, bagan, gambar (K4)


·      Menggambar ulat sebagai bagian dari daur hidup kupu-kupu dan mewarnainya
·      Menyusun laporan hasil pengamatan tentang daur hidup kupu-kupu
·      Menggambar daur hidup kupu-kupu



·      Menceritakan daur hidup hewan kupu-kupu
·      Menceritakan peran daur hidup kupu-kupu dalam kehidupan
·      Mendeskripsikan secara tertulis dalam bentuk uraian, bagan, gambar, perbedaan daur hidup kupu-kupu dan belalang


·         Menggambar ulat sebagai bagian dari daur hidup kupu-kupu dan mewarnainya berdasarkan pengamatan
·         Mengamati gambar daur hidup kupu-kupu
·         Mendiskusikan gambar daur hidup kupu-kupu
·         Menggambar  daur hidup kupu-kupu dan mewarnainya

Penilaian:
·         Produk: gambar ulat dan gambar daur hidup kupu-kupu

·         Menceritakan tentang daur hidup kupu-kupu
·         Menceritakan peran daur hidup kupu-kupu untuk kehidupan (misalnya, saat dalam fase kupu-kupu, ia berguna membantu penyerbukan tumbuhan)
·         Mengamati gambar daur hidup belalang
·         Menceritakan secara tertulis dalam bentuk uraian, bagan, gambar perbedaan daur hidup kupu-kupu dan belalang

Penilaian:
·         Tes lisan: menceritakan daur hidup kupu-kupu dan peranannya dalam kehidupanpu-
·         Ter tertulis: uraian, bagan, gambar perbedaan daur hidup kupu-kupu dan belalang



10 jp










·   Buku tematik kelas 3
·   Gambar daur hidup hewan


Matematika
Menemukan sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian (k3)


·   Menemukan sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan


·         Melakukan kegiatan eksplorasi dalam kelompok melalui pengamatan pola penjumlahan menggunakan benda-benda konkrit untuk menemukan sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan
·         Mengkomunikasikan sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan yang ditemukan menggunakan kata-kata sederhana sesuai dengan pemahaman siswa dan mendefinisikannya sebagai sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan

PENILAIAN :
·         Unjuk kerja : menggunakan sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan untuk memudahkan perhitungan

6 jp

§ Buku Tematik Kelas III
Penjasorkes





Seni budaya dan prakarya
Menyanyi lagu wajib dan lagu permainan dari daerah sesuai dengan isi lagu (KI 4)




·        Siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar
·        Siswa dapat menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar
·        Siswa dapat menyanyikan lagu permainan daerah.

·       Mencari tahu lagu wajib dan lagu permainan dari daerah melalui membaca buku, majalah atau media lain yang ada di sekolah
·       Mendiskusikan lagu wajib dan lagu permainan dari daerah
·       Menyanyikan lagu wajib dengan gerakan.
·        Menyanyikan lagu daerah.

Penilaian :
·            Unjuk kerja :  Nyanyi lagu wajib dan lagu permainan dari daerah sesuai dengan isi lagu


6 jp

·       Buku tematik kelas 4
·       Buku lagu wajib dan lagu daerah
·       CD lagu wajib dab lagu daerah


Comments

Popular Posts