RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Kelas / Semester : I (Satu) Tema : DIRIKU Sub Tema : Tubuhku


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan        :      ................................................
Kelas / Semester             :      I (Satu)
Tema                               :      DIRIKU
Sub Tema                       :      Tubuhku
Alokasi Waktu               :      1 X pertemuan (5 JP)
Pembelajaran                 :      1

A.           KOMPETENSI  INTI
1.             Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.             Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.             Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.             Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.            KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
4.2.    Melaksanakan tata tertib dirumah dan sekolah
Indikator
v   Menunjukkan sikap tertib selama Pelajaran
Seni Budaya dan Prakarya
          4.7.    Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu
Indikator
v   Menyanyikan lagu dengan irama yang tepat
v   Menjelaskan isi lagu yang dinyanyikan
P J O K
          3.1.    Mengetahui bagian-bagian tubuh manusia dan kegunaannya
                   Indikator
v   Menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan tepat
Matematika
3.1.    Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda benda  yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
                   Indikator
v   Menghitung banyak benda 1-5
v   Menuliskan lambang bilangan 1-5




C.           TUJUAN PEMBELAJARAN
Mengenal Anggota Tubuh Dengan Bernyanyi
1.             Setelah mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “Dua Mata Saya” dengan syair dan irama lagu yang tepat.
2.             Setelah bertanya jawab, siswa dapat menyebutkan nama-nama anggota tubuh dengan tepat.
3.             Setelah mengamati gambar siswa dapat menghitung jumlah anggota tubuh dengan tepat.
4.             Setelah mengamati gambar siswa dapat menuliskan jumlah anggota tubuh dengan tepat.

Permainan “Guru Berkata, Pegang ....”
1.             Dengan bermain, siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh dengan tepat.
2.             Dengan mendengar penjelasan guru, siswa dapat mengikuti aturan yang berlaku dengan tertib.

D.           MATERI PEMBELAJARAN
1.             Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi

Nyanyikanlah
   Dua Mata Saya
Ciptaan Pak  Kasur
2.             Permainan “Guru Berkata, Pegang ....”

                   

E.            METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan       :         Tematik
Model                :         Siklus Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi
Metode              :         Belajar Aktif

F.            MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
§         Buku Siswa Tema 1 “ Diriku“ Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013. Hal 30 -33
§         Buku Guru Tema 1 “ Diriku“ Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas I. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013. Hal 30 -32
§    Syair lagu “Dua Mata Saya”
§    Gambar anggota tubuh manusia yang lengkap

G.           KEGIATAN PEMBELAJARAN
          a.       Pendahuluan
1.             Membiasakan berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
2.             Mendengarkan doa yang ucapkan oleh guru
3.             Bersikap khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa

          b.      Kegiatan Inti
          Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi
1.             Guru memulai kegiatan dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”.
2.             Siswa menyanyikan lagu bersama-sama disertai tepukan sesuai irama.
3.             Setelah semua siswa bisa menyanyikan lagu tersebut, guru meminta siswa secara individu/berkelompok untuk menyanyikan lagu tersebut.
4.             Siswa mengungkapkan perasaannya setelah bernyanyi di bawah bimbingan guru.
5.             Lalu guru menunjukkan gambar (bagan) anggota tubuh dan meminta siswa mengamati gambar tersebut di buku siswa.
6.             Siswa dan guru melakukan tanya jawab berkaitan dengan nama-nama anggota tubuh sambil menunjuk bagian-bagian tubuh pada gambar
7.             Kemudian siswa berlatih menghitung banyaknya anggota tubuh seperti yang ada di buku siswa.
                   
Permainan “Guru Berkata, Pegang ....”
1.             Dalam permainan ini siswa akan memegang bagian tubuh sesuai instruksi guru.
2.             Siswa diminta berdiri membentuk lingkaran.
3.             Guru akan mengucapkan kata “Ibu/Bapak berkata... pegang hidung! (maka  siswa diminta memegang hidungnya).
4.             Untuk melatih konsentrasi siswa, guru memegang bagian tubuh yang tidak sama dengan yang disebutkan guru. Misalnya guru meminta siswa memegang telinga, tapi guru memegang kepala.
5.             Seterusnya, siswa diminta memegang anggota tubuh secara bergantian sesuai aba-aba guru.
6.             Selesai kegiatan siswa diminta maju ke depan dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh sesuai dengan permainan.

c.       Kegiatan Penutup
                   1.      Guru menutup kegiatan dengan menyanyikan lagu “Kepala Pundak”.
Kepala Pundak
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki
Daun telinga, mata, hidung, mulut
Kepala pundak lutut kaki lutut kaki                      
                   2.      Guru mengajak siswa untuk bersyukur kepada Tuhan, karena diberi kaki untuk bergerak dan tangan untuk menulis.

H.           PENILAIAN
1.             Unjuk Kerja
       Rubrik Mengenal Anggota Tubuh dengan Bernyanyi

No.
Kriteria
Baik Sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan
(1)
1.
Penguasaan lagu

Siswa hafal
seluruh syair
lagu, irama
tepat
Siswa hafal seluruh syair lagu, irama kurang tepat atau
sebaliknya
Siswa hafal sebagian
kecil syair lagu
Siswa belum hafal syair
lagu

2.
Ketepatan mengisi
banyak anggota
tubuh pada kolom
‘Ayo Berlatih’

Semua tepat

Tepat 5—6

Tepat 3—4

Tepat 1—2

Penilaian
:
Jumlah skor yang diperoleh siswa
x
100
12
          Keterangan :
          Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1 dan kriteria 2
          Skor ideal adalah perkalian dari banyaknya kriteria dengan skor tertinggi. Pada contoh ini, skor ideal = 2 x 4 = 8
          Perhitungan nilai akhir siswa :

Beni
:
7
x
100
=
87,7
Dayu
7
x
100
=
100

 Menyetujui,                                                                 .............., ......................20……..       
 Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas I


.......................................                                               ....................................................
NIP :                                                                             NIP :

Comments

Popular Posts