contoh RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN                   : SD NEGERI 16 TANJUNG LAGO
TEMA/SUB TEMA                            : Hidup rukun / Hidup rukun dirumah
PEMBELAJARAN                             : 2 (dua)
KELAS/SEMESTER                          : I/1
ALOKASI WAKTU                           : 1 Hari

A.  KOMPETENSI INTI :
1
Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya
2
Memilikiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, dan guru.
3
Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati [mendengar, melihat, membaca] danmenanyaberdasarkan rasa ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumahdan di sekolah
4
Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang jelasdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia.

B.  KOPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.3.2 Menyebutkkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/ hobi.
4.3.2 Menceritakan kebersamaan keluarga dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi.
Bahasa Indonesia
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan   
      guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
       untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri
       dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.3.3 Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga.
3.3.4 Mencatat peran masing-masing anggota keluarga.
4.3.2 Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
4.3.3 Menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis.
PJOK
3.2 Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan 
      sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
       sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk permainan sederhana.
4.2.1 Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk permainan sederhana.
Matematika
3.1 Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
Indikator
3.1.2 Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1.1 Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
C.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1 Dengan mengamati gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan Mutiara, siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan teliti.
2 Dengan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil, siswa dapat melakukan gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dengan percaya diri.
3 Dengan membaca teks tentang kegemaran, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan percaya diri.
4 Dengan mengamati gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati dengan teliti.
5 Dengan mengamati contoh dan tabel cara membaca lam-bang bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
6.Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan teliti.
7 Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat menen-tukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilang-an kurang dari 100 dengan teliti.
8 Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan teliti.
9 Dengan kegiatan bertanya dan mengamati contoh cerita tentang kegemaran, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi dengan bahasa santun dan percaya diri.
10 Dengan mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
11 Setelah membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mencatat peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
12 Dengan bimbingan guru, siswa dapat menulis buku harian tentang kegiatan hari ini dengan teliti.

D.  MATERI PEMBELAJARAN
Hidup rukun

E. PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan      : Saintifik (Mengamati, Menanya, Mengumpulkaninformasi/eksperimen,
                             Mengolahinformasi, Mengkomunikasikan)
Strategi             : Cooperatif Learning
Metode                        : Tanya jawab, Penugasan

F.   MEDIA,ALAT,DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan Mutiara.
Gambar permainan lingkaran kecil dan lingkaran besar.
Gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan.
Tabel cara membaca lambang bilangan.
Gambar sisi halaman buku yang berkaitan dengan barisan bilangan.
Gambar kegiatan Udin dan Mutiara yang saling membantu.

G.  LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
-Mengucapkansalamdanmengajaksemuasiswa
berdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-
masing (untukmengawalikegiatanpembelajaran)
yangdipimpinsalahsatusiswapiket.
1.   Melakukankomunikasitentangkehadiransiswa .
2.   Menanyakansesuatu yang pernahdialamisiswa.
3.   Siswamendegarkanpenjelasan gurutentangkegiatan yang akandilakukanhariinidantujuanpembelajarandenganbahasa yang sederhana.
4.   Membukapelajarandengantema kali iniadalah hidup rukun.

5Menit
Inti
-Siswa mengamati gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan Mutiara, meliputi gambar gerak jalan di tempat, gerak mengayunkan kaki, gerak memutar lengan.
(mengamati).
-Siswa bertanya tentang gambar yang diamati (menanya).
-Siswa menjelaskan gambar yang telah diamati (mengomu-nikasikan).
-Siswa dibimbing menirukan gerakan berdasarkan gambar yang telah diamati (mencoba).
-Siswa mengamati gambar permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil dengan teliti (mengamati).
-Siswa diberi penjelasan tentang permainan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil yang akan dilakukan (mengamati).
-Siswa melakukan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil di bawah bimbingan guru (mencoba).
-Siswa membaca teks tentang kegemaran (mengamati).
-Siswa menyebutkan berbagai kegemaran/hobi berdasarkan teks yang telah dibaca (mengomunikasikan).
-Siswa menyebutkan kegemaran/hobi anggota keluarganya (mengomunikasikan).
-Siswa mengamati gambar cara menghitung benda dengan menggunakan kubus satuan (mengamati).
-Siswa menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati (mengomunikasikan).
-Siswa mengamati contoh dan tabel cara membaca lambang bilangan (mengamati).
-Siswa membaca lambang bilangan berdasarkan tabel. (mengamati).
-Siswa membaca lambang bilangan dari beberapa bilangan yang dikemukakan guru (mengomunikasikan).
-Siswa mengamati gambar sisi halaman buku yang berkaitan dengan barisan bilangan (mengamati).
-Siswa dan guru melakukan tanya jawab terkait gambar yang diamati (menanya).
-Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan gambar (mangamati).
-Siswa menyebutkan pola bilangan dari barisan bilangan yang telah diamati (menalar).
-Siswa dibimbing membuat barisan bilangan dengan pola +2 (mengamati).
-Siswa berlatih membuat barisan bilangan dengan pola +2 (menalar).
-Siswa diminta bertanya kepada teman tentang kegemarannya dan kegemaran anggota keluarganya yang lain dengan teliti (menanya).
-Siswa membaca contoh cerita tentang kegemaran (mengamati).
-Siswa bercerita kepada teman tentang cara menjaga kebersamaan dalam keluarga yang berbeda kegemaran (mengomunikasikan).
-Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan dalam keluarga (mengamati).
-Siswa mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga (menalar).
-Siswa mencatat peran masing-masing anggota keluarga (menalar).
-Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan hari ini (mencoba).
-Siswa membaca teks yang telah ditulis pada buku harian dengan teliti (mengomunikasikan).
10 Menit
Akhir

-Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teks buku harian yang telah ditulis (menalar).
-Siswa mengamati contoh membuat kesimpulan dari teks buku harian (mengamati).
-Siswa menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis (mengomunikasikan).

5 Menit

H.  PENILAIAN
I.       Penilaiansikap
No
Nama
PercayaDiri
Disiplin
BekerjaSama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Agung s












2
bayu












3
desih












4
………









































Keterangan :
·       BT              = BelumTampak
·       MT             = MulaiTampak
·       MB            =MulaiBerkembang
·       SD              = SudahMembudaya

II. PenilaianPengetahuan

Lengkapilah barisan bilangan + 2 berikut dengan teliti!
1.  34 .... .... .... ....
2.  .... 27 .... .... ....
3.  .... .... 48 .... ....
4.  .... .... .... 22 ....
5.  .... .... .... .... 41
III. PenilaianKeterampilan


no
Nama siswa
nilai
ket
1
agung
4

2
bayu
4

3
....



TanjungLago, 06 Juni 2014
Mengetahui                                                                             Guru Kelas 2
KepalaSekolah




RIA NAJUA,S.Pd                                                                  ZUBAEDAH,S.PD.SD
NIP. 19670520 199104 2 002




Comments

Popular Posts