silabus kelas III tema pengalaman yang mengesankan



  28 November 2012
SILABUS
Kelas III
Tema 2 : Pengalaman yang Mengesankan
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah



KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2012

Kelas                : III
Tema 2             : Pengalaman yang Mengesankan
Alokasi Waktu  : 3 Minggu

Mata Pelajaran dan Kompetensi Dasar
Indikator
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar


MINGGU 1


PPKn
·      Melaksanakan kerja sama dalam keberagaman di rumah dan di sekolah


·      Memberikan contoh kerja sama dalam keragaman di lingkungan keluarga
·      Memberikan contoh kerja sama dalam keragaman di lingkungan sekolah.
·      Membiasakan kerja sama dalam keragaman di lingkungan keluarga.




·       Memperkenalkan keragaman dalam lingkungan keluarga
·       Menuliskan  keragaman yang ada didalam lingkungan keluarga
·       Diskusi contoh-contoh kerjasama yang bisa dilakukan di dalam keluarga
·       Bermain peran melaksanakan kerjasama di dalam keluarga secara kelompok.
·       Tanya jawab  mengenai peran yang dilakukan.
Penilaian
Unjuk kerja( bermain peran kerjasama)

    
6 jp




Buku Tematik Kelas III
Bahasa Indonesia
Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu

·      Menulis pokok-pokok informasi yang diperoleh dengan tepat

·      Mencari informasi tentang kisah kehidupan seseorang dari berbagai sumber informasi melalui membaca di perpustakaan, mendengarkankan radio, atau menonton televisi
·      Menulis pokok-pokok berbagai informasi  yang dibaca, didengar, atau dilihat/ditonton
·      Mendiskusikan pokok-pokok informasi yang ditulis
·      Membuat  ringkasan berbagai informasi yang dibaca, didengar atau dilihat/ditonton
·      Menyajikan ringkasan yang dibuat
Penilaian
Tes tertulis:
Menulis informasi yang diperoleh dengan memperhatikan ketepatan informasi


10 jp

Buku Tematik Kelas III
Buku-buku di perpustakaan, radio, televisi
Matematika
Memahami letak bilangan pada garis bilangan  (k4)










·         Menentukan bilangan yang lebih kecil atau lebih besar dari bilangan yang diberikan
·         Mengurutkan secara naik  atau turun dari sekelompok bilangan yang diberikan
·         Menempatkan sekelompok bilangan pada garis bilangan dengan skala tepat
·         Meletakkan sebuah bilangan dengan tepat  di antara dua bilangan yang diketahui  pada garis bilangan


·         Mengurutkan kelompok benda berdasarkan jumlah tiap –tiap kelompok benda dengan urutan naik atau turun dan menuliskan hasilnya
·         Mengurutkan sekelompok bilangan berdasarkan urutan naik atau urutan turun
·         Menggambar garis bilangan dengan cara menempatkan sekelompok bilangan pada garis bilangan dengan menggunakan skala yang tepat
·         Melengkapi garis bilangan dengan bilangan yang tepat di antara dua bilangan pada garis bilangan yang diberikan

Penilaian:
·         Tertulis : melengkapi garis bilangan dengan bilangan yang tepat di antara dua bilangan pada garis bilangan yang diberikan

6 JP

§ Buku Tematik Kelas III
Penjasorkes :
4.1. Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan  koordinasi , ketepatan   dan daya tahan statis  tubuh melalui permainan sederhana.


4.2 Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk pengembangan  kekuatan  dan daya tahan statis  tubuh melalui permainan yang lebih kompleks baik secara individu maupun berpasangan.

·         Mendiskusikan bentuk permainan aktifitas jasmani  untuk pengembangan  koordinasi , ketepatan   dan daya tahan
·         Memperagakan aktivitas jasmani untuk pengembangan  koordinasi,
·          Memperagakan aktivitas jasmani untuk pengembangan  ketepatan.
·         Memperagakan aktivitas jasmani untuk pengembangan  dayatahan statis.
·         Memperagakan jogging pada route tertentu dengan tugas pada masing masing pos.
·         Memperagakan bermain olahraga tradisional.
·         Menyebutkankan bentuk permainan aktifitas jasmani  untuk pengembangan  koordinasi , ketepatan   dan daya tahan
·         Melakukan variasi dan kombinasi aktivitas jasmani untuk pengembangan  koordinasi :
  1. ketepatan   (memasukkan benda pada sasaran)
  2. daya tahan statis (melakukan sikap kapal  terbang, sikap kayang, menggantung pada dahan yang kuat atau tali)
  3. Memperagakan bermain gobag sodhoor.
Penilaian
Unjuk kerja:
1.     Memperagakan aktifitas jasmani yang memberi pengaruh terhadap pengembangan  koordinasi ,ketepatan   dan daya tahan statis.
2.     Memperagakan aktivitas jasmani untuk pengembangan  kekuatan  dan daya tahan statis. 
3.     Memperagakan bermain gobag sodhoor

12 jp


·      Buku tematik kelas IV
·      Alat-alat olah raga
Seni budaya dan prakarya
Berani  mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari (KI 2)


·         Menunjukkan rasa percaya diri untuk berkarya
·         Menunjukkan keberanian mencoba untuk berkarya sesuai tema “Pengalaman yang Mengesankan Menunjukan kebebasan dalam berkarya

·       Mencari tahu lagu mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari melalui membaca buku, majalah atau media lain yang ada di sekolah
·       Membuat laporan informasi yang diperoleh melalui membaca buku, majalah atau media lain yang ada di sekolah
·       Mendiskusikan tentang mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
·         Membuat karya melalui gambar, nyanyian, tarian, atau karya kreatif yang bertema “Pengalaman yang Mengesankan”
·         Menampilkan tarian, nyanyi atau karya sendiri dengan percaya diri di depan kelas

Penilaian
·         Pengamatan: keberanian mengekspresikan dan menampilkan karya


6 jp

·   Buku Tematik kelas 3
·   Karya
·   Buku Pengambangan diri anak


MINGGU 2


PPKn
·      Melaksanakan kerja sama dalam keberagaman di rumah dan di sekolah


·      Memberikan contoh kerja sama dalam keragaman di lingkungan keluarga
·      Memberikan contoh kerja sama dalam keragaman di lingkungan sekolah.
·      Membiasakan kerja sama dalam keragaman di lingkungan keluarga.



·       Mendata  berbagai keragaman yang ada di lingkungan sekolah.(wawancara)
·       Menuliskan keragaman yang ada di dalam lingkungan sekolah
·       Diskusi contoh-contoh kerjasama yang dapat dilaksanakan di sekolah
·       Diskusi contoh kerjasama yang tidak boleh dikerjakan di sekolah.
·       Menceritakan  pengalaman ketika bekerjasama dengan teman di sekolah.
Penilaian
·      Tertulis (Menyebutkan contoh-contoh kerja sama dalam   keragaman di lingkungan  sekolah)
Pengamatan : Mengamati perilaku peserta didik dalam pembiasaan bersikap positip dalam keragaman di sekolah

 
   6 jp








Buku Tematik Kelas III
Bahasa Indonesia
·      Menggunakan dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan untuk menuliskan kembali dalam beberapa kalimat sederhana

·     Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan
·     Menuliskan kembali isi dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan dalam beberapa kalimat
Pembelajaran
·     Mendengarkan pembacaan  dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan
·     Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan
·     Mengomentari tokoh-tokoh (sifat tokoh)  dalam dongeng , legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan
·     Menuliskan kembali isi dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan dalam beberapa kalimat

Penilaian
Tes tertulis: Menjawab pertanyaan isi dongeng, legenda, pengalaman, dan peristiwa yang mengesankan dan menuliskan kembali isinya dalam beberapa kalimat sederhana

4 jp

Buku Tematik Kelas III
Buku dongeng
·   Membaca dongeng, puisi anak-anak dan mengungkapkan kembali dalam permainan peran
·     Mengidentifikasi tokoh-tokoh dalam dongeng atau puisi anak-anak
·     Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng atau puisi anak-anak
·     Memerankan tokoh –tokoh dalam dongeng atau puisi anak-anak sesuai dengan wataknya

·   Pembelajaran
-      Membaca dongeng atau puisi anak-anak
-      Mengidentifikasi tokoh-tokohnya
-      Pesertaenjawab pertanyaan tentang isi dongeng atau puisi anak-anak
-      Memilih peran yang sesuai yang ada dalam dongeng atau puisi anak-anak
-      Bermain peran sesuai dengan tokoh yang sudah dipilih
-      Menanggapi pemeranan tokoh yang dilakukan teman
-      Menyimpulkan hasil pemeranan

·       Penilaian
Unjuk kerja : Bermain peran dengan kreteria ekspresi, lafal-intonasi, penjiwaan

6 jp
Buku Tematik Kelas III

Matematika
Memahami konsep bilangan bulat  menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan (k3)


·      Mengenal bilangan bulat negatif  dalam kehidupan sehari-hari
·      Menuliskan bilangan bulat positif dan bilangan bulat negative pada garis bilangan
·      Menyebut / membaca lambang bilangan bulat negative dan positif 


·      Mengenal bilangan bulat negatif melalui dua hal yang berlawanan dalam kehidupan shari-hari (depan-belakang, maju-mundur, atas-bawah, kiri-kanan, dll)
·      Membaca lambang bilangan bulat berdasarkan artinya

Penilaian:
·      Lisan  : membaca bilangan bulat dengan tepat dan menyatakan artinya
6 jp
§ Buku Tematik Kelas III
Penjasorkes





Seni budaya dan prakarya
Membuat karya seni montase dengan teknik lipat, tempel, dan gunting dan atau sobek gambar/huruf dari media cetak. (KI 4)


·       Menggunting, menyobek, dan menempel berbagai bahan menjadi sebuah karya seni montase
·       Merancang tema baru karya seni montase
·       Memilih bahan dan alat
·       Mengatur komposisi penempatan hasil gunting, sobek, dan tempel


·       Membuat rancangan karya seni montase
·       Mengumpulkan dan memilih alat dan bahan untuk membuat karya seni montase
·       Membuat (menggunting, menyobek, menempel karya seni montase
·       Menjelaskan hasil karya seni montase di depan kelas
·       Memberi komentar terhadap karya seni montase buatan sendiri dan karya temannya dudepan kelas

Penilaian:
·       Unjuk kerja: proses membuat montase (menggunting, menyobek, menempel)
·     Produk: karya kolase


6 jp

·      Buku Tematik Kelas 3
·      Buku atau CD kumpulan lagu daerah



MINGGU 3


PPKn
·      Melaksanakan kerja sama dalam keberagaman di rumah dan di sekolah


·      Membiasakan kerja sama dalam keragaman di lingkungan sekolah.


·       Merencanakan pelaksanaan kerjasama  membuat majalah dinding  di kelas
·       Melaksanakan  kegiatan secara kelompok
·       Memajang hasil kerja

Penilaian :
·      produk



Bahasa Indonesia
·   Mendengarkan petunjuk, penjelasan, cerita pengalaman teman dan mengajukan pertanyaan
·   Mencatat isi petunjuk, penjelasan, cerita pengalaman yang didengarkan
·   Mengajukan pertanyaan sesuai petunjuk, penjelasan, atau  cerita pengalaman yang didengar
·       Pembelajaran
-   Mendengarkan petunjuk, penjelasan, atau cerita pengalaman
-   Mencatat  isi  petunjuk, penjelasan, atau cerita pengalaman  yang didengarkan
-   Mengajukan pertanyaan terhadap isi petunjuk, penjelasan, atau cerita pengalaman
-   Menuliskan dan menyampaikan ringkasan isi petunjuk, penjelasan, atau cerita pengalaman
·  Penilaian
Unjuk kerja : Ketepatan pertanyaan yang diajukan dan kebenaran ringkasan

4 jp
Buku Tematik Kelas III
Pengalaman peserta didik
·      Menulis dalam satu paragraf sederhana dan puisi berdasarkan pengalaman atau pengetahuan sebelumnya
§  Menjelaskan pengalaman atau pengetahuan di bidang tertentu
§  Menulis  paragraf sederhana atau puisi berdasarkan pengalaman atau pengetahuan

·       Pembelajaran
-      Menentukan pengalaman atau pengetahuan yang telah dimiliki
-      Menjelaskan pengalaman atau pengetahuan tersebut
-      Menentukan  kata-kata kunci untuk menyusun puisi berdasarkan pengalaman atau pengetahuan yang sudah dimiliki
-      Menulis puisi berdasarkan kata-kata kunci yang telah ditetapkan
-      Menjelaskan isi puisi dengan bahasa sendiri
-      Menanggapi puisi dan penjelasan teman
·       Penilaian
Peserta didik dinilai dari hasil karya berupa puisi dengan kreteria kesesuaian puisi dengan pengalaman atau pengetahuan yang dimiliki, diksi, dan rima

6 jp
Buku Tematik Kelas III
Pengalaman peserta didik
Matematika
Memahami konsep bilangan bulat  menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan (k3)


·      Membandingkan dan mengurutkan  bilangan bulat


·      Menuliskan bilangan bulat pada garis bilangan menggunakan skala yang tepat
·      Mengurutkan sekelompok bilangan bulat  dengan urutan naik atau turun
·      Menempatkan sekelompok bilangan pada garis bilangan bulat dengan skala tepat
·      Menyisipkan bilangan yang tepat dari sekumpulan bilangan bulat agar urutan naik atau turun

PENILAIAN
·      Tes Tertulis : menentukan letak suatu bilangan bulat pada garis bilangan bila dua bilangan bulat lainnya diketahui


6 jp

§ Buku Tematik Kelas III
Penjasorkes





Seni budaya dan prakarya
Memainkan alat musik ritmis pola irama bervariasi sambil bernyanyi (KI 4)







·        Siswa dapat memperagakan berbagai cara memainkan alat musik ritmis.
·        Siswa dapat mengiringi lagu dengan alat musik ritmis.
·        Siswa dapat mempertunjukkan karya musik kepada anggota kelas lain dengan bermain musik.


·       Mencari tau mengenai alat musik ritmis melalui membaca buku,majalah atau media lain yang ada disekolah
·       Mendengankan lagu daerah kaset,VCD atau media lain yang ada disekolah
·       Mendengarkan penjelasan guru mengenai alat musik ritmis. Dan memperagakanya.
·       Menyanyikan Dengan bimbingan guru mengiringi lagu dengan alat musik ritmis.

Penilaian :
·       Unjuk kerja : Memainkan alat musik ritmis pola irama bervariasi sambil bernyanyi


6 jp

·      Buku Tematik Kelas 3
·      Buku atau CD kumpulan lagu daerah



Comments

Popular Posts