3.1 PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
3.1
PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN
TEMATIK TERPADU
Kurikulum
2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu
menggunakan pendekatan ilmiah.
Pendekatan ilmiah (scientific
approach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi kegiatan mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi/menalar/mengolah informasi, serta
menyajikan/mengkomunikasikan. Kurikulum
2013 menyarankan penerapan model-model pembelajaran seperti Project Based Learning, Problem Based
Learning, dan Discovery Learning.
A.
Penerapan
Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu
1. Mengamati
2. Menanya
a. Fungsi bertanya
1) Membangkitkan rasa ingin tahu, minat, dan
perhatian peserta didik tentang suatu
tema atau topik pembelajaran.
2) Mendorong dan menginspirasi peserta didik untuk
aktif belajar, serta mengembangkan pertanyaan dari dan untuk dirinya sendiri.
3) Mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik
sekaligus menyampaikan rancangan untuk mencari solusinya.
4) Menstrukturkan tugas-tugas dan memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menunjukkan sikap, keterampilan, dan
pemahamannya atas substansi pembelajaran yang diberikan.
5) Membangkitkan keterampilan peserta didik dalam
berbicara, mengajukan pertanyaan, dan memberi jawaban secara logis, sistematis,
dan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
6) Mendorong partisipasi peserta didik dalam
berdiskusi, berargumen, mengembangkan kemampuan berpikir, dan menarik
simpulan.
7) Membangun sikap keterbukaan untuk saling memberi
dan menerima pendapat atau gagasan, memperkaya kosakata, serta mengembangkan
toleransi sosial dalam hidup berkelompok.
8) Membiasakan peserta didik berpikir spontan dan
cepat, serta sigap dalam merespon persoalan yang tiba-tiba muncul.
9) Melatih kesantunan dalam berbicara dan
membangkitkan kemampuan berempati satu sama lain.
b. Kriteria pertanyaan yang baik
1) Singkat dan jelas
2) Menginspirasi jawaban
3) Memiliki fokus
4) Bersifat probing atau divergen
5) Bersifat validatif atau penguatan
6) Memberi kesempatan peserta didik untuk berpikir
ulang
7) Merangsang peningkatan tuntutan kemampuan
kognitif
8)
Merangsang proses
interaksi
c. Tingkatan Pertanyaan
Pertanyaan guru yang baik dan benar menginspirasi peserta didik untuk memberikan jawaban yang baik dan benar pula. Guru harus memahami kualitas pertanyaan, sehingga menggambarkan tingkatan kognitif seperti apa yang akan disentuh, mulai dari yang lebih rendah hingga yang lebih tinggi. Bobot pertanyaan yang menggambarkan tingkatan kognitif yang lebih rendah hingga yang lebih tinggi disajikan pada tabel berikut ini.
Tabel 3.1 Tingkatan Pertanyaan Kognitif
Tingkatan
|
Subtingkatan
|
Kata-kata kunci
pertanyaan
|
Kognitif
yang lebih rendah
|
§ Pengetahuan (knowledge)
|
§ Apa...
§ Siapa...
§ Kapan...
§ Di mana...
§ Sebutkan...
§ Jodohkan atau pasangkan...
§ Persamaan kata...
§ Golongkan...
§ Berilah nama...
|
§ Pemahaman (comprehension)
|
§ Terangkahlah...
§ Bedakanlah...
§ Terjemahkanlah...
§ Simpulkan...
§ Bandingkan...
§ Ubahlah...
§ Berikanlah interpretasi...
|
|
§ Penerapan (application
|
§ Gunakanlah...
§ Tunjukkanlah...
§ Buatlah...
§ Demonstrasikanlah...
§ Carilah hubungan...
§ Tulislah contoh...
§ Siapkanlah...
§ Klasifikasikanlah...
|
|
Kognitif
yang lebih tinggi
|
§ Analisis (analysis)
|
§ Analisislah...
§ Kemukakan bukti-bukti…
§ Mengapa…
§ Identifikasikan…
§ Tunjukkanlah sebabnya…
§ Berilah alasan-alasan…
|
§ Sintesis (synthesis)
|
§ Ramalkanlah…
§ Bentuk…
§ Ciptakanlah…
§ Susunlah…
§ Rancanglah...
§ Tulislah…
§ Bagaimana kita dapat memecahkan…
§ Apa yang terjadi seaindainya…
§ Bagaimana kita dapat memperbaiki…
§ Kembangkan…
|
|
§ Evaluasi (evaluation)
|
§ Berilah pendapat…
§ Alternatif mana yang lebih baik…
§ Setujukah anda…
§ Kritiklah…
§ Berilah alasan…
§ Nilailah…
§ Bandingkan…
§ Bedakanlah…
|
3. Mengumpulkan informasi/Eksperimen (Mencoba)
Mengumpulkan
informasi/eksperimen kegiatan pembelajarannya antara lain melakukan eksperimen;
membaca sumber lain selain buku teks; mengamati objek/kejadian/aktivitas; dan
wawancara dengan narasumber.
4. Mengasosiasi/Mengolah informasi/Menalar
Kegiatan belajar yang dilakukan dalam proses
mengasosiasi/mengolah informasi adalah sebagai berikut.
a.
mengolahinformasi
yang sudahdikumpulkanbaikterbatasdarihasilkegiatanmengumpulkan/eksperimenmau
pun hasildarikegiatanmengamatidankegiatanmengumpulkaninformasi.
b.
Pengolahaninformasi
yang dikumpulkandari yang
bersifatmenambahkeluasandankedalamansampaikepadapengolahaninformasi yang
bersifatmencarisolusidariberbagaisumber yang memilikipendapat yang
berbedasampaikepada yang bertentangan.
5. Mengkomunikasikan
Kegiatanbelajarmengkomunikasikanadalahmenyampaikanhasilpengamatan,
kesimpulanberdasarkanhasilanalisissecaralisan, tertulis, atau media lainnya.
Comments
Post a Comment