silabus kurikulum 2013 SD
SILABUS
Kelas II
Tema 1 : Hidup Rukun
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2014
PPKn
· Menyebutkan
sikap menghargai keberagaman
karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di rumah (1)
· Menyebutkan
sikap menghargai keberagaman
karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di sekolah. (2)
·
Menjelaskansikap kebersamaan dalam
keberagaman di rumah. (3)
|
Kls II
Hidup Rukun
( minggu I )
|
PENDI\DIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN
· Mempraktikan
variasi gerak melompat(104)
· Mempraktikkan
variasi gerak berlari(103)
· Mempraktikkan
variasi gerak berjalan(102)
·
·
·
|
BAHASA
INDONESIA
· Bersikap khusuk
(menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa (7)
· Mencontoh
kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri (9)
· Menyebutkan nama tumbuhan dan hewan yang ada di
lingkungan sekitar (33)
· Menceritakan kebutuhan tumbuhan dan hewan,
misalnya makanan dan air(34)
· Berposisi duduk
secara benar(45)
· Memegang teks
bacaan dengan tepat(47)
· Membalik
halaman buku dengan benar(48)
· Mengucapkan
terima kasih secara tepat (13)
· Mengucapkan
maaf secara tepat (14)
· Menceritakan aktifitas siswa pada siang waktu dan malam hari(41)
· Menyebutkan hal-hal yang tidak boleh
dilakukan (20)
· Membedakan pernyataan
pemberitahuan dan pernyataan larangan(21)
|
MATEMATIKA
§ Menyebutkan dan menuliskan daftar
kebutuhan siswa sehari-hari seperti menu makan dan minum, alat bermain yang
dimiliki ke bentuk tabel(55)
§ Menyebutkan atau menjelaskan serta
mempraktekkan kebutuhan menu makan, minum dan alat bermain yang tidak
konsumtif dan hemat di sekolah dan di rumah(56)
§ Menjelaskan akibat tidak habisnya makanan
atau minuman yang tersisa, alat tulis atau alat bermain yang tidak terawat(57)
§ Menjelaskan alasan memilih barang-barang
untuk dibeli dengan sejumlah uang yang tersedia(67)
|
SENI, BUDAYA, DAN PRAKARYA
· Mengenal judul lagu dan iringannya (80)
·
Menyanyi lagu sesuai
dengan frasering(87)
· Membaca syair lagu dengan ucapan yang jelas(86)
· Menyanyikan lagu sesuai dengan syair dan makna(85)
|
TEMA: HIDUP RUKUN
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
PPKn
·
Menghargai
keberagaman karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby)
sebagai anugerah Tuhan. (KI. 1-KD 1)
·
Menunjukkan
sikap kebersamaan dalam keberagaman
sebagai anugerah Tuhan (KI 1-KD2)
|
· Menyebutkan
sikap menghargai keberagaman
karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di rumah (1)
· Menyebutkan
sikap menghargai keberagaman
karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis, hobby) di sekolah. (2)
· Menjelaskansikap
kebersamaan dalam keberagaman di rumah. (3)
· Menjelaskan
beberapa suku teman-teman yang ada
dalam kelasnya. (4)
|
Pada Tema ini pembelajaran dilaksanakan 4
minggu
Minggu
Pertama
·
Memulai belajar dengan berdoa (7)
·
Mengulangi kembali secara bersama-sama lafal doa yang dibaca (9)
·
Peserta didik menyanyikan lagu “Satu nusa satu bangsa”(80)
·
Melalui pengamatan gambar peserta didik menunjukan perbedaan kesukaan, hobi, fisik,
agama, dan psikis
(1)
·
Peserta didik saling bertanya tentang kegemaran (2)
·
Peserta didik di dalam kelompok secara bergiliran menyampaikan pikirannya terkait dengan
kesukaan/hobi beserta alasananya
(3)
·
Peserta didik secara
bersama-sama bernyanyi lagu “lihat kebunku” (87)
·
Di dalam kelompok peserta didik secara berkelompok mengamati lingkungan
sekolah kemudian mencatat nama tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan
sekitar(33)
·
Peserta didik melaporkan hasil pengamatan serta menerangkan kebutuhan hewan dan
tumbuhan(34)
·
Di dalam kelompok peserta didik membuat daftar kebutuhan siswa sehari-hari,
kemudian peserta didik menempelkan hasil kelompoknya pada kertas karton,
peserta didik saling menilai hasil kerja kelompok(55)
·
Peserta didik secara bersama-sama
melakukan gerakan pisik dengan permainan yang menyenangkan, seperti
ketika guru menyebut rukun seluruh peserta didik jongkok, ketika guru
menyebut hidup peserta didik berdiri sambil melompat(104)
·
Peserta didik mempraktekan cara membaca
dengan posisi duduk yang benar, memegang teks bacaan yang tepat, membalikan
halaman buku dengan benar(45,
47,48))
·
Mempraktekan lafal sapaan, ucapan terima kasih, dan maaf kepada teman
melalui demontrasi di depan kelas(13,
14)
·
Melalui permainan pesan berantai peserta didik menyebutkan kebutuhan makan/minuman yang
dibeli di sekolah(56)
·
Melalalui permainan penjual dan pembeli peserta didik dapat menghitung
uang yang dibutuhkan untuk membeli suatu makanan/minuman(67)
·
Peserta didik berlari secara bergantian memindah makanan dan alat tulis(103)
·
Di dalam kelompok peserta didik diskusi akibat dari tidak merawat benda-benda
yang dimilki(57)
·
Di dalam kelompok peserta didik berdiskusi tentang keadaan alam
keadaan cahaya/suhu pada waktu, serta menyebutkan aktivitas siang dan malam
kemudian menempek pada kertas karton (41)
·
Peerta didik secara kelompok menilai hasil kerja kelompok melalui
belajar sambil berjalan(102)
·
Peserta didik secara individu dan kelompok menyanyi lagu anak yang berhubungan dengan
hidup rukun diiringi dengan gerakan yang ekspresip(86)
·
Peserta didik memahami perbedaan keingin antara adik, kakak, ayah, dan
ibu tetapi selalu bersama dalam kebaikan(3)
·
Peserta didik dalam kelompok saling bertanya tentang asal daerah, dan
suku nya dan menerangkan suku dari teman sekelompok yang berbeda-beda(1)
·
Peserta didik menuliskan pesan
yang terkandung dalam syair lagu tersebut(85)
·
Peserta didik menuliskan hal-hal yang tidak boleh dilakukan di dalam
kelas dan menempelnya di kertas karton(20)
·
Peserta didik membedakan pernyataan pemberitahuan dan larangan melalui
penyajian kalimat/pernyataan pendek atau dalam bentuk permainan seperti
peserta didik dibagi kalimat dengan acak, kemudian guru memerintahkan yang
mendapat kalimat pemberitahuan berkumpul di sebelah kiri kelas dan yang
mendapat kalimat larangan berkumpul di sebelah kanan kelas dalam suasana yang
tertib dan rapih(21)
Penilaian
1.
Tertulis
2.
Lisan
3.
Unjuk kerja
4.
portofolio
Pembelajaran Minggu kedua
·
Memulai belajar
dengan berdoa secara bersama-sama dengan khusuk
·
Bernyanyi bersama
tentang lagu “Soleram”
·
Peserta didik
mengungkapkan perasaan senang kepada teman, guru, dan orang tua di dalam
kelompok dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar
·
Peserta didik
menyanyikan lagu berirama tiga dan pola variasi pola irama rata dengan
menggunakan alat music ritmis seperti lagu “Bang bing bung”
·
Peserta didik
mempraktekan cara hidup hemat melalui menabung sisa dari uang jajan di
sekolah
·
Peserta didik
bercerita tentang pengalaman beramal yang pernah dilakukan baik kepada sesama
teman, maupun kepada orang lain
·
Peserta didik
melakukan kegiatan menjaga kebersihan lingkungan kelas
·
Peserta didik
menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan
·
Mempraktikan
kegiatan sebelum dan sesusdah aktivitas fisik
·
Di dalam kelompok
peserta didik berdiskusi tentang cara menyayangi tumbuhan dan hewan
·
Peserta didik
mempraktekan sikap menyayangi tumbuhan melalui kegiatan menyiram, memetik
daun yamg kering, dan memberi pupuk
secara rutin
·
Mempraktekan cara
member makan hewan yang ada di sekitar sekolah dan membersihkan hewan piaraan
·
Peserta didik
berdiskusi manfaat dari beramal dan menempel hasil diskusi pada kertas karton
·
Peserta didik
mengumpulkan uang amal dan menghitung jumlah uang hasil amal
·
Peserta didik
mengamati benda bahan alam yang dapat dijadikan hasil karya seperti daun
singkong bisa dibuat untuk karya menempel
·
Peserta didik
saling bertanya tentang sesuatu kepada orang lain seperti bertanya tentang
cara menempel
·
Peserta didik
mencatat jawaban atau penjelasan dari orang lain
·
Peserta didik
mempraktekan pernyataan penolakan
·
Peseta didik
mendengarkan tek tentang hidup rukun
·
Peserta didik
mencatat hal-hal yang menarik dalam teks
·
Peserta didik
membuat pertanyaan sesuai dengan isi teks
·
Peserta didik
mengelompokan bahan-bahan alam yang dapat dimanfaatkan unuk hasil karya
dengan mengisi tabel yang disediakan
Penilaian
1.
Tertulis
2.
Lisan
3.
Unjuk kerja
4.
portofolio
|
35 menit X 30 JP X 4 Minggu
35 menit X 30 JP
35 menit X 30 JP
|
· Buku sumber/tambahan
· Diri Anak
· Teks doa
· Teks lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
· Lingkungan
· Media Gambar berhubungan kesukaan , hobi,
fisik, agama, dan psikis
· Gambar untuk mewarnai
· Lingkungan sekitar sekolah
· Tabel daftar kebutuhan sehari-hari
· Gambar tentang posisi membaca yang baik dan
benar
· Kalimat sapaan, terima kasih, maaf
· Uang dan
makanan minuman
· Kertas
Karton
· Kalimat pemberitahuan dan larangan
· Rubrik
penilaian
· Buku sumber/tambahan
· Diri Anak
· Teks doa
· Teks lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”
· Lingkungan
· Media Gambar berhubungan kesukaan , hobi,
fisik, agama, dan psikis
· Gambar untuk mewarnai
· Lingkungan sekitar sekolah
· Tabel daftar kebutuhan sehari-hari
· Gambar tentang posisi membaca yang baik dan
benar
· Kalimat sapaan, terima kasih, maaf
· Uang dan
makanan minuman
· Kertas
Karton
· Kalimat pemberitahuan dan larangan
· Rubrik
penilaian
|
Bahasa Indonesia
·
Menerima Bahasa Indonesia
sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa (KI
1-KD1)
·
Mendengarkan
penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang
dianutnya) di sekolah dan di rumah.(KI 1-KD2)
·
Mengucapkan
doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya (KI 1-KD3)
·
Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima kasih atau permohonan
maaf sesuai dengan konteksnya (KI 2-KD1)
·
Gemar menggali informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber
lain berdasarkan rasa ingin tahu (KI 2-KD2)
·
Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan
sehari-hari (Ki2-KD4)
· Mendengarkan
pesan pendek, larangan,
permintaan, penolakan, teks pendek, lagu anak-anak dan memberikan tanggapan
yang sesuai (KI 3-KD1)
·
Bercerita tentang pengalaman
yang mengesankan (KI 4-KD1)
·
Menceritakan kegiatan sehari-hari yang menerapkan pola hidup hemat energi
·
Berbicara spontan tentang
diri sendiri dan keluarga (KI 4-KD3)
·
Memelihara hewan dan
tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dan menceritakan pengalamannya
·
Menyampaikan
informasi (jadwal upacara, piket kelas,
kerjabakti, dsb.)
kepada teman, anggota
keluarga (KI 4-KD5)
·
Mengamati
keadaan dan kenampakan alam, aktivitas makhluk hidup (pada waktu siang dan
malam hari) dan menanggapinya secara lisan dengan kalimat [(Seandainya saya
_____, saya akan _______.”) berdasarkan hasil pengamatan)]
· Menulis kalimat sederhana berdasarkan gambar dengan menggunakan huruf lepas dan tegak bersambung dan dengan
memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik (KI 4 –KD7)
·
Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak
mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat
dengan cahaya yang terang) (KI 4-KD8)
·
Menerapkan cara menulis (permulaan)dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara
meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang
terang) (KI 4-KD9)
|
·
Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan
pikirannya kepada teman, guru, orang tua, dan anggota keluarga (5)
·
Mulai terlihat senang menggunakan bahasa Indonesia dalam mengungkapkan
perasaannya kepada teman, guru, dan orang tua (6)
·
Bersikap khusuk (menjaga
keheningan) dalam mendengarkan doa
(7)
·
Mengambil sikap duduk
atau berdiri dengan berdiam diri
(8)
·
Mencontoh kata-kata dalam
doa yang didengar pada saat berdoa sendiri (9)
·
Melafalkan kata-kata teks doa dengan jelas(10)
·
Melafalkan kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai (11)
·
Mengucapkan sapaan yang
sesuai(12)
·
Mengucapkan terima kasih
secara tepat (13)
·
Mengucapkan maaf secara
tepat (14)
·
Menanya sesuatu kepada orang lain (15)
·
Mendengarkan penjelasan (16)
·
Menyanyangi
tumbuhan (menyiram tumbuhan, tidak menginjak rumput, tidak memetik bunga di
taman, dsb) (17)
·
Memberi
makan dan membersihkan hewan piaraan serta tidak menyakiti. (18)
·
Menyebutkan hal-hal yang dikandung dalam pesan pendek (19)
·
Menyebutkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan (20)
·
Membedakan pernyataan pemberitahuan dan pernyataan
larangan(21)
·
Mengucapkan kembali pernyataan penolakan(22)
·
Menyebutkan kembali hal-hal yang menarik dalam teks(23)
·
Mengajukan pertanyaan berdasarkan teks yang
diperdengarkan(24)
·
Menyebutkan hal-hal menarik yang terdapat dalam
syair lagu(25)
·
Mengajukan pertanyaan berdasarkan isi syair lagu(26)
·
Mencertaikan pengalaman yang menyenangkan(27)
·
Menceritakan pengalam yang tidak menyenangkan(28)
• Mengemukakan hal-hal yang diminta secara
runut(29)
• Mengemukakan kejadian yang dialami secara
lancar(30)
• Melafalkan kata dengan artikulasi yang
jelas (31)
•
Berbicara dengan suara
dengan volume suara yang enak didengar(32)
·
Menyebutkan
nama tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan sekitar (33)
·
Menceritakan
kebutuhan tumbuhan dan hewan, misalnya makanan dan air(34)
·
Menyiram
atau memupuk tumbuhan (35)
·
Memberi
makan hewan peliharaan(36)
·
Menceritakan
akibat bila tumbuhan tidak disiram dalam waktu lama(37)
·
Menceritakan
akibat bila hewan tidak diberi makan dalam waktu lama(38)
·
Menggambar
tumbuhan atau hewan(39)
·
Membedakan
keadaan alam (cahaya dan suhu) pada waktu siang dan malam hari (40)
·
Menceritakan
aktifitas siswa pada siang waktu dan malam hari(41)
·
Membedakan
aktifitas makhluk hidup pada waktu siang dan malam hari. (42)
·
Menyebutkan nama-nama kenampakan alam seperti
gunung, sungai, pantai, teluk, sawah, hutan yang ada di lingkungan tempat
tinggla dan sekolah(43)
·
Bercerita tentang kelestarian alam yang berada di
lingkungan tempat tinggal dan sekolah(44)
• Berposisi duduk secara benar(45)
• Meletakkan bacaan dengan jarak mata yang
benar(46)
• Memegang teks bacaan dengan tepat(47)
• Membalik halaman buku dengan benar(48)
•
Memilih tempat membaca
dengan cahaya yang terang(49)
• Berposisi duduk secara benar(50)
• Meletakkan buku dengan jarak mata yang
benar(51)
• Memegang pensil dengan tepat(52)
• Membalik halaman buku dengan benar(53)
•
Memilih tempat membaca
dengan cahaya yang terang(54)
|
|||
Matematika
·
Mengelola penggunaan uang saku untuk kepentingan konsumsi, menabung
dan beramal.(Ki2-KD2)
·
Mengenal dan menukar nilai antar pecahan uang (KI 3-KD3)
·
Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri , menyatakan kalimat matematika dan memecahkan
masalah dengan efektif dari masalah yang berkaitan dengan
penjumlahan,pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda
dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat
bermain serta memeriksa kebenarannya (KI4-KD2)
|
· Menyebutkan dan menuliskan daftar kebutuhan siswa sehari-hari seperti
menu makan dan minum, alat bermain yang dimiliki ke bentuk tabel(55)
· Menyebutkan atau menjelaskan serta mempraktekkan kebutuhan menu makan,
minum dan alat bermain yang tidak konsumtif dan hemat di sekolah dan di rumah(56)
· Menjelaskan akibat tidak habisnya makanan atau minuman yang tersisa,
alat tulis atau alat bermain yang tidak terawat(57)
· Menghitung jumlah uang yang
terbuang dari makanan atau minuman yang tidak habis dikonsumsi (58)
· Bertindak hemat dalam mengelola uang melalui menabung atau cara lainnya(59)
· Menjelaskan atau menceritakan pengalaman beramal yang pernah dilakukan(60)
· Menceritakan manfaat beramal bagi diri sendiri dan orang lain(61)
· Menghitung jumlah uang terkumpul dari kegiatan amal yang
diselenggarakan oleh kelas(62)
· Menjelaskan ciri-ciri pecahan uang yang digunakan sehari-hari(63)
· Menaksir harga barang yang digunakan sehari-hari(64)
· Menukar berbagai nilai pecahan uang dengan sejumlah uang pecahan
lainnya(65)
· Menjelaskan berbagai pilihan barang-barang untuk dibeli dengan sejumlah
uang yang tersedia(66)
· Menjelaskan alasan memilih barang-barang untuk dibeli dengan sejumlah
uang yang tersedia(67)
· Menentukan kembalian uang dari praktek permainan jual-beli barang
dengan berbagai cara(68)
§
Menceritakan
kembali masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat,
berat benda, atau penggunaan uang(69)
§
Menggambarkan
masalah sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat,
berat benda, atau penggunaan uang(70)
§ Menulis model/kalimat matematika dari masalah sehari-hari
yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda, atau
penggunaan uang(71)
§ Menentukan penyelesaian dari kalimat matematika dan masalah
sehari-hari yang sederhana dan berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian, waktu, panjang benda, jarak suatu tempat, berat benda,
atau penggunaan uang(72)
|
Pembelajaran Minggu Ketiga
·
Memulai
pembelajaran berdoa dengan penuh kekhusuan
·
Peserta didik
dimotivasi dengan yel-yel semangat
·
Peserta didik
secara individu menyampaikan pengalaman yang menyenangkan sesuai dengan
gambar
·
Peserta didik
secara individu menyampaikan pengalaman yang tidak menyenangkan sesuai dengan
gambar
·
Peserta didik
mengamati mata uang logam Rp 25, Rp 50, Rp 100, Rp 200 maupun kertas Rp 500,
dan Rp 1.000 kemudian berdiskusi tentang ciri-ciri
·
Peserta didik di
dalam kelompok menghitung dan menaksir harga barang-barang yang disediakan
·
Menuliskan
informasi tentang jadwal pelajaran, upacara, dan piket yang diberikan oleh
guru dan menyampaikan kepada teman, dan kedua orang tua
·
Peserta didik
berdiskusi tentang nama-nama kenampakan alam yang ada di lingkungan sekitar
sekolah dibantu dengan media gambar
·
Peserta didik
menjelaskan kelestarian alam yang ada di lingkungan tempat tinggal dan
sekitar sekitar sekolah
·
Peserta didik mempraktekan cara menulis dengan posisi duduk yang benar, memegang
pensil yang tepat, membalikan halaman buku dengan benar
·
Peserta didik
dalam kelompok mengamati benda-benda yang ada di kelompok masing-masing dan
memilih benda yang akan dibeli sesuai dengan uang yang tersedia
·
Peserta didik
menyampaikan alasan mengapa memilih benda tersebut untuk dibeli dan peserta
didik mempraktekan mengembalikan uang kembalian dengan tepat
·
Peserta didik
secara bersama-sama mempraktekan gerak dasar lokomotor yang dilandasi
gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana atau tradisional
·
Peserta didik
secara bersama-sama mempraktekan gerak dasar manipulative yang dilandasi
gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana atau tradisional
·
Peserta didik di
dalam kelompok mempraktekan jual beli dan peserta didik melakukan kegiatan
mengembalikan uang kembalian dengan tepat
·
Peserta didik
secara bersama-sama menyanyikan lagu anak dengan pola irama yang bervariasi
·
Peserta didik
menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian
Penilaian
1.
Tertulis
2.
Lisan
3.
Unjuk kerja
4.
portofolio
|
35 menit X 30 JP
|
· Buku sumber/tambahan
· Diri Anak
· Teks doa
· Teks lagu “naik-naik ke puncak gunung”
· Lingkungan
· Media Gambar berhubungan pengalaman yang
menyenangkan
· Gambar tentang nilai mata uang/mata uang asli
· Tabel daftar kebutuhan sehari-hari
· Gambar tentang posisi membaca yang baik dan
benar
· Kalimat sapaan, terima kasih, maaf
· Uang dan
makanan minuman
· Kertas
Karton
· Kalimat pemberitahuan dan larangan
· Rubrik
penilaian
|
Seni
Budaya Prakarya
· Menunjukkan percaya diri
untuk mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari (KI-2,KD-1)
· Mengenal tanggung jawab dan
peduli terhadap alam lingkungan sekitar melalui berkarya (KI-2,KD-4)
·
Mengenal
pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata
dengan alat musik ritmis (KI-3,KD-2)
·
Membedakan
aneka jenis benda bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif
dan olahan makanan (KI-3,KD-4)
· Menyanyikan lagu
anak-anak sederhana dengan pola irama yang bervariasi (KI-4,KD-5)
·
Membuat
karya kreatif dengan mengolah bahan buatan
lingkungan rumah melalui kegiatan bermain lipat, gunting, dan tempel (KI-4,KD-14)
|
· Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengekspresikan karya(73)
· Memperlihatkan sikap tanggung jawab terhadap pemanfaatan benda di alam
sekitar(74)
· Memprakarsai sikap peduli terhadap lingkungan sekitar dengan merapikan
setelah bekerja(75)
·
Menyebutkan
pola irama lagu bertanda birama tiga(76)
·
Menyebutkan
pola bervariasi(77)
·
Menyebutkan
pola irama rata(78)
·
Membedakan
pola irama lagu bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata (79)
·
Menyebutkan
alat-alat musik ritmis sederhana
·
Mengenal judul lagu dan iringannya (80)
· Menunjukkan aneka bahan di lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai
karya kreatif boneka(81)
· Mengumpulkan bahan yang terdapat di lingkungan untuk membuat boneka (82)
· Menyanyi dengan tepuk irama(83)
· Menyanyi dengan tepuk birama(84)
· Menyanyikan lagu sesuai
dengan syair dan makna(85)
· Membaca syair lagu dengan
ucapan yang jelas(86)
·
Menyanyi
lagu sesuai dengan frasering(87)
· Merancang karya kreatif boneka yang dihasilkan dari bahan di lingkungan
sekitar(88)
· Memotong pola dari bahan di lingkungan sekitar untuk dibentuk menjadi
boneka sesuai rancangan(89)
· Menyusun pola menjadi karya kreatif boneka(90)
· Menilai karya boneka diri sendiri dan orang lain(91)
|
Pembelajaran Minggu Keempat
·
Peserta didik
memulai pembelajaran dengan berdoa penuh kekhusuan
·
Peserta didik
secara bersama-sama mengikuti yel-yel semangat
·
Peserta didik
dalam kelompok bercerita tentang sikap hidup hemat energy dibantu dengan
media gambar
·
Peserta didik
mencatat contoh sikap hemat energy
·
Peserta didik
mempraktekan sikap hemat energy dalam kelas dan dalam kehidupan sehari-hari
·
Peserta didik
menceritakan sikap dalam kehidupan
sehari-hari terkait dengan sikap hidup hemat energy secara runut
·
Peserta didik
menuliskan kalimat yang berhubungan denga hemat energy dengan tulisan tegak
bersambung
·
Peserta didik
menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan
·
Peserta didik
berdasarkan cerita Menggambarkan masalah yang berhubungan dengan penjumlahan
dan pengurangan
·
Peserta didik
berdasarkan cerita menuliskan kalimat matematika dari masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
·
Peserta didik
berdasarkan cerita menyelesaikan kalimat
matematika dan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan
·
Peserta didik
peserta didik membuat hasil karya dengan mengolah bahan buatan di lingkungan
rumah melalui kegiatan bermain lipat, gunting, tempel
·
Peserta didik
menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan Perkalian dan pembagian
·
Peserta didik
berdasarkan cerita Menggambarkan masalah yang berhubungan dengan perkalian
dan pembagian
·
Peserta didik
berdasarkan cerita menuliskan kalimat matematika dari masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian
·
Peserta didik
berdasarkan cerita menyelesaikan
kalimat matematika dan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
perkalian dan pembagian
·
Peserta didik
melakukan kegiatan berlari dan melakukan gerakan melayang seperti burung,
gerak mendarat, gerak berpindah, ayunan, putaran, dan tolakan
·
Peserta didik
secara individu menyampaikan kegiatan sehari-hari secara runut
·
Peserta didik
dalam kelompok mengemukakan kejadian yang dialami secara lancar dengan artikulasi yang jelas, dan volume
yang enak didengar
·
Peserta didik
menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan waktu, panjang benda,
jarak suatu benda, berat benda, dan penggunaan uang
·
Peserta didik
berdasarkan cerita Menggambarkan masalah yang berhubungan dengan waktu,
panjang benda, jarak suatu benda, berat benda, dan penggunaan uang
·
Peserta didik
berdasarkan cerita menuliskan kalimat matematika dari masalah sehari-hari
yang berkaitan dengan waktu, panjang benda, jarak suatu benda, berat benda,
dan penggunaan uang
·
Peserta didik
berdasarkan cerita menyelesaikan
kalimat matematika dan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan
waktu, panjang benda, jarak suatu benda, berat benda, dan penggunaan uang
Penilaian
1.
Tertulis
2.
Lisan
3.
Unjuk kerja
4.
portofolio
|
35 menit X 30 JP
|
· Buku sumber/tambahan
· Diri Anak
· Teks doa
· Lingkungan
· Media Gambar berhubungan hemat energi
· Gambar tentang nilai mata uang/mata uang asli
· Tabel daftar kebutuhan sehari-hari
· Gambar tentang posisi membaca yang baik dan
benar
· Kalimat sapaan, terima kasih, maaf
· Uang dan
makanan minuman
· Kertas
Karton
· Kalimat pemberitahuan dan larangan
· Rubrik
penilaian
|
Penjas Orkes
·
Menghargai
tubuh sebagai anugrah Tuhan yang tidak ternilai (KI 1-KD 1)
·
Menunjukkan perilaku percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas
fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan.( KI 2 KD 1)
·
Menunjukkan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik
dalam bentuk permainan yang menyenangkan (KI 2 – KD 2)
·
Memiliki perilaku hidup sehat (KI 2-KD3)
· Memahami dan mempraktikkan cara menjaga kebersihan
kelas (seperti; piket membersihkan lingkungan kelas, papan tulis) dan lingkungan sekolah (halaman sekolah) (KI 3 –KD3)
· Mengetahui apa yang
dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik
·
Mempraktikkan
variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional (KI 4-KD 1)
·
Mempraktikkan
variasi pola gerak dasar manipulatif yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.(KI 4 –KD3)
·
Mempraktikkan
aktivitas jasmani untuk pengembangan
kecepatan, kelenturan melalui
permainan sederhana
(KI 4-KD4)
·
Mempraktikkan variasi pola gerak dominan dalam senam
(mendarat, gerak berpindah,
ayunan, putaran, tolakan, layangan dan ketinggian)(KI 4-KD6)
|
·
Menyebutkan alat-alat kebersihan yang
digunakan untuk membersihkan kelas(92)
·
Mengidentifikasi jenis
sampah yang ada di halaman sekolah(93)
·
Membuat daftar piket
kelas(94)
·
Menyebutkan apa yang perlu dilakukan
sebelum Mempraktikkan aktivitas fisik(95)
·
Menyebutkan apa yang
dihindarkan sebelum Mempraktikkan aktivitas fisik(96)
·
Menyebutkan apa yang
dihindarkan setelah Mempraktikkan aktivitas fisik(97)
·
Mempraktikkan variasi
gerak mengayun(98)
·
Mempraktikkan variasi
gerak menarik(99)
·
Mempraktikkan variasi
gerak memutar(100)
·
Mempraktikkan variasi
gerak menekuk(101)
·
Mempraktikkan variasi
gerak berjalan(102)
·
Mempraktikkan variasi
gerak berlari(103)
·
Mempraktikan variasi
gerak melompat(104)
·
Mempraktikkan variasi
gerak mengayun(105)
·
Mempraktikkan variasi
gerak menarik(106)
·
Mempraktikkan variasi
gerak memutar(107)
·
Mempraktikkan variasi
gerak menekuk(108)
|
·
Mempraktikkan variasi
gerak melempar
·
Mempraktikkan variasi
gerak menangkap
Mempraktikan variasi
gerak menendang
|
|
|
Comments
Post a Comment