contoh RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : SD NEGERI 16 TANJUNG LAGO
TEMA/SUB TEMA :
Hidup rukun / Hidup rukun
dirumah
PEMBELAJARAN : 2
(dua)
KELAS/SEMESTER :
I/1
ALOKASI WAKTU :
1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI :
1
|
Menerimadanmenjalankanajaran agama yang dianutnya
|
2
|
Memilikiperilakujujur, disiplin, tanggungjawab,
santun, peduli, danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, dan
guru.
|
3
|
Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati
[mendengar, melihat, membaca] danmenanyaberdasarkan rasa
ingintahutentangdirinya, makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda
yang dijumpainya di rumahdan di sekolah
|
4
|
Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang
jelasdanlogis, dalamkarya yang estetis, dalamgerakan yang
mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang
mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia.
|
B. KOPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PPKn
3.3 Memahami makna keberagaman karakteristik individu
di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan
beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.3.2
Menyebutkkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/ hobi.
4.3.2 Menceritakan
kebersamaan keluarga dengan anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi.
Bahasa Indonesia
3.3
Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik
keluarga dengan bantuan
guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku
harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara
mandiri
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.3.3
Mengelompokkan berbagai kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota
keluarga.
3.3.4
Mencatat peran masing-masing anggota keluarga.
4.3.2
Membacakan teks buku harian kegiatan keluarga yang telah ditulis.
4.3.3 Menyimpulkan isi teks
buku harian yang telah ditulis.
PJOK
3.2
Mengetahui konsep gerak variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai
bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi
pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan
sederhana dan atau permainan
tradisional.
Indikator
3.2.1
Mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk
permainan sederhana.
4.2.1 Melakukan gerakan
variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk permainan sederhana.
Matematika
3.1
Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus
satuan).
4.1 Memprediksi pola-pola
bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
Indikator
3.1.2 Menyebutkan banyak benda
dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1.1 Menentukan pola-pola
bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1 Dengan mengamati gambar gerak badan yang dilakukan
Udin dan Mutiara, siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar
nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan teliti.
2 Dengan permainan lingkaran besar dan lingkaran
kecil, siswa dapat melakukan gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor
dengan percaya diri.
3 Dengan membaca teks tentang kegemaran, siswa dapat
menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan
percaya diri.
4 Dengan mengamati gambar operasi hitung menggunakan
kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati
dengan teliti.
5 Dengan mengamati contoh dan tabel cara membaca
lam-bang bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan
teliti.
6.Dengan bimbingan guru, siswa
dapat membilang loncat dengan teliti.
7 Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat
menen-tukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilang-an kurang dari 100
dengan teliti.
8 Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat
membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100
dengan teliti.
9 Dengan kegiatan bertanya dan mengamati contoh
cerita tentang kegemaran, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota
keluarga yang berbeda kegemaran/hobi dengan bahasa santun dan percaya diri.
10 Dengan mengamati gambar dan membaca teks tentang
kegiatan di dalam keluarga, siswa dapat mengelompok berbagai kegiatan
berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
11 Setelah membaca teks tentang kegiatan di dalam
keluarga, siswa dapat mencatat peran masing-masing anggota keluarga dengan
teliti.
12 Dengan bimbingan guru, siswa
dapat menulis buku harian tentang kegiatan hari ini dengan teliti.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
Hidup
rukun
E.
PENDEKATAN DAN METODE
Pendekatan : Saintifik (Mengamati, Menanya,
Mengumpulkaninformasi/eksperimen,
Mengolahinformasi,
Mengkomunikasikan)
Strategi : Cooperatif Learning
Metode : Tanya jawab, Penugasan
F. MEDIA,ALAT,DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
Gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan
Mutiara.
Gambar permainan lingkaran kecil dan lingkaran
besar.
Gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan.
Tabel cara membaca lambang bilangan.
Gambar sisi halaman buku yang berkaitan dengan
barisan bilangan.
Gambar
kegiatan Udin dan Mutiara yang saling membantu.
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
-Mengucapkansalamdanmengajaksemuasiswa
berdo’amenurut
agama dankeyakinanmasing-
masing
(untukmengawalikegiatanpembelajaran)
yangdipimpinsalahsatusiswapiket.
1.
Melakukankomunikasitentangkehadiransiswa
.
2.
Menanyakansesuatu yang
pernahdialamisiswa.
3.
Siswamendegarkanpenjelasan
gurutentangkegiatan yang
akandilakukanhariinidantujuanpembelajarandenganbahasa yang sederhana.
4.
Membukapelajarandengantema
kali iniadalah hidup rukun.
|
5Menit
|
Inti
|
-Siswa mengamati gambar gerak badan yang
dilakukan Udin dan Mutiara, meliputi gambar gerak jalan di tempat, gerak
mengayunkan kaki, gerak memutar lengan.
(mengamati).
-Siswa bertanya tentang gambar yang diamati
(menanya).
-Siswa menjelaskan gambar yang telah diamati
(mengomu-nikasikan).
-Siswa dibimbing menirukan
gerakan berdasarkan gambar yang telah diamati (mencoba).
-Siswa mengamati gambar permainan lingkaran besar
dan lingkaran kecil dengan teliti (mengamati).
-Siswa diberi penjelasan
tentang permainan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil yang akan
dilakukan (mengamati).
-Siswa melakukan permainan lingkaran besar dan
lingkaran kecil di bawah bimbingan guru (mencoba).
-Siswa membaca teks tentang kegemaran (mengamati).
-Siswa menyebutkan berbagai kegemaran/hobi
berdasarkan teks yang telah dibaca (mengomunikasikan).
-Siswa menyebutkan kegemaran/hobi anggota
keluarganya (mengomunikasikan).
-Siswa mengamati gambar cara menghitung benda
dengan menggunakan kubus satuan (mengamati).
-Siswa menyebutkan banyak
benda sesuai gambar yang diamati (mengomunikasikan).
-Siswa mengamati contoh dan tabel cara membaca
lambang bilangan (mengamati).
-Siswa membaca lambang
bilangan berdasarkan tabel. (mengamati).
-Siswa membaca lambang bilangan dari beberapa
bilangan yang dikemukakan guru (mengomunikasikan).
-Siswa mengamati gambar sisi halaman buku yang
berkaitan dengan barisan bilangan (mengamati).
-Siswa dan guru melakukan tanya jawab terkait
gambar yang diamati (menanya).
-Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan
gambar (mangamati).
-Siswa menyebutkan pola bilangan dari barisan
bilangan yang telah diamati (menalar).
-Siswa dibimbing membuat
barisan bilangan dengan pola +2 (mengamati).
-Siswa berlatih membuat barisan bilangan dengan
pola +2 (menalar).
-Siswa diminta bertanya kepada teman tentang
kegemarannya dan kegemaran anggota keluarganya yang lain dengan teliti
(menanya).
-Siswa membaca contoh cerita
tentang kegemaran (mengamati).
-Siswa bercerita kepada teman tentang cara
menjaga kebersamaan dalam keluarga yang berbeda kegemaran (mengomunikasikan).
-Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang
kegiatan dalam keluarga (mengamati).
-Siswa mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan
peran masing-masing anggota keluarga (menalar).
-Siswa mencatat peran masing-masing anggota
keluarga (menalar).
-Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan
hari ini (mencoba).
-Siswa membaca teks yang
telah ditulis pada buku harian dengan teliti (mengomunikasikan).
|
10 Menit
|
Akhir
|
-Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang
berkaitan dengan teks buku harian yang telah ditulis (menalar).
-Siswa mengamati contoh membuat kesimpulan dari
teks buku harian (mengamati).
-Siswa menyimpulkan isi teks
buku harian yang telah ditulis (mengomunikasikan).
|
5 Menit
|
H. PENILAIAN
I.
Penilaiansikap
No
|
Nama
|
PercayaDiri
|
Disiplin
|
BekerjaSama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Agung s
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
bayu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
desih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
·
BT = BelumTampak
·
MT = MulaiTampak
·
MB =MulaiBerkembang
·
SD = SudahMembudaya
II. PenilaianPengetahuan
Lengkapilah
barisan bilangan + 2 berikut dengan teliti!
1.
34 .... .... .... ....
2.
.... 27 .... .... ....
3.
.... .... 48 .... ....
4.
.... .... .... 22 ....
5.
.... .... .... .... 41
III.
PenilaianKeterampilan
no
|
Nama siswa
|
nilai
|
ket
|
1
|
agung
|
4
|
|
2
|
bayu
|
4
|
|
3
|
....
|
|
|
TanjungLago,
06 Juni 2014
Mengetahui Guru
Kelas 2
KepalaSekolah
RIA
NAJUA,S.Pd ZUBAEDAH,S.PD.SD
NIP.
19670520 199104 2 002
Comments
Post a Comment