SILABUS Kelas III Tema 1 : Sayangi Hewan dan Tumbuhan di Sekitar
28
November 2012
SILABUS
Kelas III
Tema 1 : Sayangi Hewan dan Tumbuhan di Sekitar
Sekolah Dasar dan
Madrasah Ibtidaiyah
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2012
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
Kelas :
III
Tema 1 :
Sayangi Hewan dan Tumbuhan di Sekitar
Alokasi Waktu :
3 Minggu
Mata Pelajaran dan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
|
MINGGU 1
|
|
|
PPKn
Mengetahui perlunya sikap patuh pada tata tertib dan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
melalui pengamatan
|
· Memberikan
contoh sikap patuh pada tata
tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan
sehari-hari di rumah
· Memberikan
contoh sikap patuh pada tata
tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan
sehari-hari di sekolah
· Membiasakan
bersikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di rumah
· Membiasakan bersikap patuh pada tata tertib dan aturan
yang berlaku dalamkehidupan
sehari-hari di sekolah
|
· Disajikan
tayangan dalam bentuk gambar mengenai contoh sikap dan perilaku patuh
pada tata tertib dan aturan sesuai dengan ajaran agamanya dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
· Secara
berkelompok menanggapi tayangan yang telah disajikan
·
Membuat
kesimpulan dari hasil pengamatan dan diskusi
Penilaian :
Penialaian menggunakan Skala sikap :
untuk mengetahui sikap dan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan di
rumah dan sekolah
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas III
|
Bahasa Indonesia
Mendengarkan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan
di rumah.
|
·
Bersikap
tertib (menjaga
keheningan) dalam mendengarkan doa
·
Mengambil
sikap duduk atau berdiri dengan berdiam diri
|
· Mendengarkan
pembacaan doa dengan sikap tertib (menjaga keheningan), seperti doa akan
belajar, makan, melakukan suatu pekerjaan, dan lain-lain
· Mencontoh
kata-kata dalam doa yang didengar pada saat berdoa sendiri
Penilaian
Skala sikap: Sikap tertib dalam
mendengarkan doa
|
1 jp
|
Buku Kumpulan Doa
|
Membacakan doa dengan
pengucapan yang baik (K1)
|
·
Melafalkan
kata-kata teks doa dengan jelas
·
Melafalkan
kata-kata teks doa dengan intonasi yang sesuai
|
·
Membaca teks doa dengan jelas dan
intonasi yang sesuai
·
Mengucapkan doa (tanpa teks) dengan
jelas dan intonasi yang sesuai
·
Memberikan saran perbaikan terhadap
pengucapan doa yang dilakukan teman
Penilaian
Unjuk kerja:
Mengucapkan doa dengan jelas dan intonasi yang sesuai
|
1 jp
|
Buku Kumpulan Doa
|
Gemar menggali
informasi melalui membaca dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa
ingin tahu
|
·
Menulis
pokok-pokok informasi yang diperoleh dengan tepat
|
·
Mencari
informasi tentang hewan dan tumbuhan dari berbagai sumber informasi melalui
membaca di perpustakaan, mendengarkankan radio, atau menonton televisi
·
Menulis
pokok-pokok berbagai informasi yang
dibaca, didengar, atau dilihat/ditonton
·
Mendiskusikan
pokok-pokok informasi yang ditulis
·
Membuat ringkasan berbagai informasi yang dibaca,
didengar atau dilihat/ditonton
·
Menyajikan
ringkasan yang dibuat
Penilaian
Tes tertulis:
Menulis informasi yang diperoleh dengan
memperhatikan ketepatan informasi
|
8 jp
|
Buku Tematik Kelas III
Buku-buku di perpustakaan, radio, televisi
|
Matematika
·
Menemukan
sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan
dan perkalian (k3)
|
·
Menemukan sifat
komutatif pada operasi hitung pola penjumlahan
·
Menemukan sifat
komutatif pada operasi hitung pola perkalian
|
·
Melakukan kegiatan eksplorasi dalam kelompok melalui
pengamatan pola penjumlahan menggunakan benda-benda konkrit untuk menemukan
sifat komutatif penjumlahan
·
Mengkomunikasikan sifat komutatif penjumlahan yang
ditemukan menggunakan kata-kata sederhana sesuai dengan pemahaman siswa dan
mendefinisikannya sebagai sifat komutatif penjumlahan
·
Melakukan kegiatan eksplorasi dalam kelompok melalui
pengamatan pola perkalian menggunakan benda-benda konkrit untuk menemukan
sifat komutatif perkalian
·
Mengkomunikasikan sifat komutatif perkalian yang
ditemukan menggunakan kata-kata sederhana sesuai dengan pemahaman siswa dan
mendefinisikannya sebagai sifat komutatif perkalian
PENILAIAN ;
·
Unjuk kerja : menemukan sifat komutatif penjumlahan dan
perkalian
·
|
6 jp
|
§
Buku Tematik Kelas III
|
Penjasorkes :
· Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi
konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
· Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi
konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan
tradisional
· Mempraktikkan kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai
bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional
|
· Mendiskusikan
bentuk permainan kombinasi gerak dasar lokomotor, kombinasi gerak
dasar non lokomotor, kombinasi pola
gerak dasar lokomotor dan manipulatif
· Melakukan berjalan, berlari dengan berbagai variasi.
· Mengkombinasikan gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dengan berbagai
variasi.
· Mengkombinasikan gerak dasar melempar, menangkap, dan memukul bola dalam
bentuk permainan.
|
·
Menyebutkan bentuk
permainan kombinasi gerak dasar lokomotor,
non lokomotor, kombinasi pola gerak dasar
lokomotor dan manipulatif.
·
Mempraktikkan
kombinasi pola gerak dasar jalan, lari dan lompat dalam permainan sederhana,
( misal: berjalan zigzag, berlari melewati lintasan, kemudian melompati
rintangan).
·
Bermain secara
berpasangan dan beregu, mengkombinasikan gerak mengayun, membungkuk dan
menekuk dengan berbagai variasi (misal: saling menggendong berpasangan,
meliukkan badan berpasangan menggunakan alat simpai, tali, ban bekas, kain,
dll)
·
Mempraktikkan
permainan yang dimodifikasi dengan gerak dasar melempar, menangkap, memukul
bola (Bermain kasti, slag ball, boy/melempar tumpukan lempengan dengan bola
yang dilakukan secara beregu, masing-masing regu terdiri atas 5 orang peserta
didik)
Penilaian
·
Lisan: Menyebutkan
bentuk permainan untuk menumbuhkan kebersamaan
·
Unjuk kerja:
1.
Memperagakan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor.
2.
Memperagakan
kombinasi pola gerak dasar non lokomotor.
3.
Memperagakan
kombinasi pola gerak dasar lokomotor dan manipulatif (misal: bermain kasti,
slaghball)
|
12 jp
|
· Buku Tematik Kelas IV
· Bola kecil
· Simpai
· Ban bekas
· Kardus
· Pemukul
· Tempat hinggap
· Lempengan batu
|
Seni budaya dan prakarya
Memuji keunikan kemampuan manusia dalam
berkarya seni dan berkreativitas sebagai anugrah Tuhan.(KI 1)
|
·
Menjelaskan
keunikan karya seni dan karya kreatif
·
Memuji karya seni
dan karya kreatif teman
·
Merawat karya seni
dan karya kreatif yang ada di sekolah
·
Menunjukkan
kebanggaan terhadap karya sendiri
|
·
Mencari tahu karya
seni melalui membaca buku, majalah atau media lain yang ada di sekolah
·
Mengamati berbagai
karya seni
·
Membandingkan ciri
khas karya seni
·
Menjelaskan
perbedaan ciri khas karya seni
·
Membuat karya seni
dan karya kreatif serta merawatnya
·
Mempresentasikan
hasil karya sendiri di depan kelas
·
Penilaian
·
Pengamatan:
Sikap dalam menghargai karya seni (menyimpan dengan
baik, tidak merusak, dll.)
|
6 jp
|
·
Karya seni
·
buku, majalah atau
media lain yang ada di sekolah
(seni)i
|
|
|
MINGGU 2
|
|
|
PPKn
Mengetahui perlunya sikap patuh pada tata tertib dan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
melalui pengamatan
|
· Memberikan
contoh sikap patuh pada tata
tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan
sehari-hari di rumah
· Memberikan
contoh sikap patuh pada tata
tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan
sehari-hari di sekolah
· Membiasakan
bersikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari di rumah
· Membiasakan bersikap patuh pada tata tertib dan aturan
yang berlaku dalamkehidupan
sehari-hari di sekolah
|
· Disajikan
tayangan dalam bentuk gambar mengenai
contoh sikap dan perilaku patuh pada tata
tertib dan aturan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari
di sekolah
· Secara
berkelompok menanggapi tayangan yang telah disajikan
· Membuat kesimpulan dari hasil pengamatan
dan diskusi
Penilaian
:
· Penilaian
produk : Hasil tulisan tentang sikap patuh pada
tata tertib dan aturan dalam kehidupan sehari-hari.
·
Skala
Sikap : untuk mengetahui sikap patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari.
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas III
|
Bahasa Indonesia
·
Menggunakan dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa
yang mengesankan untuk menuliskan kembali dalam beberapa kalimat sederhana
|
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi dongeng,
legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan
·
Menuliskan kembali isi dongeng, legenda, pengalaman,
peristiwa yang mengesankan dalam beberapa kalimat
|
Pembelajaran
§
Mendengarkan pembacaan dongeng, legenda, pengalaman,
peristiwa yang mengesankan
§
Menjawab
pertanyaan tentang isi dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang
mengesankan
§
Mengomentari
tokoh-tokoh (sifat tokoh) dalam
dongeng ,
legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan
§
Menuliskan kembali isi dongeng, legenda, pengalaman,
peristiwa yang mengesankan dalam beberapa kalimat
Penilaian
Tes tertulis: Menjawab pertanyaan isi dongeng, legenda, pengalaman,
dan peristiwa yang mengesankan dan menuliskan kembali isinya dalam beberapa
kalimat sederhana
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas III
Kumpulan dongeng
|
· Menunjukkan
kepedulian terhadap makhluk hidup dalam
kehidupan sehari-hari (K2)
|
· Mampu berdiskusi dengan aturan berdiskusi yang baik
· Mampu membedakan perilaku yang peduli terhadap
lingkungan dengan yang tidak peduli terhadap lingkungan
|
·
Berdiskusi tentang
perilaku yang termasuk peduli dan tidak peduli terhadap makhluk hidup (hewan
dan tumbuhan) dalam kehidupan sehari-hari
·
Menunjukkan
kepedulian terhadap makhluk hidup (hewan dan tumbuhan) berdasarkan hasil
diskusi dalam kehidupan sehari-hari
Penilaian:
|
4 jp
|
|
Matematika
Menemukan sifat-sifat operasi hitung
bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian (k3)
|
·
Menemukan sifat assosiatif pada operasi hitung
penjumlahan
·
Menemukan sifat
assosiatif pada operasi hitung perkalian
|
·
Melakukan kegiatan eksplorasi dalam kelompok melalui
pengamatan pola penjumlahan menggunakan benda-benda konkrit untuk menemukan
sifat assosiatif pada operasi hitung penjumlahan
·
Mengkomunikasikan sifat assosiatif pada operasi
hitung penjumlahan yang ditemukan
menggunakan kata-kata sederhana sesuai dengan pemahaman siswa dan
mendefinisikannya sebagai sifat assosiatif pada operasi hitung penjumlahan
·
Melakukan kegiatan eksplorasi dalam kelompok melalui
pengamatan pola perkalian menggunakan benda-benda konkrit untuk menemukan
sifat assosiatif pada operasi hitung perkalian
·
Mengkomunikasikan sifat assosiatif pada operasi
hitung perkalian yang ditemukan
menggunakan kata-kata sederhana sesuai dengan pemahaman siswa dan
mendefinisikannya sebagai sifat assosiatif pada operasi hitung perkalian
PENILAIAN ;
·
Unjuk kerja : menggunakan sifat assosiatif untuk
memudahkan perhitungan penjumlahan dan perkalian beberapa bilangan
|
6 jp
|
§ Buku Tematik Kelas III
|
Penjasorkes
·
Mempraktikkan
variasi pola gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
·
Mempraktikkan
variasi pola gerak dasar non-lokomotor
yang dilandasi konsep gerak
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan
tradisional
|
|
1. Menirukan
dan memperagakan gerak gerak
hewan dan tumbuhan
2. Menirukan gerk berjalan, lari dan melompat sperti
binatang (sapi, kambing, ayam, kodok dan sebagainya)
3. Menirukan gerak menggeliat seperti binatang (kucing,
ayam, kambing dan sebagainya)
4. Menirukan gerak dedaunan pohon tertiup angin
5. Menirukan pohon tumbuh berdiri kokoh
|
|
|
Seni budaya dan prakarya
Menggambar
dekoratif dari perpaduan antara garis, warna, bentuk dan tekstur
berdasarkan pengamatan di lingkungan
sekitar. (KI 4)
|
·
mencari motif hias daerah sendiri / di Indonesia yang
diperoleh dari jarit, kain, selendang, dll
·
membuat pola untuk membuat gambar dekoratif.
·
menjiplak pola buatan sendiri pada kertas gambar.
·
mewarnai pola hias buatan sendiri.
|
·
Mendiskusikan
cara menggambar dekoratif
·
Merancang
gambar dekoratif dari perpaduan antara garis, warna, bentuk dan tekstur
·
Mengumpulkan
bahan dan alat untuk menggambar
dekoratif
·
membuat
pola untuk membuat gambar dekoratif.
·
menjiplak
pola buatan sendiri pada kertas gambar.
·
Membuat
karya gambar dekoratif dari perpaduan antara garis, warna, bentuk dan tekstur
·
Mengomentari gambar dekoratif hasil karya sendiri dan
karya temannya
Penilaian :
·
Proses
: pembuatan gambar dekoratif
·
Produk: gambar dekoratif
|
6 jp
|
·
Buku tematik kelas 4
·
Karya seni
dekoratif
·
CD seni
|
|
|
MINGGU 3
|
|
|
PPKn
Menerima pentingnya sikap dan perilaku patuh pada
tata tertib dan aturan sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah
|
· Menerima
pentingnya sikap dan perilaku patuh patuh pada tata tertib dan aturan di rumah
· Menerima
pentingnya sikap dan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan di sekolah
|
· Mendengarkan cerita
tentang sikap patuh pada tata tertib
di rumah dan di sekolah yang berkaitan dengan
Cara merawat hewan dan tumbuhan.
· Membuat daftar prilaku menyayangi hewan
dan tumbuhan
· Mengamati gambar
seri tentang cerita cerita hewan dan tumbuhan
· Menggambar hewan
dan tumbuhan yang disayangi
Penilaian
Tertulis ( cara
menyayangi hewan dan lingkungan sekitar)
Produk ( hasil
gambar)
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas III
|
Bahasa Indonesia
·
Menjelaskan secara lisan bagan, gambar tentang daur hidup beberapa jenis makhluk hidup dengan menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dengan
bahasa yang runtut (K4)
· Mengamati daur hidup hewan (kupu-kupu, katak, capung,
belalang) dan melaporkan hasil pengamatan secara tertulis dalam bentuk
uraian, bagan, gambar (K4)
|
·
Menggambar ulat
sebagai bagian dari daur hidup kupu-kupu dan mewarnainya
·
Menyusun laporan
hasil pengamatan tentang daur hidup kupu-kupu
·
Menggambar daur
hidup kupu-kupu
·
Menceritakan daur
hidup hewan kupu-kupu
·
Menceritakan peran
daur hidup kupu-kupu dalam kehidupan
·
Mendeskripsikan
secara tertulis dalam bentuk uraian, bagan, gambar, perbedaan daur hidup
kupu-kupu dan belalang
|
·
Menggambar ulat
sebagai bagian dari daur hidup kupu-kupu dan mewarnainya berdasarkan
pengamatan
·
Mengamati gambar
daur hidup kupu-kupu
·
Mendiskusikan
gambar daur hidup kupu-kupu
·
Menggambar daur hidup kupu-kupu dan mewarnainya
Penilaian:
·
Produk: gambar ulat
dan gambar daur hidup kupu-kupu
·
Menceritakan
tentang daur hidup kupu-kupu
·
Menceritakan peran
daur hidup kupu-kupu untuk kehidupan (misalnya, saat dalam fase kupu-kupu, ia
berguna membantu penyerbukan tumbuhan)
·
Mengamati gambar
daur hidup belalang
·
Menceritakan secara
tertulis dalam
bentuk uraian, bagan, gambar perbedaan daur hidup
kupu-kupu dan belalang
Penilaian:
·
Tes lisan:
menceritakan daur hidup kupu-kupu dan peranannya dalam kehidupanpu-
·
Ter tertulis:
uraian, bagan, gambar perbedaan daur hidup kupu-kupu dan belalang
|
10 jp
|
· Buku tematik kelas 3
· Gambar daur hidup hewan
|
Matematika
Menemukan sifat-sifat operasi hitung
bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian (k3)
|
·
Menemukan sifat
distributif perkalian terhadap penjumlahan
|
·
Melakukan kegiatan eksplorasi dalam kelompok melalui
pengamatan pola penjumlahan menggunakan benda-benda konkrit untuk menemukan
sifat distributif perkalian terhadap penjumlahan
·
Mengkomunikasikan sifat distributif perkalian terhadap
penjumlahan yang ditemukan menggunakan kata-kata sederhana sesuai dengan
pemahaman siswa dan mendefinisikannya sebagai sifat distributif perkalian
terhadap penjumlahan
PENILAIAN :
·
Unjuk kerja : menggunakan sifat distributif perkalian
terhadap penjumlahan untuk memudahkan perhitungan
|
6 jp
|
§ Buku Tematik Kelas III
|
Penjasorkes
|
|
|
|
|
Seni budaya dan prakarya
Menyanyi lagu wajib dan
lagu permainan dari daerah sesuai dengan isi lagu (KI 4)
|
·
Siswa dapat menyanyikan lagu
anak-anak dengan syair yang benar
·
Siswa dapat menyanyikan lagu
wajib dengan syair yang benar
·
Siswa dapat menyanyikan lagu permainan daerah.
|
·
Mencari tahu lagu wajib dan lagu
permainan dari daerah melalui membaca
buku, majalah atau media lain yang ada di sekolah
·
Mendiskusikan lagu
wajib dan lagu permainan dari daerah
·
Menyanyikan lagu wajib dengan
gerakan.
·
Menyanyikan
lagu daerah.
Penilaian :
·
Unjuk kerja : Nyanyi lagu wajib
dan lagu permainan dari daerah sesuai dengan isi lagu
|
6
jp
|
·
Buku tematik kelas
4
·
Buku lagu wajib dan
lagu daerah
·
CD lagu wajib dab
lagu daerah
|
Comments
Post a Comment