silabus kelas III tema pengalaman yang mengesankan
28 November 2012
SILABUS
Kelas III
Tema
2
:
Pengalaman yang Mengesankan
Sekolah
Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN
KEBUDAYAAN
TAHUN 2012
Kelas :
III
Tema 2 :
Pengalaman yang Mengesankan
Alokasi Waktu :
3 Minggu
Mata Pelajaran dan Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran dan
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|
|
MINGGU
1
|
|
|
PPKn
· Melaksanakan
kerja sama dalam keberagaman di rumah dan di sekolah
|
· Memberikan
contoh kerja sama dalam keragaman
di lingkungan keluarga
· Memberikan
contoh kerja sama dalam
keragaman di lingkungan sekolah.
· Membiasakan
kerja sama dalam
keragaman di lingkungan keluarga.
|
· Memperkenalkan
keragaman dalam lingkungan keluarga
· Menuliskan keragaman yang ada didalam lingkungan
keluarga
· Diskusi
contoh-contoh kerjasama yang bisa dilakukan di dalam keluarga
· Bermain
peran melaksanakan kerjasama di dalam keluarga secara kelompok.
· Tanya
jawab mengenai peran yang dilakukan.
Penilaian
Unjuk
kerja( bermain peran kerjasama)
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas
III
|
Bahasa Indonesia
Gemar menggali informasi melalui membaca
dan mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
|
· Menulis pokok-pokok informasi yang diperoleh dengan
tepat
|
· Mencari informasi tentang kisah kehidupan seseorang
dari berbagai sumber informasi melalui membaca di perpustakaan,
mendengarkankan radio, atau menonton televisi
· Menulis pokok-pokok berbagai informasi yang dibaca, didengar, atau
dilihat/ditonton
· Mendiskusikan pokok-pokok informasi yang ditulis
· Membuat
ringkasan berbagai informasi yang dibaca, didengar atau
dilihat/ditonton
· Menyajikan ringkasan yang dibuat
Penilaian
Tes
tertulis:
Menulis informasi yang diperoleh dengan
memperhatikan ketepatan informasi
|
10 jp
|
Buku
Tematik Kelas III
Buku-buku
di perpustakaan, radio, televisi
|
Matematika
Memahami letak bilangan pada garis bilangan (k4)
|
·
Menentukan bilangan yang lebih
kecil atau lebih besar dari bilangan yang diberikan
·
Mengurutkan secara naik atau turun dari sekelompok bilangan yang
diberikan
·
Menempatkan sekelompok bilangan
pada garis bilangan dengan skala tepat
·
Meletakkan sebuah bilangan
dengan tepat di antara dua bilangan
yang diketahui pada garis bilangan
|
·
Mengurutkan kelompok benda
berdasarkan jumlah tiap –tiap kelompok benda dengan urutan naik atau turun
dan menuliskan hasilnya
·
Mengurutkan sekelompok bilangan
berdasarkan urutan naik atau urutan turun
·
Menggambar garis bilangan
dengan cara menempatkan sekelompok bilangan pada garis bilangan dengan
menggunakan skala yang tepat
·
Melengkapi garis bilangan dengan bilangan yang tepat di antara dua bilangan pada garis bilangan yang
diberikan
Penilaian:
·
Tertulis : melengkapi garis
bilangan dengan bilangan yang tepat di antara dua bilangan pada garis
bilangan yang diberikan
|
6 JP
|
§ Buku Tematik Kelas III
|
Penjasorkes :
4.1. Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk
pengembangan koordinasi ,
ketepatan dan daya tahan statis tubuh melalui permainan sederhana.
4.2 Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk
pengembangan kekuatan dan daya tahan statis tubuh melalui permainan yang lebih kompleks
baik secara individu maupun berpasangan.
|
·
Mendiskusikan
bentuk permainan aktifitas jasmani untuk
pengembangan koordinasi ,
ketepatan dan daya tahan
·
Memperagakan aktivitas jasmani untuk
pengembangan koordinasi,
·
Memperagakan aktivitas
jasmani untuk pengembangan
ketepatan.
·
Memperagakan aktivitas jasmani untuk
pengembangan dayatahan statis.
·
Memperagakan
jogging pada route tertentu dengan tugas pada masing masing pos.
·
Memperagakan
bermain olahraga tradisional.
|
·
Menyebutkankan bentuk permainan aktifitas jasmani untuk pengembangan koordinasi , ketepatan dan daya tahan
·
Melakukan variasi dan kombinasi aktivitas jasmani untuk
pengembangan koordinasi :
Penilaian
Unjuk kerja:
1. Memperagakan aktifitas jasmani yang memberi pengaruh
terhadap pengembangan koordinasi
,ketepatan dan daya tahan statis.
2. Memperagakan aktivitas jasmani untuk
pengembangan kekuatan dan daya tahan statis.
3. Memperagakan bermain gobag sodhoor
|
12 jp
|
·
Buku tematik
kelas IV
·
Alat-alat olah
raga
|
Seni budaya dan
prakarya
Berani mengekspresikan diri dalam berkarya,
bernyanyi, dan menari (KI 2)
|
·
Menunjukkan
rasa percaya diri untuk berkarya
·
Menunjukkan
keberanian mencoba untuk berkarya sesuai tema “Pengalaman yang Mengesankan
Menunjukan kebebasan dalam berkarya
|
·
Mencari tahu lagu
mengekspresikan diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari melalui membaca buku, majalah atau media lain yang ada di
sekolah
·
Membuat
laporan informasi yang diperoleh melalui membaca
buku, majalah atau media lain yang ada di sekolah
·
Mendiskusikan
tentang mengekspresikan
diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari
·
Membuat
karya melalui gambar, nyanyian, tarian, atau karya kreatif yang bertema
“Pengalaman yang Mengesankan”
·
Menampilkan
tarian, nyanyi atau karya sendiri dengan percaya diri di depan kelas
Penilaian
·
Pengamatan:
keberanian mengekspresikan dan menampilkan karya
|
6
jp
|
· Buku Tematik kelas 3
· Karya
· Buku Pengambangan diri anak
|
|
|
MINGGU 2
|
|
|
PPKn
· Melaksanakan
kerja sama dalam keberagaman di rumah dan di sekolah
|
· Memberikan
contoh kerja sama dalam keragaman
di lingkungan keluarga
· Memberikan
contoh kerja sama dalam
keragaman di lingkungan sekolah.
· Membiasakan
kerja sama dalam
keragaman di lingkungan keluarga.
|
· Mendata berbagai keragaman yang ada di lingkungan
sekolah.(wawancara)
· Menuliskan
keragaman yang ada di dalam lingkungan sekolah
· Diskusi
contoh-contoh kerjasama yang dapat dilaksanakan di sekolah
· Diskusi
contoh kerjasama yang tidak boleh dikerjakan di sekolah.
· Menceritakan pengalaman ketika bekerjasama dengan teman
di sekolah.
Penilaian
·
Tertulis (Menyebutkan contoh-contoh kerja sama dalam keragaman di lingkungan sekolah)
Pengamatan : Mengamati perilaku peserta didik dalam pembiasaan
bersikap positip dalam keragaman di sekolah
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas
III
|
Bahasa Indonesia
·
Menggunakan dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan untuk menuliskan kembali
dalam beberapa kalimat sederhana
|
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi dongeng, legenda,
pengalaman, peristiwa yang mengesankan
·
Menuliskan kembali isi dongeng, legenda, pengalaman,
peristiwa yang mengesankan dalam beberapa kalimat
|
Pembelajaran
·
Mendengarkan pembacaan dongeng, legenda, pengalaman,
peristiwa yang mengesankan
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang
mengesankan
·
Mengomentari
tokoh-tokoh (sifat tokoh) dalam dongeng , legenda,
pengalaman, peristiwa yang mengesankan
·
Menuliskan kembali isi dongeng, legenda, pengalaman,
peristiwa yang mengesankan dalam beberapa kalimat
Penilaian
Tes tertulis:
Menjawab pertanyaan isi dongeng, legenda, pengalaman, dan peristiwa yang
mengesankan dan menuliskan kembali isinya dalam beberapa kalimat sederhana
|
4 jp
|
Buku Tematik Kelas
III
Buku dongeng
|
· Membaca dongeng, puisi anak-anak dan mengungkapkan kembali dalam
permainan peran
|
·
Mengidentifikasi tokoh-tokoh dalam dongeng atau puisi anak-anak
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi dongeng atau puisi anak-anak
·
Memerankan
tokoh –tokoh dalam dongeng atau puisi anak-anak sesuai dengan wataknya
|
· Pembelajaran
- Membaca
dongeng atau puisi anak-anak
- Mengidentifikasi
tokoh-tokohnya
- Pesertaenjawab
pertanyaan tentang isi dongeng atau puisi anak-anak
- Memilih
peran yang sesuai yang ada dalam dongeng atau puisi anak-anak
- Bermain
peran sesuai dengan tokoh yang sudah dipilih
- Menanggapi
pemeranan tokoh yang dilakukan teman
- Menyimpulkan
hasil pemeranan
· Penilaian
Unjuk kerja : Bermain
peran dengan kreteria ekspresi, lafal-intonasi, penjiwaan
|
6 jp
|
Buku Tematik Kelas
III
|
Matematika
Memahami konsep bilangan bulat menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis
bilangan (k3)
|
· Mengenal bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari
· Menuliskan
bilangan bulat positif dan bilangan bulat negative pada garis bilangan
· Menyebut /
membaca lambang bilangan bulat negative dan positif
|
· Mengenal bilangan bulat negatif melalui dua hal yang
berlawanan dalam kehidupan shari-hari (depan-belakang, maju-mundur,
atas-bawah, kiri-kanan, dll)
· Membaca lambang bilangan bulat berdasarkan artinya
Penilaian:
· Lisan : membaca
bilangan bulat dengan tepat dan menyatakan artinya
|
6 jp
|
§ Buku Tematik Kelas III
|
Penjasorkes
|
|
|
|
|
Seni budaya dan
prakarya
Membuat karya seni montase
dengan teknik lipat, tempel, dan gunting dan atau sobek gambar/huruf dari
media cetak. (KI 4)
|
·
Menggunting,
menyobek, dan menempel berbagai bahan menjadi sebuah karya seni montase
·
Merancang
tema baru karya seni montase
·
Memilih
bahan dan alat
·
Mengatur
komposisi penempatan hasil gunting, sobek, dan tempel
|
·
Membuat
rancangan karya seni montase
·
Mengumpulkan
dan memilih alat dan bahan untuk membuat karya seni montase
·
Membuat
(menggunting, menyobek, menempel karya seni montase
·
Menjelaskan
hasil karya seni montase di depan kelas
·
Memberi
komentar terhadap karya seni montase buatan sendiri dan karya temannya
dudepan kelas
Penilaian:
·
Unjuk
kerja: proses membuat montase (menggunting, menyobek, menempel)
· Produk: karya kolase
|
6 jp
|
·
Buku Tematik Kelas 3
·
Buku atau CD kumpulan lagu
daerah
|
|
|
MINGGU
3
|
|
|
PPKn
· Melaksanakan
kerja sama dalam keberagaman di rumah dan di sekolah
|
· Membiasakan
kerja sama dalam keragaman di
lingkungan sekolah.
|
· Merencanakan
pelaksanaan kerjasama membuat majalah
dinding di kelas
· Melaksanakan kegiatan secara kelompok
· Memajang
hasil kerja
Penilaian
:
· produk
|
|
|
Bahasa Indonesia
· Mendengarkan petunjuk, penjelasan, cerita pengalaman teman dan mengajukan
pertanyaan
|
·
Mencatat isi petunjuk, penjelasan, cerita pengalaman yang didengarkan
·
Mengajukan pertanyaan sesuai petunjuk,
penjelasan, atau cerita pengalaman
yang
didengar
|
·
Pembelajaran
-
Mendengarkan petunjuk, penjelasan, atau cerita pengalaman
- Mencatat isi petunjuk, penjelasan, atau cerita pengalaman yang didengarkan
- Mengajukan
pertanyaan terhadap isi petunjuk, penjelasan, atau cerita pengalaman
-
Menuliskan dan menyampaikan ringkasan
isi petunjuk, penjelasan, atau cerita
pengalaman
· Penilaian
Unjuk kerja : Ketepatan pertanyaan yang
diajukan dan kebenaran ringkasan
|
4 jp
|
Buku
Tematik Kelas III
Pengalaman
peserta didik
|
·
Menulis dalam satu paragraf sederhana dan puisi berdasarkan pengalaman atau
pengetahuan sebelumnya
|
§ Menjelaskan
pengalaman atau pengetahuan di
bidang tertentu
§ Menulis paragraf sederhana atau puisi berdasarkan
pengalaman
atau pengetahuan
|
·
Pembelajaran
- Menentukan
pengalaman atau pengetahuan yang
telah dimiliki
- Menjelaskan
pengalaman atau pengetahuan
tersebut
- Menentukan kata-kata kunci untuk menyusun puisi
berdasarkan pengalaman atau
pengetahuan yang sudah dimiliki
- Menulis
puisi berdasarkan kata-kata kunci yang telah ditetapkan
- Menjelaskan
isi puisi dengan bahasa sendiri
- Menanggapi
puisi dan penjelasan teman
· Penilaian
Peserta didik dinilai
dari hasil karya berupa puisi dengan kreteria kesesuaian puisi dengan pengalaman atau pengetahuan yang dimiliki,
diksi, dan rima
|
6 jp
|
Buku
Tematik Kelas III
Pengalaman
peserta didik
|
Matematika
Memahami konsep bilangan bulat menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis
bilangan (k3)
|
· Membandingkan
dan mengurutkan bilangan bulat
|
· Menuliskan bilangan bulat pada garis bilangan menggunakan
skala yang tepat
· Mengurutkan sekelompok bilangan bulat dengan urutan naik atau turun
· Menempatkan sekelompok bilangan pada garis bilangan bulat
dengan skala tepat
· Menyisipkan bilangan yang tepat dari sekumpulan bilangan
bulat agar urutan naik atau turun
PENILAIAN
· Tes Tertulis : menentukan letak suatu bilangan bulat pada
garis bilangan bila dua bilangan bulat lainnya diketahui
|
6 jp
|
§ Buku Tematik Kelas III
|
Penjasorkes
|
|
|
|
|
Seni budaya dan prakarya
Memainkan alat
musik ritmis pola irama bervariasi sambil bernyanyi (KI 4)
|
·
Siswa dapat
memperagakan berbagai cara memainkan alat musik ritmis.
·
Siswa dapat
mengiringi lagu dengan alat musik ritmis.
·
Siswa dapat
mempertunjukkan karya musik kepada anggota kelas lain dengan bermain musik.
|
·
Mencari
tau mengenai alat musik ritmis melalui membaca buku,majalah atau media lain
yang ada disekolah
·
Mendengankan
lagu daerah kaset,VCD atau media lain yang ada disekolah
·
Mendengarkan
penjelasan guru mengenai alat musik ritmis. Dan memperagakanya.
·
Menyanyikan
Dengan bimbingan guru mengiringi lagu dengan alat
musik ritmis.
Penilaian :
·
Unjuk kerja : Memainkan alat musik ritmis pola irama bervariasi
sambil bernyanyi
|
6 jp
|
·
Buku Tematik Kelas 3
·
Buku atau CD kumpulan lagu
daerah
|
Comments
Post a Comment