SILABUS Kelas VI Tema1 :Selamatkan Makhluk Hidup
28 November
2012
SILABUS
Kelas VI
Tema1 :Selamatkan
Makhluk Hidup
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN
2012
Tema: Selamatkan Makhluk Hidup
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Kegiatan Pembelajaran dan Penilaian
|
Sumber Belajar
|
Alokasi Waktu
|
1. PPKN
·
Menunjukkan perilaku rela berkorban dalam keluarga, sekolah dan
lingkungan
|
· melakukan kegiatan membuang sampah pada tempatnya
setiap hari
· melakukan kegiatan menjaga kebersihan di
lingkungan sekitar
· Membiasakan untuk menjaga dan memelihara
lingkungan sekitar
|
Minggu I
· berdoa bersama-samasiswa dibawa ke luar kelas, ke lapangan rumput,
atau tempat di sekitar lingkungan sekolah
·
mengamati lingkungan
· menggambar permukaan kolam, lantai, didnding, dsb.
· mengukur luas kolam, luas
lantai, dinding dsb
·
mengamati jenis-jenis hewan dan makanannya serta
menceritakan peristiwa makan dan dimakan pada mahkluk hidup di lingkungan
sekitar.
·
berdiskusi tentang hasil pengamatan hewan-hewan
yang ada di sekitar
·
mengidentifikasi hewan-hewan yang diamati
(herbivora, karnivora, dan omnivora melalui
gambar/foto)
·
membuat daftar hewan berdasarkan jenis makanannya
·
menggolongkan hewan-hewan yang termasuk (herbivora,
karnivora, dan omnivora) secara berkelompok
·
membuat kliping hewan berdasarkan makanannya (herbivora, carnivora, dan omnivora)
· membandingkan banyaknya, beratnya, tingginya, panjangnya suatu
kelompok hewan dengan kelompok yang lain dengan menggunakan pecahan
· membaca buku tentang makhluk yang disukai dan menuliskan intisarinya
dengan menyebutkan judul, pengarang, dan jumlah halaman
· berimajinasi dan memilih kata untuk puisi
Minggu II
·
mengidentifikasi objek pengamatan
·
mendeskripsikan objek
· mengamati berbagai bangun kandang hewan, pot tumbuhan dan mengitung
volumenya
·
menempelkan gambar-gambar hewan dan jenis
makanannya
·
menggambarkan rantai makanan sederhana dengan
menggunakan kartu bergambar hewan dan
tumbuhan secara berkelompok
·
membuat
bagan peristiwa makan dan dimakan (rantai makanan) secara
individu
·
berimajinasi/ memprediksi peristiwa yang mungkin
terjadi jika tidak ada lagi produsen di dunia ini
· membandingkan banyaknya, beratnya, tingginya, panjangnya suatu
kelompok hewan/tumbuhan dengan kelompok yang lain dengan menggunakan pecahan
· membuat pernyataan dengan menggunakan kata-kata: tidak lebih dari,
paling banyak, paling sedikit, kurang dari dan sebagainya
·
membuat poster tentang kepunahan makhluk hidup
tertentu
·
melakukan simulasi pertolongan tenggelam di air
dengan: mengangkat korban dari posisi telungkup pada bagian perut, bila perut
korban nampak kembung, letakkan korban di atas perut dan tangan di bawah
perutnya untuk mengangkat korban, dilakukan berpasangan atau kelompok.
Minggu III
·
membuat peta konsep hewan yang menyesuaikan diri
dengan lingkungannya
·
berdiskusi tentang kemampuan penyesuaian diri hewan-hewan dalam
memperoleh makanan. contoh: kupu-kupu à
alat penghisap nektar yang panjang (probosis), lebahà
mempunyai bentuk mulut penjilat, jerapah àmempunyai
leher panjang
·
berdiskusi
tentang kemampuan hewan-hewan
dalam melindungi diri dari musuhnya. contoh: bunglonà
mengubah warna tubuhnya, walang sangità
mengeluarkan bau yang sangat menyengat, walang daunà bentuk dan warna tubuh yang menyerupai
daun, kalajengking, kelabang, dan lebah à
mempunyai sengat tubuh ke tubuh musuhnya
·
membuat pidato tentang penyelamatan makhluk hidup
·
bermain peran,
berimajinasi dan memprediksi peristiwa yang mungkin terjadi jika tidak
ada lagi produsen di dunia ini
·
bermain peran berimajinasi dan memprediksi
peristiwa yang mungkin terjadi jika salah satu populasi pada rantai makanan
jumlahnya berkurang
· mengamati, mengumpulkan data tentang jenis dan banyaknya tumbuhan dan
hewan pada suatu populasi dan menyajikan data dalam diagram, tabel, dan
grafik
· menentukan rata-rata dan ukuran pemusatan yang lain
Minggu IV
·
berdiskusi
bahwa bentuk penyesuaian diri tumbuhan
berbeda-beda, contoh: pohon jati à
merontokkan atau menggugurkan daunnya, kaktus à
bentuk daun berduri untuk mengurangi
penguapan, batang kaktus
menyimpan air, terataià
daun berbentuk lebar dan tipis, batangnya memiliki rongga udara, tumbuhan
kantong semarà daun
berbentuk kantong
·
berdiskusi ciri khusus pada beberapa tumbuhan
untuk melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri, atau daun yang
tajam. contoh: bunga mawar à
batang bunga mawar memiliki duri-duri kecil, bunga bugenvilà memiliki
duri panjang-panjang, pohon mangga, kamboja, alamanda à
mengeluarkan getah, buah durian à
memiliki kulit berduri
· membuat pernyataan dengan menggunakan kata-kata: tidak lebih dari,
paling banyak, paling sedikit, kurang dari dan sebagainya
· membandingkan banyaknya, beratnya, tingginya, panjangnya suatu
kelompok tumbuhan dengan kelompok yang lain dengan menggunakan pecahan
· mengerjakan operasi hitung pada pecahan
·
menyebutkan konsep bantuan keselamatan tenggelam
di air /kolam renang (mengangkat korban dari posisi telungkup pada bagian
perut ,nafas buatan dari mulut, membantu denyut jantung).
Minggu V
·
mengungkapkan pengandaian jika menjadi penggagas
sebuah kampanye penyelamatan lingkungan
·
berdiskusi
bahwa ada tumbuhan yang hidup di tanah, di gurun yang kering dan panas serta ada juga
tumbuhan yang hidup di air.
·
mencari dan mengumpulkan data tentang
bentuk-bentuk gejala alam di indonesia dari bahan bacaan yang sesuai dengan
tema gejala alam di indonesia
·
membuat daftar pertanyaan dari teks tentang
gejala alam di indonesia
·
mendiskusikan pertanyaan dan tanggapan tentang
gejala alam di indonesia
· menjelaskan arti data berdasarkan rata-rata, median dan modus dari dua
kumpulan data berbeda, tetapi sejenis
·
melakukan konfirmasi jawaban terhadap masalah
yang dihadapi untuk mempeoleh jawaban masalah
·
mengidentifikasi produk olahan dari sampah
organik di lingkungan sekitar
·
langkah-langkah membuat karya produk dengan bahan
limbah
·
membantu denyut jantung.lakukan pengurutan segera
setelah jantung berhenti berdenyut. letakkan kedua telapak tangan anda dalam
posisi saling bertumpuk di bagian paling bawah dada penderita. tekan dengan
telapak tangan bawah sedalam kurang lebih 5 cm. ulangi tekanan. lakukan 60
tekanan dalam 1 menit.
Minggu VI
· menjelaskan jenis makhluk yang mendekati kepunahan berdasarkan data
dari waktu ke waktu
· membuat pernyataan dengan menggunakan kata-kata: tidak lebih dari,
paling banyak, paling sedikit, kurang dari dan sebagainya
· menyusun model matematika dari masalah yang dihadapi
· melakukan operasi hitung debfgan cepet dan cermat untuk memperoleh
jawaban matematis
·
membuat produk kreatif dengan menggunakan limbah
(go green) organik dan anorganik
· berperan serta secara berkelompok atau individu dalam memelihara
lingkungan sekitarnya (menanam pohon, biopori, membuat tempat sampah dll)
· pemberian nafas buatan. baringkan penderita dalam posisi terlentang.
buka mulut penderita dengan cara menguakkan rahangnya. tutup lubang hidung
penderita. tiup mulut penderita dan lepaskan mulut anda dari mulut penderita
serta perhatikan apakah mulut penderita mengeluarkan kembali udara yang anda
tiupkan. untuk orang dewasa lakukan 12 tiupan selama satu menit, dan untuk
anak-anak diperlukan 20 tiupan tiap menit.
· membaca artikel dari media massa atau elektronik tentang kepunahan
makhluk hidup tertentu dan menyampaikan pesan dalam bentuk poster
|
· Lingkungan sekolah
· lingkungan sekitar
· Rekaman
· Teks
·
Contoh ucapan langsung
·
Film/ rekaman / teks
·
Buku paket
·
Bahan bacaan yang relevan tentang gejala alam di
Indonesia
·
Gambar
·
Objek langsung
·
Contoh puisi
·
Buku
·
CD
kehidupan hewan
·
Kartu bergambar
hewan herbivora, karnivora, dan omnivora serta tumbuhan
·
Majalah
·
Buku aneka ragam hewan
·
Kebun binatang
· Media gambar,
· LKS, majalah, koran, internet, lingkungan
· internet,
·
Gambar karya
kreatif kerajinan dengan bahan dari limbah alam
·
Buku-buku referensi
yang mendukung tari rupa
·
Partitur lagu
tentang alam
·
Buku-buku referensi
yang mendukung seni musik
·
Contoh VCD
tari-tarian yang bertema hewan dan tumbuhan
·
Buku-buku referensi
yang mendukung seni tari
·
Gambar peraga
gerkan cara pertolongan
·
Papan pelampung
·
Topi renang
·
Stop watch
|
|
2. BAHASA
INDONESIA
2.Mendengarkan
penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang
dianutnya) di sekolah dan di rumah.
|
· Menyebutkan kembali doa yang didengarnya.
· Menyebutkan tujuan doa yang didengarnya
|
|||
3.Mengucapkan
doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang dianutnya.
|
· Memberikan contoh membacakan doa dengan benar.
· Menyatakan kembali
|
|||
25. Membaca teks
tentang gejala alam di Indonesia dan mengajukan pertanyaan dan memberikan
tanggapan dalam diskusi
|
· Menemukan pikiran utama dalam teks tentang gejala
alam di Indonesia
· Memberikan contoh-contoh gejala alam dan
penyebabnya
· Menceritakan kembali pokok-pokok pikiran tentang
gejala alam di Indonesia
· Membuat pertanyaan tentang gejala alam dengan
bahasa santun dan mudah dimengerti
· Menyimpulkan hubungan antara bentuk-bentuk gejala
alam dengan kehidupan.
· Mengajukan pertanyaan dengan bahasa yang santun
|
|||
26.Menulis
puisi tentang lingkungan sekitar
|
· mendeskripsikan
lingkungan dalam puisi
· menciptakan puisi dengan tema lingkungan
|
|||
BAHASA INDONESIA/
IPA
Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup dalam kehidupan
sehari-hari
|
· Menyebutkan dan menunjukkan sikap menyayangi
binatang peliharaan melalui bercerita tentang hewan peliharaanya/kesayangan.
· Menyampaikan pengalaman cara memperlakukan dan
pemeliharaan hewan atau tumbuhan perlakuan terhadap hewan kesayangan.
|
|||
Mengamati
dan menyusun laporan tentang peristiwa makan dan dimakan (rantai makanan)
pada hewan, dan cara penyesuaian diri
hewan dan tumbuhan terhadap lingkungan
|
· Mengidentifikasi
hewan herbivora, karnivora, dan omnivora di lingkungan sekitar
· Menyusun laporan
hasil pengamatan
|
|||
|
· Mengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya (herbivora, karnivora, dan
omnivora)
|
|
||
|
·
Menjelaskan
hubungan makan dan dimakan antar mahluk hidup melalui rantai makanan
sederhana
|
|||
|
·
Bermain peran,
berimajinasi dan memprediksi peristiwa yang mungkin terjadi jika tidak
ada lagi produsen di dunia ini
·
Bermain peran berimajinasi dan memprediksi
peristiwa yang mungkin terjadi jika salah satu populasi pada rantai makanan
jumlahnya berkurang
|
|
||
|
·
Membuat peta konsep hewan yang menyesuaikan diri
dengan lingkungannya
·
Menjelaskan
kemampuan penyesuaian diri
hewan-hewan dalam memperoleh makanan
·
Memberikan contoh cara hewan menyesuaikan diri
dengan lingkungan-nya untuk memperoleh makanan
·
Menjelaskan
kemampuan hewan-hewan dalam melindungi diri dari musuhnya
·
Memberikan contoh cara hewan melindungi diri dari musuhnya
|
|||
|
· Menjelaskan peta konsep tumbuhan yang menyesuaikan
dengan lingkungannya
· Menjelaskan
bahwa ada tumbuhan yang hidup di tanah, di
gurun yang kering dan panas serta ada juga tumbuhan yang hidup di air.
·
Menjelaskan
bahwa bentuk penyesuaian diri tumbuhan berbeda-beda
· Memberikan
contoh tentang bentuk penyesuaian diri
pada tumbuhan berbeda-beda
· Membuat
mind mapping tentang tumbuhan, terkait dengan penyesuaian tumbuhan terhadap lingkungannya.
·
Mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa
tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri, atau daun
yang tajam.
·
Memberikan contoh
ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya
|
|||
3.
MATEMATIKA
Membentuk/
menggambar bangun datar gabungan serta menghitung luasnya
|
·
mengukur panjang sisi-sisi permukaan
·
menggambar permukaan kolam, lantai, didnding, dsb
·
Menghitung luas
permukaan
|
|
||
Membentuk/
menggambar bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya
|
·
mengukur
panjang, lebar, dan tinggi
·
menggambar bangun-bangun ruang
·
Menghitung volume
bangun-bangun ruang
|
|||
Menyajikan
hasil pengumpulan data dalam bentuk tabel dan grafik
|
· Mengamati, jenis dan banyaknya tumbuhan dan hewan
pada suatu populasi
· Mengumpulkan data tentang jenis dan banyaknya
tumbuhan dan hewan pada suatu populasi
|
|||
Menjelaskan
arti rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data
|
·
Menentukan rata-rata data
·
Menentukan median
data
·
Menentukan rata-rata data
|
|||
Membandingkan
tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda,
tetapi sejenis
|
· menjelaskan informasi dengan menggunakan ukuran
pemusatan
· Menjelaskan kecenderungan perkembangan
berdasarkan data
|
|
||
Melakukan
operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan sesuai prosedur/aturan
|
·
Menyatakan suatu kuantitas dengan berbagai
pecahan
·
Mengerjakan operasi hitung pecahan
|
|
||
Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri , menentukan kalimat matematika yang sesuai
dan solusi dari masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang
dan data yang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau
tempat bermain serta membuktikan
kebenaran atau masuk akalnya jawaban
|
·
Menyusun model matematika
·
Mengerjakan operasi hitung pecahan
·
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
pecahan
|
|||
4.
SENI BUDAYA DAN PRAKARYA
4.1. Membuat
produk olahan sampah organik dan sampah anorganik di lingkungan
sekitar
|
·
Menyebutkan bahan organik dan organik yang dapat dijadikan produk
olahan
·
Membuat karya dekoratif dan karya kerajinan dari bahan limbah
|
|||
4.2. Memainkan ansambel alat musik campuran dengan membaca partitur yang komposisi
sederhana
|
·
Menyebutkan alat musik ansambel
·
Memainkan alat musik ansambel lagu-lagu tentang alam
|
|||
4.3. Mengeksplorasi gerak tari bertema berdasarkan
pengembangan gagasan dan imajinasi dengan komposisi tari
|
·
Membuat tari dengan tema hewan dan
tumbuhan
·
Menarikan tari bertema binatang dan tumbuhan dengan menggunakan
properti
|
|
||
5. PENJASORKES
5. Mempraktikkan keterampilan
aksi pemberian bantuan keselamatan secara bertanggung jawab, serta melakukan
tindakan (simulasi) resusitasi (pemijatan jantung dan nafas buatan)
|
Aspek
Kognitif
Menyebutkan konsep bantuan
keselamatan tenggelam di air /kolam renang (mengangkat korban dari posisi
telungkup pada bagian perut ,nafas buatan dari mulut, membantu denyut
jantung)
Aspek
Psikomotorik
1. Memperagakan simulasi pertolongan tenggelam di air dengan mengangkat korban dari
posisi telungkup pada bagian perut
2. Memperagakan simulasi pertolongan tenggelam di air dengan pemberian nafas buatan
dalam posisi terlentang
3. Memperagakan simulasi pertolongan tenggelam di air dengan membantu denyut jantung
Aspek Afektif
Menunjukkan perilaku kerjasama, dan percaya diri selama melakukan aktivitas
|
Comments
Post a Comment