SILABUS Kelas I Tema 1 : Diri Sendiri : Jujur, Tertib Dan Bersih Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
SILABUS
Kelas I
Tema
1 : Diri Sendiri : Jujur, Tertib Dan Bersih
Sekolah
Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
TAHUN 2012
JARINGAN KD TEMA 1
SILABUS
KELAS: 1
TEMA
DIRI
SENDIRI : Jujur, Tertib dan Bersih
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
PPKn
· Menerima keberagaman
karakteristik individu (agama, suku, fisik, psikis) sebagai anugerah Tuhan (KI-1)
|
· Menunjukkan sikap menerima keberaganman
karakteristik individu
· Menceritakan tentang perbedaan kemampuan yang
dimiliki teman
|
Kegiatan pembelajaran pada tema ini akan ditempuh
dalam 4 minggu
Minggu Pertama (21 topik)
· Berbaris
di depan kelas dan menyebutkan nomor urut dalam barisan
· Membiasakan
berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
· Mendengarkan
doa yang ucapkan oleh guru
· Bersikap
khusuk (menjaga keheningan) dalam mendengarkan doa
· Menyanyikan lagu “Aku anak Indonesia” ciptaan
AT Mahmud sesuai syair lagu, ucapan jelas dan frasering dengan tepuk irama
dan tepuk birama secara berkelompok
dan individual
· Menggambar wajah dengan bimbingan guru
· Menunjuk anggota tubuh seperti yang digambarkan guru
di depan kelas
· Memperkenalkan identitas diri dengan bahasa yang
santun di depan teman-temannya: Nama,
alamat, hobi dan cita-cita
· Menjelaskan
perbedaan laki-laki dan perempuan
· Menyebutkan jumlah anggota keluarga yang tinggal
serumah dengan siswa
· Menyebutkan pekerjaan atau kegiatan ayah dan ibu sehari-hari
· Menyanyikan lagu-lagu yang berkaitan dengan
ketertiban (seperti lagu “Bangun Tidur)
·
Menyanyikan lagu dengan penuh
percaya diri di depan kelas secara bergiliran (Individu/ kelompok kecil)
·
Di dalam kelompok menyebutkan alasan pentingnya mandi, potong
kuku dan gosok gigi
·
Di dalam
kelompok menyebutkan tentang kegiatan
yang di lakukan di rumah secara bergiliran sambil memandang wajah kawan
bicara, memperlihatkan raut muka yang ramah dan bahasa tubuh yang sesuai
·
Menunjukkan
kebiasaan mematuhi tata tertib yang
dilakukan dalam kehidupan di kelas.
·
Menggunakan
bahasa yang santun pada orang tua,
guru, kepala sekolah, dan temannya
· Di
dalam kelompok menata benda yang ada
di sekitar kelas berdasarkan ukuran besar kecil/panjang pendek
·
mempraktekan gerak dasar berjalan sambil mengamati
lingkungan sekitar dan menyebutkan nama benda-benda yang dilihatnya
·
Mempraktikkan permainan berjalan ke
barbagai arah mengikuti aba-aba dengan percaya diri
·
Mempraktikkan permainan lompat-lompat dengan satu kaki ke
berbagai arah
Penilaian:
· Penilaian melalui pengamatan
menggunakan lembar observasi
· Tes lisan
· Penilaian unjuk kerja (performance)
Minggu Kedua (29 topik)
· Membiasakan
berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
· Mendengarkan
doa yang diucapkan guru
·
Menyanyikan lagu anak tentang anggota tubuh misal
“Dua
mata saya.. sesuai syair lagu, ucapan jelas dan frasering dengan tepuk irama
dan tepuk birama secara berkelompok atau individu
· Mengulang kata-kata dalam lagu
·
Menyebutkan anggota tubuh bagian atas dan
bagian bawah secara Lisan
·
Menunjukkan ciri-ciri bentuk fisik siswa di
depan kelas (?)
·
Menyebutkan nama anggota tubuhnya,kemudian
menyebutkan fungsinya
·
Mengamati gambar rangka dan meraba
bagian rangka pada tubuh (?)
· Bermain mengayunkan lengan dari posisi berdiri,
berdiri dengan lutut, dan duduk selonjor ke berbagai arah dengan percaya diri
· Menggulirkan bola di antara kedua lengan yang
diluruskan, menggulirkan bola antara kedua tungkai yang diluruskan sambil
duduk.
· Menceritakan tentang kegiatan yang dilakukan di
rumah
·
Melakukan praktek menggosok gigi
·
Menjelaskan
cara memakai pakaian seragam tanpa dibantu orang lain
·
Siswa memperagakan cara memakai pakaian
seragam tanpa dibantu orang lain
·
Bermain bersama teman teman tanpa memandang
perbedaan.
·
Menunjukkan
gambar-gambar kepeduliannya terhadap sesama (misal: memberi santunan pada
yatim piatu)
·
Bercerita mengenai perilaku yang harus dilakukan
ketika menemukan barang/uang dirumah dan sekolah, atau perilaku lain
berkaitan dengan kejujuran
· Masing-masing
anak menceritakan potensi (minat/kegemaran) dirinya kepada temannya
·
Lomba menata dan meletakkan dengan rapi benda
di sekitar kelasberdasarkan urutan dan kelompoknya
·
Mengambil benda
dengan ciri yang ditentukan oleh guru, untuk ditempatkan secara urut dari paling
sedikit
·
Mengambil benda
dengan jumlah yang ditentukan oleh guru, untuk ditempatkan secara urut dari
paling sedikit
·
Membilang bilangan
secara urut dari terkecil hingga terbesar
·
Menujukkan gambar orang-orang berpakaian
daerah
·
menyebutkan
gambar tempat ibadah yang diperlihatkan dan menyebutkan agama yang terkait
·
Menjawab pertanyaan daerah asal
orangtuanya dengan santun
·
Menunjukkan perbedaan
tempat fasilitas umum untuk laki-laki dan perempuan (wc, tempat wudhu, tempat
sholat)
·
Menceritakan hasil karya yang dibuatnya di depan kelompok (cerita/tema gambar, warna yang
digunakan)
·
Membilang bilangan secara urut dari terkecil hingga terbesar
·
Memegang alat tulis dengan benar dan menuliskan dengan benar bentuk
lambing bilangan
Penilaian
· Penialian melalui pengamatan
menggunakan lembar observasi
· Tes lisan
· Penilaian unjuk kerja (performance)
Minggu Ketiga (22 topik)
· Membiasakan
berdoa sebelum dan sesudah belajar sesuai dengan agama yang dianutnya
· Mendengarkan
doa yang diucapkan guru
·
Menyanyikan lagu syair lagu “Aku Anak Sehat” dengan memperdengarkan lagu dengan ucapan jelas dan frasering dengan tepuk irama
dan tepuk birama secara individu
·
Membahas isi lagu
tersebut
·
siswa menunjuk gambar dan melakukan tanya jawab tentang tempat ibadah yang ada di sekitarnya dengan artikulasi yang tepat.
· Menyepak bola menggunakan kaki kiri / kanan
dalam formasi lingkaran dengan menunjukkan nilai kerjasama
· Berdiri dengan satu kaki, lengan diluruskan ke
samping dan kaki lainnya di lipat di depan badan, di luruskan ke depan, di
luruskan ke samping
·
Mengamati gambar jantung dan paru-paru
kemudian meraba posisi jantung dan paru-paru masing-masing
·
Menyebutkan apa yang terjadi dengan jantung
dan nafas setelah melakukan aktivitas fisik
·
Memasangkan gambar tentang kepeduliannya terhadap sesama (misal: memberi
santunan pada yatim piatu).
·
Membahas bentuk kepedulian terhadap sesama melalui
media gambar
·
Menceritakan kebiasaan yang baik di rumah dan
sekolah dilanjutkan dengan
·
Bermain peran tentang berperilaku santun
kepada orang lain di lingkungannya dengan mengucapkan sapaan, terima kasih
dan maaf secara tepat
· Tanya jawab tentang aturan di rumah dan di sekolah
·
Menyebutkan ciri-ciri dari benda berbentuk
segitiga atau segiempat yang dibawa dari rumah berdasarkan jumlah sisi,
sudut, dsb.
·
Memegang alat tulis dengan tepat untuk
menghubungkan gambar garis lurus dan lengkung dari titik-titik
· Membuat gambar ekspresi dari bentuk bangun
datar segitiga atau segiempat
· Melompat satu dan dua kaki di atas gambar
bentuk bangun dasar segitiga dan segiempat
·
Membuat bentuk segitiga dan segiempat
menggunakan berbagai media (misalnya: batang korek api, lidi, tusuk gigi,
dll)
· Menyanyikan lagu Dari Sabang Sampai Merauke
dengan diiringi tepukan tangan, jentikan jari atau hentakan kaki
·
Bermain mengayunkan lengan dari posisi
berdiri, berdiri dengan lutut, dan duduk selonjor ke berbagai arah dengan
percaya diri.
· Menyanyikan
lagu tersebut sesuai syair lagu, ucapan jelas dan frasering dengan tepuk
irama dan tepuk birama secara berkelompok/bersama-sama
·
Menggambar
bebas sesuai tema dan Menceritakan gambar yang dibuatnya di depan kelompok (cerita/tema
gambar, warna yang digunakan)
Penilaian
· Penialian melalui pengamatan
menggunakan lembar observasi
· Tes lisan
· Penilaian unjuk kerja (performance)
Minggu Keempat
(23 topik)
·
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
· Mendengarkan
doa yang diucapkan guru
·
Menyanyi lagu yang
berkaitan dengan ketertiban
· Menunjukkan
gambar pakaian daerah dari berbagai suku
· Menunjukkan
gambar pakaian daerah untuk laki-laki dan perempuan dari beberapa daerah (misalnya:
dari Papua, Makassar, Jakarta)
· Menjelaskan
beberapa suku teman-teman yang ada
dalam kelasnya
· Menceritakan
tentang suku teman disebelahnya
· Melakukan permainan kelompok
mengklasifikasikan gambar yang menunjukkan perilaku patuh dan tidak
patuh pada peraturan
· Mendiskusikan manfaat perilaku
tertib pada aturan di kelas dan akibat jika tidak mematuhi peraturan
· Menggambar/Melukis gambar benda kesayanganku yang berbentuk segitiga dan
segiempat menggunakan berbagai media yang disiapkan guru (cat dan kuas, bahan
alam, crayon dll
· Bermain mendeskripsikan nama–nama benda
kesayanganku berdasarkan ciri-cirinya yang berbentuk kotak, bulat dan
tabung
· Menangkap bola/benda yang dilambungkan sendiri dengan cara diam di
tempat, dan sambil berjalan
· Menjawab pertanyaan guru tentang bentuk dan
warna bola yang digunakan
· Menjawab pertanyaan guru tentang otot-otot yang berperan dalam aktivitas berjalan, berlari dan
melompat
· Menggambar ekspresi dengan menggunakan warna-warna primer
·
Menceritakan gambar yang dibuatnya di depan kelompok (cerita/tema
gambar, warna yang digunakan)
· Menyebutkan
dan mengelompokkan benda-benda yang berwarna sama
·
Mendengarkan cerita atau puisi tentang Cita-citaku.
·
menyebutkan cita-citanya
· Menyanyi lagu “Cita-citaku” ciptaan Ibu Sud
secara bersama-sama sesuai
syair lagu, ucapan jelas dan frasering dengan tepuk irama dan tepuk birama
secara berkelompok/bersama-sama
·
Membahas kata-kata dalam lagu
tersebut
· Menyebutkan
apa yang terjadi dengan nafas setelah melakukan aktivitas fisik dan
menyebutkan alasan secara sederhana
· Menyubutkan
apa yang terjadi dengan jantung setelah mempraktikkan aktivitas fisik dan
menyebutkan alasan secara sederhana
· Mempraktikkan
gerak melompat-lompat di tempat sambil berpegangan tangan secara berpasangan
· Memperagakan
gerak bebas mengikuti musik
Penilaian
· Penialian melalui pengamatan
menggunakan lembar observasi
· Tes lisan
· Penilaian unjuk kerja (performance)
|
35 menit X 30 JP X 4 minggu
35 Menit X
30 JP
|
1.
Diri Anak
2.
Lingkungan
3.
Media Gambar pakaian
4.
Benda di sekitar siswa
5.
Model bangun datar dan bangun ruang
6.
Papan berpaku atau sejenis
7.
Karet gelang/ benang
|
·
Menunjukkan perilaku baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan
percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru, sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila. (KI-2)
|
· Bersikap baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli/kasih sayang, dan
percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga,
· bersikap baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan teman
· bersikap baik (jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli/kasih sayang, dan percaya diri) dalam berinteraksi dengan guru
|
|||
· Mengenali keberagaman
karateristik individu melalui pengamatan di rumah dan sekolah (KI-3)
|
· Membedakan
karakteristik fisik,
· Membedakan
karakteristik agama,
· Membedakan
karakteristik suku,
· Membedakan
karakteristik psikis
(senang, pemalu, sedih)
|
|
||
· Mengetahui tata tertib
dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah (KI-3)
|
· Menyebutkan kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
· Menyebutkan tata tertib yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di sekolah
|
|||
· Menyajikan kebersamaan
dalam keberagaman karakteristik
individu di rumah dan sekolah melalui permainan (KI-4)
|
· Menyebutkan
sikap kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di rumah
· Menyebutkan
sikap kebersamaan dalam keberagaman karakteristik individu di sekolah
|
|||
B. Indonesia
· Mendengarkan
penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang
dianutnya) di sekolah dan di rumah. (KI-1)
|
•Bersikap khusuk (menjaga
keheningan) dalam mendengarkan doa
•Mengambil sikap duduk atau
berdiri dengan berdiam diri
|
|||
· Menunjukkan perilaku yang baik dan sopan dalam
mendengarkan dan berbicara pada saat memperkenalkan identitas diri,
bercakap-cakap dengan keluarga, guru, dan teman (KI-2)
|
· Berbicara
mengikuti giliran
· Memandang wajah kawan bicara pada
waktu berbicara
· Memperlihatkan raut muka yang
ramah
· Menanggapi
dengan bahasa tubuh yang sesuai
· Memperkenalkan diri dengan sopan kepada guru dan teman sekelas
· Menceritakan dengan sopan jumlah anggota keluarga
dan pekerjaan orang tua
|
|||
· Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat, terima
kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya (KI-2)
|
•Mengucapkan sapaan yang
sesuai
•Mengucapkan terima kasih
secara tepat
• Mengucapkan maaf secara
tepat
|
|||
· Berkomunikasi secara lisan dengan orang lain dengan
menggunakan informasi tentang data diri, bagian tubuh dan kebutuhan tubuh, lingkungan dan pola
hidup sehat, lingkungan sekitar , buah, tanaman, dan masakan (KI-4)
|
• Menyebutkan nama
diri
• Menyebutkan nama-nama
bagian anggota tubuh
• Menyebutkan kegunaan
anggota tubuh
|
|
|
|
· Berbicara
spontan tentang diri
|
• Mengemukakan hal-hal yang
diminta secara runut
• Mengemukakan kejadian yang
dialami secara lancar
• Melafalkan kata dengan
artikulasi yang jelas
• Berbicara dengan suara
dengan volume suara yang enak didengar
|
|||
· Menerapkan cara membaca (permulaan) dengan cara yang
benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik
halaman buku, memilih tempat dengan cahaya yang terang)
|
•Berposisi duduk secara benar
• Meletakkan bacaan dengan
jarak mata yang benar
•Memegang teks bacaan dengan
tepat
•Membalik buku dengan benar
• Memilih tempat membaca
dengan cahaya yang terang
|
|||
· Menerapkan cara menulis (permulaan) dengan benar
(cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku,
dan memilih tempat dengan cahaya yang terang) (KI-4)
|
•Berposisi duduk secara benar
• Meletakkan buku dengan
jarak mata yang benar
•Memegang alat tulis dengan
tepat
• Memilih tempat menulis
dengan cahaya yang terang
• Menulis garis lurus dan
lengkung dari titik-titik
|
|
|
|
Matematika
· Menunjukkan perilaku rapi dengan menata
benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun
ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar dengan rapi (KI-2)
|
· menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang
kelas berdasarkan bentuk atau ukurannya
· menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang
kelas berdasarkan beratnya
· menata dengan rapi benda-benda di sekitar ruang
kelas berdasarkan urutan kelompoknya
· Meletakkan benda dengan tepat ke dalam kelompok
benda sehingga rapi
|
|||
· Mengenal bangun datar dan bangun ruang
menggunakan benda-benda yang ada di
sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain (KI-3)
|
· Menyebutkan ciri-ciri dari benda berbentuk
segitiga atau segi empat
· Menyebutkan ciri-ciri dari benda berbentuk
kotak, bulat, dan tabung
|
|||
· Membentuk berbagai bangun datar dengan
menggunakan papan berpaku atau media lainnya (KI-4)
|
· Menggambar/melukis berbagai bangun datar
sederhana
· Menggambar/ membentuk segitiga atau segi empat
dengan menggunakan alat sederhana yang memiliki ciri tertentu (misal tinggi
sama atau ciri lainnya)
|
|
||
Penjas Orkes
· Menunjukkan perilaku percaya diri dalam
melakukan berbagai aktivitas fisik dalam bentuk permainan yang menyenangkan (KI-2)
|
· Mampu bekerjasama dengan teman dan guru selama
beraktivitas
· Mampu menampilkan unjuk kerja gerak tanpa ragu
· Mampu melakukan aktivitas yang ditugaskan tanpa
rasa takut
|
|||
o
Mengetahui
bagian-bagian tubuh manusia dan kegunaannya (KI-3)
|
· Menyebutkan
struktur tubuh
· Menyebutkan
angota tubuh bagian atas dan kegunaannya
· Menyebutkan
anggota tubuh bagian bawah dan kegunaannya
|
|||
· Mengetahui cara menjaga kebersihan diri yang meliputi kebersihan
badan, kuku, kulit, gigi, dan rambut
dan pakaian (KI-3)
|
· Menyebutkan
alasan mengaopa harus mandi, potong kuku, sikat gigi )
· Melakukan
praktek menggososk gigi, potong kuku
|
|
|
|
· Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor yang
dilandasi konsep gerak (konsep :
tubuh, ruang, hubungan, dan usaha) dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional (KI-4)
· Mempraktikkan pola gerak dasar
non-lokomotor yang dilandasi konsep
gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan
tradisional (KI-4)
· Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif yang
dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional (KI-4)
· Mempraktikkan aktivitas jasmani untuk
meningkatkan keseimbangan dan kelincahan tubuh melalui permainan sederhana (KI-4)
· Mempraktikkan
berbagai pola gerak dominan dalam senam (mendarat, gerak berpindah,
ayunan, putaran, tolakan, layangan dan ketinggian) KI-4)
· Mempraktikkan pola gerak dasar senam ritmik sederhana menggunakan pola
lokomotor dan non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan
musik (KI-4)
|
· Memperagakan
gerak dasar berjalan
· Memperagakan
gerak dasar mengayun
· Memperagakan
gerak dasar menggulirkan bola
· Memperagakan
gerak dasar menyepak bola
· Memperagakan
gerak keseimbangan di tempat
· Mempraktikan
gerak melompat dan mendarat dengan dua
kaki
· Memperagakan
gerak melenggok ke berbagai arah
berirama’
· Menyebutkan otot-otot yang berperan dalam
aktivitas berjalan, berlari dan melompat
|
|||
SENI BUDAYA
& DESAIN
· Merasakan keindahan alam dan karya seni sebagai
wujud rasa syukur kepada Tuhan (KI-1, KD-1)
|
· Mengamati alam sekitar
· Mendeskripsikan
alam sekitar yang diamatinya
· Mengungkapkan perasaan syukur pada Tuhan atas anugerah keindahan
alam.
|
|
|
|
· Menunjukkan percaya diri untuk mengekspresikan
diri dalam berkarya, bernyanyi, dan menari (KI-2, KD-1)
|
·
menampilkan karyanya
sendiri didepan temannya
·
mengungkapkan pendapat di depan kelompok
· memutuskan karya apa yang akan dibuatnya
|
|||
· Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam
di lingkungan sekitar sebagai ide untuk berkarya (KI-2, KD-2)
|
·
memperhatikan lingkungan
sekitar secara seksama
·
mengungkapkan rasa ingin
tahu dengan bertanya
·
mengungkapkan rasa ingin
tahu dengan karya
|
|||
·
Mengenal pola irama lagu bervariasi dengan alat
musik ritmis (KI-3, KD-2)
|
· Menyebutkan pola irama rata
· Membedakan pola irama rata
· Menyebutkan alat-alat musik ritmis sederhana
· Mengenal judul lagu dan iringannya
|
|
|
|
· Mengenal gambar ekspresi (KI-3,KD-1)
|
· Menunjukkan warna pokok (kuning merah biru)
· Membedakan warna pokok
· Menyebutkan tema gambar yang dibuat
|
|
|
|
· Menyanyikan lagu anak-anak dan memperagakan tepuk birama dengan gerak (KI-4, KD-5)
|
·
Menyanyi dengan tepuk irama
·
Menyanyi dengan tepuk birama
·
Menyanyikan lagu sesuai dengan syair dan makna
·
Membaca syair lagu dengan ucapan yang jelas
·
Menyanyi lagu sesuai dengan frasering
|
|
|
|
·
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan
pengamatan di lingkungan sekitar (KI-4, KD-1)
|
· Menggambar garis lengkung dan garis patah
· Membuat gambar dengan menggunakan garis lengkung
dan garis lurus
· Menggambar dengan warna pokok
· Menggambar sesuai tema yang ditentukan
|
|
|
Comments
Post a Comment