contoh RPP kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN 11 Sumber Marga Telang
Kelas/Semester : II/I
Tema/Subtema/PB :
Hidup Rukun/Hidup Rukun Dirumah/1
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
PPKn
Kompetensi Dasar
1.2
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
lingkungan rumah dan sekolah.
2.1 Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang,
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan moral
Pancasila.
3.3
Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan
rumah dan sekolah.
Indikator
3.3.1 Menyebutkan keberagaman
anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
4.3.1 Menceritakan
kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima anugerah Tuhan Yang
Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan
sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
2.5 Memiliki perilaku santun dan
jujur dalam percakapan tentang hidup rukun dalam kemajemukan keluarga melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
3.3 Mengenal teks buku harian
tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan
guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.5 Mengenal teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku
harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.5 Menggunakan teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
Indikator
3.3.1 Menentukan
karakter setiap individu di rumah.
3.3.2 Membedakan setiap
invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
3.5.1 Mengidentifikasi
contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.3.1 Menulis teks buku
harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
4.5.1 Membaca
teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga.
MATEMATIKA
Kompetensi Dasar
1.1 Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap cermat dan teliti, jujur,
tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah menyerah
dalam mengerjakan tugas.
3.1 Mengenal bilangan asli sampai
500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan)..
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
Indikator
3.1.1 Membilang sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.2 Menyebutkan banyak benda
dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
4.1.1 Menentukan pola-pola
bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan
menggunakan bilangan kurang 100
SBdP
Kompetensi Dasar
1.1 Menikmati keindahan alam dan
karya seni sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.1 Menunjukkan rasa percaya diri
untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
3.1 Mengenal bahan dan alat serta
tekniknya dalam membuat karya seni rupa
3.2 Mengenal pola irama lagu
bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik
ritmis.
4.3 Menggambar imajinatif dengan
memanfaatkan beragam media
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama tiga.
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi berbagai
pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama
bervariasi lagu bertanda birama tiga.
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa dapat
mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis
secara teliti.
2.
Dengan menggunakan alat musik ritmis, siswa dapat memainkan
pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
3.
Dengan menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki
dan perempuan, siswa dapat menentukan karakter setiap individu di rumah dengan
teliti.
4.
Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat membedakan setiap
individu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.
5.
Dengan teks buku harian Udin, siswa dapat membaca teks
permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan
teliti.
6.
Dengan menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf, siswa
dapat mengidentifikasi contoh sikap
hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
7.
Dengan bimbingan guru, siswa dapat memperagakan contoh ucapan
permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.
8.
Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat membilang sampai
500 dengan teliti.
9.
Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan
banyak benda dengan teliti.
10.
Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat menentukan
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan
teliti.
11.
Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat
pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan
teliti.
12.
Dengan mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan
guru, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD
yang tepat secara teliti.
13.
Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat
menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan
percaya diri.
14.
Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat
menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin
dengan bahasa yang santun dan percaya diri.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan meng-gunakan
alat musik ritmis
2.
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga
3.
Menentukan karakter setiap individu di rumah
4.
Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun
dalam kemajemukan keluarga
5.
Membaca teks permintaan maaf
6.
Membilang sampai 500
7.
Menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan
kurang dari 100
8.
Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga
E. Metode Pembelajaran
1. Metode : penugasan, ceramah,
diskusi, tanya jawab
2. Pendekatan : Scaintific
F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media:
·
Teks lagu “Ruri Abangku”.
·
Contoh teks buku harian Udin.
·
Gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan.
·
Gambar beberapa rak buku yang berkaitan dengan barisan
bilangan +1.
2. Alat : -
3. Sumber ; Nuh
Muhammad. 2014. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G . Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan (10 Menit)
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan kepercayaan masing-masing
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
3. Guru memberikan motivasi kepada
siswa dengan menunjukkan sebuah gambar keluarga inti yang terdiri dari ayah,
ibu dan anak
4. Tanya jawab tentang hidup rukun di
rumah
5. Mengajak siswa untuk berdinamika
dengan menyanyikan lagu “sayang semuanya”
6.
Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “hidup rukun” dengan subtema “hidup
rukun di rumah”.
B. Kegiatan Inti (150 Menit)
1.
Menuliskan pertanyaan beserta jawaban berdasarkan gambar pada
buku siswa.
2.
Guru memperkenalkan alat musik ritmis kepada siswa
(mengamati).
3.
Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” secara bersama-sama
dengan percaya diri (mencoba).
4.
Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Ruri Abang-ku”
sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
5.
Siswa dibimbing memainkan alat musik ritmis (mengamati).
6.
Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dengan memainkan alat
musik ritimis (mencoba).
7.
Siswa diajak menyanyikan lagu lain yang mempunyai birama 2/4
(mencoba).
8.
Siswa mengidentifikasi pola irama pada lagu yang dinyanyikan
tersebut menggunakan alat musik ritmis (menalar).
9.
Siswa memainkan pola irama pada lagu berbirama 2/4
menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
10.
Siswa membedakan pola irama pada lagu “Ruri Abangku” dengan
lagu lain berbirama 2/4 yang telah dinyanyikan tersebut (menalar).
11.
Siswa membaca nyaring syair lagu (mengamati).
12.
Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa (menalar).
13.
Siswa dan guru melakukan tanya jawab sebutan kakak laki-laki
dan perempuan di daerah setempat (menanya).
14. Siswa menyebutkan sebutan kakak
laki-laki dan perempuan yang ada dalam keluarganya (mengomunikasikan).
15. Siswa membaca teks buku harian Udin
(mengamati).
16. Siswa menjawab pertanyaan dari teks
buku harian Udin (menalar).
17. Siswa mengidentifikasi contoh sikap
hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga (menalar).
18. Siswa membaca contoh ucapan permohonan
maaf yang ada pada buku siswa (mengamati).
19. Siswa dan guru melakukan tanya jawab
tentang ucapan permohonan maaf yang santun (menanya).
20. Guru menjelaskan kalimat permohonan
maaf yang santun kepada siswa, kemudian siswa dibimbing memperagakan ucapan
permohonan maaf (mengamati).
21. Siswa memperagakan ucapan permohonan maaf
di depan kelas (mencoba).
C. Kegiatan Penutup (15 Menit)
1. Bersama-sama membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
2.
Bertanya
jawab tentang materi
3.
Melakukan penilaian
hasil belajar
4.
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama masing-masing
H. PENILAIAN
1. Teknik
penilaian
a. Penilaian
sikap : Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan
b. Penilaian
pengetahuan : Tes tertulis
c. Penialain
Keterampilan : Unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
1.
Sikap
No.
|
Nama
Siswa
|
Perubahan Tingkah
Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan dari teks buku harian
Udin
Jumlah Soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 25
Kunci jawaban :
1. Udin meminta maaf karena menyobek buku kakak.
2. Karena tidak sengaja membuat buku kakak sobek.
3. Iya, kakak memaafkan Udin.
4. Udin akan sedih, mereka bisa bertengkar.
5. Peragaan ucapan permohonan maaf (penilaian pada aspek keterampilan).
b. Membilang dengan menggunakan balok dienes
atau kubus satuan
Jumlah soal : 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban : 20
Kunci jawaban :
Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa.
c. Melengkapi barisan bilangan +1
Jumlah soal : 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban : 20
Kunci jawaban :
1.
38, 39, 40, 41, 42
2.
40, 41, 42, 43, 44
3.
44, 45, 46, 47, 48
4.
44, 45, 46, 47, 48
5.
45, 46, 47, 48, 49
3. Keterampilan
a. Menyanyi dengan memainkan alat musik
ritmis
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menyanyi dengan
memainkan alat musik ritmis
b. Memperagakan ucapan permohonan maaf
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian
memperagakan ucapan permohonan maaf
c. Menulis teks buku harian
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis teks
buku harian
Mengetahui,
Mengetahui ............,
......................20……..
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
TUTI,SPd.SD MU’MINAH SP.dSD
NIP :196902151994052001 NIP :196908032008012004
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN 11 Sumber Marga Telang
Kelas/Semester : II/I
Tema/Subtema/PB :
Hidup Rukun/Hidup Rukun Dirumah/2
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar Dan Indikator
PPKn
Kompetensi Dasar
3.3
Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan
rumah dan sekolah.
Indikator
3.3.2 Menyebutkkan keberagaman
anggota keluarga berdasarkan kegemaran/ hobi.
4.3.2 Menceritakan kebersamaan keluarga dengan
anggota keluarga yang berbeda kegemaran/hobi.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.3 Mengenal teks buku harian
tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan
guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.3 Mengungkapkan teks buku
harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.3.3 Mengelompokkan berbagai
kegiatan berdasarkan peran masing-masing anggota keluarga.
3.3.4 Mencatat peran
masing-masing anggota keluarga.
4.3.2 Membacakan teks buku harian
kegiatan keluarga yang telah ditulis.
4.3.3 Menyimpulkan isi teks buku harian yang telah
ditulis.
Matematika
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal bilangan asli sampai
500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan)..
4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana
menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100
Indikator
3.1.2 Menyebutkan banyak benda
dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
3.1.3 Membaca lambang bilangan
sampai 500.
3.1.8 Membilang loncat.
4.1.1 Menentukan pola-pola
bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2 Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan
menggunakan bilangan kurang 100.
PJOK
Kompetensi Dasar
3.2 Mengetahui konsep gerak
variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi pola gerak dasar
non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi gerakan
variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk permainan sederhana.
4.2.1 Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar
non-lokomotordalam bentuk permainan sederhana.
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan mengamati gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan
Mutiara, siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar
nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan teliti.
2.
Dengan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil, siswa
dapat melakukan gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor dengan percaya
diri.
3.
Dengan membaca teks tentang kegemaran, siswa dapat menyebutkan
keberagaman anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan percaya diri.
4.
Dengan mengamati gambar operasi hitung menggunakan kubus
satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati dengan
teliti.
5.
Dengan mengamati contoh dan tabel cara membaca lam-bang
bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
6.
Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan
teliti.
7.
Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat menentukan
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilang-an kurang dari 100 dengan
teliti.
8.
Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat membuat
pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan
teliti.
9.
Dengan kegiatan bertanya dan mengamati contoh cerita tentang
kegemaran, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang
berbeda kegemaran/hobi dengan bahasa santun dan percaya diri.
10.
Dengan mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan di
dalam keluarga, siswa dapat mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran
masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
11.
Setelah membaca teks tentang kegiatan di dalam keluarga,
siswa dapat mencatat peran masing-masing anggota keluarga dengan teliti.
12.
Dengan bimbingan guru, siswa dapat menulis buku harian tentang
kegiatan hari ini dengan teliti.
13.
Dengan menggunakan teks buku harian yang telah ditulis, siswa
dapat membaca teks buku harian kegiatan keluarga dengan teliti dan percaya
diri.
14. Dengan menjawab
pertanyaan dan mengamati contoh membuat kesimpulan teks buku harian, siswa
dapat me-nyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis dengan teliti.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Mengidentifikasi Gerakan Variasi Pola Gerak Dasar
Nonlokomotor Dalam Bentuk Permainan Sederhana
2.
Melakukan Gerakan Variasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor
3.
Menyebutkan Keberagaman Anggota Keluarga Berdasarkan
Kegemaran/Hobi
4.
Mengidentifikasi Contoh Sikap Hidup Rukun Dan Tidak Rukun
Dalam Kemajemukan Keluarga
1.
5 Membaca Lambang Bilangan Sampai 500
5.
Membilang Loncat
6.
Menentukan Pola-Pola Bilangan Sederhana Menggunakan Bilang-An
Kurang Dari 100
7.
Menceritakan Kebersamaan Dengan Anggota Keluarga Yang Berbeda
Kegemaran/Hobi
8.
Buku Harian Tentang Kegiatan Hari ini
E. Metode Pembelajaran
1. Metode : penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab
2. Pendekatan : Saintific
F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media:
ü Gambar gerak
badan yang dilakukan Udin dan Mutiara.
ü Gambar permainan
lingkaran kecil dan lingkaran besar.
ü Gambar operasi
hitung menggunakan kubus satuan.
ü Tabel cara
membaca lambang bilangan.
ü Gambar sisi
halaman buku yang berkaitan dengan barisan bilangan.
ü Gambar kegiatan
Udin dan Mutiara yang saling membantu.
2. Alat : -
3. Sumber ; Nuh
Muhammad. 2014. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan (10 Menit)
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan kepercayaan masing-masing
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
3. Guru memberikan motivasi kepada
siswa dengan menunjukkan sebuah gambar keluarga inti yang terdiri dari ayah,
ibu dan anak
4. Tanya jawab tentang hidup rukun di
rumah
5.
Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “hidup rukun” dengan subtema “hidup
rukun di rumah”.
B. Kegiatan Inti (150 Menit)
·
Siswa mengamati gambar gerak badan yang dilakukan Udin dan
Mutiara, meliputi gambar gerak jalan di tempat, gerak mengayunkan kaki, gerak
memutar lengan.
(mengamati).
·
Siswa bertanya tentang gambar yang diamati (menanya).
·
Siswa menjelaskan gambar yang telah diamati
(mengomu-nikasikan).
·
Siswa dibimbing menirukan gerakan berdasarkan gambar yang
telah diamati (mencoba).
·
Siswa mengamati gambar permainan lingkaran besar dan
lingkaran kecil dengan teliti (mengamati).
·
Siswa diberi penjelasan tentang permainan permainan lingkaran
besar dan lingkaran kecil yang akan dilakukan (mengamati).
·
Siswa melakukan permainan lingkaran besar dan lingkaran kecil
di bawah bimbingan guru (mencoba).
·
Siswa membaca teks tentang kegemaran (mengamati).
·
Siswa menyebutkan berbagai kegemaran/hobi berdasarkan teks
yang telah dibaca (mengomunikasikan).
·
Siswa menyebutkan kegemaran/hobi anggota keluarganya
(mengomunikasikan).
·
Siswa mengamati gambar cara menghitung benda dengan
menggunakan kubus satuan (mengamati).
·
Siswa menyebutkan banyak benda sesuai gambar yang diamati
(mengomunikasikan).
·
Siswa mengamati contoh dan tabel cara membaca lambang
bilangan (mengamati).
·
Siswa membaca lambang bilangan berdasarkan tabel.
(mengamati).
·
Siswa membaca lambang bilangan dari beberapa bilangan yang
dikemukakan guru (mengomunikasikan).
·
Siswa mengamati gambar sisi halaman buku yang berkaitan
dengan barisan bilangan (mengamati).
·
Siswa dan guru melakukan tanya jawab terkait gambar yang
diamati (menanya).
·
Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan gambar
(mangamati).
·
Siswa menyebutkan pola bilangan dari barisan bilangan yang
telah diamati (menalar).
·
Siswa dibimbing membuat barisan bilangan dengan pola +2
(mengamati).
·
Siswa berlatih membuat barisan bilangan dengan pola +2
(menalar).
·
Siswa diminta bertanya kepada teman tentang kegemarannya dan
kegemaran anggota keluarganya yang lain dengan teliti (menanya).
·
Siswa membaca contoh cerita tentang kegemaran (mengamati).
·
Siswa bercerita kepada teman tentang cara menjaga kebersamaan
dalam keluarga yang berbeda kegemaran (mengomunikasikan).
·
Siswa mengamati gambar dan membaca teks tentang kegiatan
dalam keluarga (mengamati).
·
Siswa mengelompok berbagai kegiatan berdasarkan peran
masing-masing anggota keluarga (menalar).
·
Siswa mencatat peran masing-masing anggota keluarga
(menalar).
·
Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan hari ini
(mencoba).
·
Siswa membaca teks yang telah ditulis pada buku harian dengan
teliti (mengomunikasikan)
·
Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teks
buku harian yang telah ditulis (menalar).
·
Siswa mengamati contoh membuat kesimpulan dari teks buku
harian (mengamati).
·
Siswa menyimpulkan isi teks buku harian yang telah ditulis
(mengomunikasikan).
C. Kegiatan Penutup (15 menit)
1. Bersama-sama membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
2.
Bertanya
jawab tentang materi
3.
Melakukan
penilaian hasil belajar
4.
Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama masing-masing
H. PENILAIAN
1. Teknik
penilaian
a. Penilaian
sikap : Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan
b. Penilaian
pengetahuan : Tes tertulis
c. Penialain
Keterampilan : Unjuk kerja
2. Bentuk Instrumen Penilaian
1. Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks buku
harian yang ditulis
Jumlah Soal: 3 buah
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
Disesuaikan dengan teks buku harian yang ditulis
siswa.
b. Melengkapi deret bilangan berpola +2
Jumlah soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci jawaban
1.
34, 36, 38, 40, 42
2.
25, 27, 29, 31, 33
3.
44, 46, 48, 50, 52
4.
16, 18, 20, 22, 24
5.
33. 35, 37, 39, 41
3. Keterampilan
a. Bermain lingkaran besar dan lingkaran kecil
penilaian: observasi (pengamatan)
Lembar pengamatan bermain lingkaran besar dan
lingkaran kecil
No.
|
Kriteria
|
Terlihat (√)
|
Belum terlihat (√)
|
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
b. Membaca lambang bilangan
penilaian: unjuk kerja
Rubrik membaca lambang bilangan
|
c. Menulis teks buku harian
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis teks
buku harian
d. Membaca dan menyimpulkan teks buku harian
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik membaca dan
menyimpulkan teks buku harian
Mengetahui ..............,......................20……..
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
TUTI,SPd.SD MU’MINAH SP.dSD
NIP :196902151994052001 NIP :196908032008012004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN 11 Sumber Marga Telang
Kelas/Semester : II/I
Tema/Subtema/PB :
Hidup Rukun/Hidup Rukun Dirumah/3
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
SBdP
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal bahan dan alat serta
tekniknya dalam membuat karya seni rupa
4.1 Menggambar ekspresi dengan
mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di
lingkungan sekitar
3.2 Mengenal pola irama lagu
bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik
ritmis.
4.8 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi
bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
4.3.1 Menggambar imajinatif
dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
3.2.2 Menunjukkan pola irama lagu
bertanda birama tiga pada alat musik ritmis.
4.8.1
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5 Mengenal teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan
maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara
mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.1 Mengidentifikasi contoh
sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
3.5.2 Membedakan contoh sikap
hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.1 Membaca teks permintaan maaf tentang sikap
hidup rukun dalam kemajemukan
Matematika
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal bilangan asli sampai
500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1
Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang
kurang dari 100.
Indikator
3.1.3 Membaca lambang bilangan
sampai 500.
3.1.8 Membilang loncat.
4.1.1 Menentukan pola-pola
bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
4.1.2
Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan menyanyikan lagu “Main Ayunan”, siswa dapat menunjukkan
berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis secara teliti.
2.
Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan pola irama
bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
3.
Dengan bimbingan guru, siswa dapat mengubah syair lagu “Main
Ayunan” menjadi sebuah cerita dengan menggunakan bahasa yang santun.
4.
Dengan mengamati alam sekitar, siswa dapat mengidentifikasi
bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa dengan teleti.
5.
Dari teks cerita yang telah dibuat, siswa dapat menggambar
imajinatif dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar dengan teliti.
6.
Dengan menggunakan teks percakapan “Buku Kakak Sobek”, siswa
dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga dengan santun dan percaya diri.
7.
Dengan membaca teks percakapan “Buku Kakak Sobek”, siswa
dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
dengan teliti.
8.
Dengan beberapa contoh sikap yang dikemukakan guru, siswa
dapat membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan
keluarga dengan teliti.
9.
Dengan berdiskusi sesama teman sebangku, siswa dapat membaca
membaca lambang bilangan sampai 500 dengan teliti.
10.
Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan
teliti.
11.
Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat menentukan
pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan
teliti.
12.
Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat
pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100 dengan
teliti.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Menunjukkan Berbagai Pola Irama Lagu Dengan Menggunakan Alat Musik
Ritmis
2.
Memainkan Pola Irama Bervariasi Lagu Bertanda Birama Tiga
3.
Mengubah Syair Lagu “Main Ayunan” Menjadi Sebuah Cerita
4.
Mengidentifikasi Bahan-Bahan Dalam Membuat Karya Seni Rupa
5.
Menggambar Imajinatif Dengan Memanfaatkan Media Di Lingkungan
Sekitar
6.
Membaca Teks Permintaan Maaf Untuk Menjaga Sikap Hidup Rukun
Dalam Kemajemukan Keluarga
7.
Membedakan Contoh Sikap Hidup Rukun Dan Tidak Rukun Dalam
Kemajemukan Keluarga Dengan
8.
Menggunakan Bilangan Kurang Dari 100
E. Metode Pembelajaran
1. Metode : penugasan, ceramah,
diskusi, tanya jawab
2. Pendekatan : Scaintific
F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media:
·
Teks lagu “Main Ayunan”.
·
Gambar Udin dan Mutiara bermain ayunan.
·
Teks bermain peran “Buku Kakak Sobek”.
·
Gambar kartu bilangan yang ditempelkan
pada ayunan.
2. Alat : -
3. Sumber ; Nuh
Muhammad. 2014. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan (10 Menit)
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan kepercayaan masing-masing
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
3. Guru memberikan motivasi kepada
siswa
4. Tanya jawab tentang hidup rukun di
rumah
5. Mengajak siswa untuk berdinamika
dengan menyanyikan lagu “main ayunan”
6.
Menginformasikan
tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang “hidup rukun” dengan subtema “hidup
rukun di rumah”.
B. Kegiatan Inti (150 Menit)
1.
Siswa dibimbing memainkan pola irama lagu “Main Ayunan”
dengan menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
2.
Siswa memainkan pola irama bervariasi pada lagu “Main Ayunan”
dengan menggunakan dua alat musik ritmik yang berbeda (mencoba).
3.
Guru membacakan syair lagu seperti membaca puisi, siswa
diminta menyimak (mengamati).
4.
Siswa membaca syair lagu seperti yang telah dicontohkan guru
(mencoba).
5.
Siswa membuat pertanyaan yang berkaitan dengan teks lagu
“Main Ayunan” (menanya).
6.
Siswa menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dengan teman.
7.
Siswa menjawab pertanyaan yang ditukarkan (menalar).
8.
Siswa mengubah syair lagu “Main Ayunan” menjadi sebuah cerita
menggunakan bahasa yang santun (menalar).
9.
Siswa mengamati alam sekitar (mengamati).
10.
Siswa mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni
rupa berdasarkan pengamatan (mencoba).
11.
Siswa menyebutkan alat dan bahan yang biasa digunakan dalam
menggambar. (mengomunikasikan)
12.
Siswa menghias cerita yang telah ditulis dengan menggambar
imajinatif menggunakan pensil warna atau krayon (mencoba).
13.
Siswa bermain peran berdasarkan teks percakapan “Buku Kakak
Sobek” dengan percaya diri (mencoba).
14.
Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dalam
kemajemukan keluarga (menalar).
15.
Siswa membedakan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun
dalam kemajemukan keluarga berdasarkan beberapa contoh yang dikemukakan guru
(mencoba).
16.
Siswa berdiskusi dengan teman sebangku tentang cara membaca
lambang bilangan yang ada pada gambar dengan santun (menanya).
17.
Siswa secara bergantian membaca lambang bilangan yang pada
gambar tersebut (mengomunikasikan).
18.
Siswa mengamati sebuah barisan bilangan (mangamati).
19.
Siswa menyebutkan pola bilangan pada barisan bilangan yang
diamati (menalar).
20.
Siswa melengkapi barisan bilangan berpola +3 (menalar).
C. Kegiatan Penutup (15 Menit)
1.
Siswa kembali menyanyikan lagu “Main Ayunan” mengguna-kan
alat musik ritmis.
2.
Siswa ditugaskan menuliskan kalimat permohonan maaf yang
santun.
3.
Siswa ditugaskan menentukan pola bilangan dari beberapa deret
bilangan yang dikemukakan guru.
4. Bersama-sama membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
5.
Bertanya
jawab tentang materi
H. Penilaian
1. Teknik
penilaian
a. Penilaian
sikap : Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan
b. Penilaian
pengetahuan : Tes tertulis
c. Penialain
Keterampilan : Unjuk kerja
2. Bentuk
Instrumen Penilaian
1. Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
Penilaian: Skor
a. Membuat pertanyaan berdasarkan teks lagu
Banyak soal : 1 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 100
Jawaban disesaikan dengan pendapat siswa.
b. Melengkapi deret bilangan berpola +3
Banyak soal: 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor jawaban: 20
Kunci Jawaban:
1. 27, 30, 33, 36, 39
2. 29, 32, 35, 38, 41
3. 38, 41, 44, 47, 50
4. 42, 45, 48, 51, 54
5. 42, 45, 48, 51, 54
3. Keterampilan
c. Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
d. Mengubah syair lagu menjadi cerita dengan berkreasi
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian
mengubah syair lagu menjadi cerita dengan berkreasi
e. Bermain peran
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik bermain peran
f. Membaca lambang bilangan
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik membaca lambang bilangan
Menyetujui, ...........,
......................20……..
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
TUTI,SPd.SD MU’MINAH SP.dSD
NIP :196902151994052001 NIP :196908032008012004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN 11 Sumber Marga Telang
Kelas/Semester : II/I
Tema/Subtema/PB :
Hidup Rukun/Hidup Rukun Dirumah/4
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
SBdP
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami gerak sehari-hari
dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11 Menirukan gerak bermain,
berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan
mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
Indikator
3.3.2 Mengelompokkan berbagai
gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
4.11.2 Menirukan gerakan berkebun melalui gerakan
kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung atau
media yang lain.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal bahan dan alat serta
tekniknya dalam membuat karya seni rupa
4.3 Menggambar imajinatif dengan
memanfaatkan beragam media.
3.2 Mengenal pola irama lagu
bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik
ritmis.
4.8 Memainkan pola irama
bervariasi lagu bertanda birama tiga.
Indikator
3.1.1 Mengidentifikasi
bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa.
4.3.1 Menggambar imajinatif
dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar.
3.2.3 Menunjukkan pola irama
bervariasi pada alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama tiga. 4.5.1 Membaca teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam
kemajemukan
PPKn
Kompetensi dasar
3.3 Memahami makna keberagaman
karakteristik individu di rumah dan di sekolah. Memahami makna keberagaman
karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam
teman di lingkungan rumah dan sekolah
Indikator
3.3.2 Menyebutkan keberagaman
anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi
3.3.3 Menjelaskan keberagaman
anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki
4.3.3
Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda
sifat/ karakter
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati beberapa gambar tentang hidup rukun, siswa
dapat mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan
teliti.
2.
Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menyebutkan keberagaman
anggota keluarga berdasarkan kegemaran/hobi dengan percaya diri.
3.
Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat menjelaskan keberagaman
anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan bahasa yang
santun.
4.
Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menceritakan kerja
sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan
bahasa yang santun.
5.
Dengan mengisi kolom pernyataan, siswa dapat menyimpulkan isi
teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga yang
telah dibaca dengan teliti.
6.
Dengan menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan”, siswa dapat
menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis dengan percaya diri.
7.
Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan pola irama
bervariasi lagu bertanda birama tiga menggunakan alat musik ritmis dengan
percaya diri.
8.
Dengan menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan”, siswa dapat
menjelaskan keberagaman anggota keluarga berda-sarkan sifat-sifat yang dimiliki
dengan bahasa yang santun.
9.
Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan kerja sama
dalam melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya
diri.
10.
Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan-bahan
dalam membuat karya seni rupa dengan teliti.
11.
Dengan bimbingan guru, siswa dapat menggambar imaji-natif
dengan memanfaatkan media di lingkungan sekitar. dengan percaya diri.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga
2.
Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan
kegemaran/ menjelaskan keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat
yang dimiliki
3.
Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga
yang berbeda sifat/karakter
4.
Menunjukkan pola irama bervariasi pada alat musik ritmis
5.
Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga
menggunakan alat musik ritmis
6.
Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan kegiatan keluarga
yang berbeda sifat/karakter
7.
Mengidentifikasi bahan-bahan dalam membuat karya seni rupa
8.
Menggambar imaji-natif dengan memanfaatkan media di
lingkungan sekitar
E. Metode Pembelajaran
1. Metode : penugasan, ceramah,
diskusi, tanya jawab
2. Pendekatan : Scaintific
F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media:
·
Gambar sikap hidup rukun dan tidak rukun.
·
Teks lagu Peramah dan Sopan.
2. Alat : -
3. Sumber ; Nuh
Muhammad. 2014. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan (10 Menit)
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan kepercayaan masing-masing
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
3. Guru memberikan motivasi kepada
siswa
4. Tanya jawab tentang hidup rukun di
rumah
5.
Mengamati beberapa gambar tentang contoh sikap hidup rukun
dan tidak rukun yang ada pada buku siswa (mengamati).
B. Kegiatan Inti (150 Menit)
1.
Siswa menunjukkan gambar yang mencerminkan sikap hidup rukun
dan tidak rukun (menalar).
2.
Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan tentang beragam
kegemaran dalam keluarga dengan santun (menalar).
3.
Siswa menyebutkan keberagaman anggota keluarga ber-dasarkan
kegemaran/hobi (mencoba).
4.
Siswa mengisi kolom pernyataan tentang kegemaran anggota
keluarga dengan memberi tanda centang pada pernyataan yang benar menurut siswa
(mengomunikasikan).
5.
Siswa diberi penguatan tentang pentingnya menjaga sikap hidup
rukun kemajemukan keluarga (mengomunikasikan).
6.
Siswa menyanyikan lagu “Peramah dan Sopan” dengan percaya
diri (mencoba).
7.
Siswa menunjukkan pola irama bervariasi pada lagu “Peramah
dan Sopan” dengan menggunakan alat musik ritmis di bawah bimbingan guru
(mencoba).
8.
Siswa menuliskan sifat-sifat baik yang ada pada syair lagu
“Peramah dan Sopan” (menalar).
9.
Siswa menjelaskan keberagaman anggota keluarganya berdasarkan
sifat-sifat yang dimiliki (menalar).
10.
Siswa menceritakan kebersamaan dalam keluarga yang berbeda
sifat/karakter dengan percaya diri (mengomuni-kasikan).
11. mengidentifikasi
bahan-bahan dalam membuat kar-ya seni rupa (menalar).
12.
Siswa menyebutkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam
membuat karya kreasi menempel gambar alat musik (mengomunikasikan).
13.
Siswa menempel gambar alat musik ritmis yang ada pada koran
atau majalah pada kolom yang telah tersedia di buku siswa (mencoba).
14.
Siswa menghias gambar yang telah ditempel dengan
gambar-gambar imajinatif menggunakan pensil warna atau krayon. (mencoba).
C. Kegiatan Penutup (15 Menit)
1.
Siswa ditugaskan menuliskan contoh sikap hidup rukun dan
tidak rukun.
2.
Siswa ditugaskan menuliskan sifat-sifat baik yang perlu
di-terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Siswa ditugaskan membuat karya kreasi gambar imajinatif.
4. Bersama-sama
membuat kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
5.
Bertanya
jawab tentang materi
H. Penilaian
1. Teknik
penilaian
a. Penilaian
sikap : Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan
b. Penilaian
pengetahuan : Tes tertulis
c. Penialain
Keterampilan : Unjuk kerja
2. Bentuk
Instrumen Penilaian
1. Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan berdasarkan gambar
tentang kegemaran
Jumlah Soal: 3 soal
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1.
Tidak, karena mainan yang mereka mainkan
berbeda.
2.
Disesuaikan dengan jawaban siswa.
b. Menuliskan sifat-sifat baik dan buruk yang
terdapat pada syair lagu “Peramah dan Sopan”.
Jumlah Soal: 2 soal
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 50
Kunci Jawaban
1.
peramah, sopan, tak pernah bohong, rajin
bekerja.
2.
Congkak, sombong.
c. Menjawab pertanyaan tentang keberagaman dalam
keluarga.
Jumlah Soal: 3 soal
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1.
Disesuaikan dengan jawaban siswa.
2.
Disesuaikan dengan jawaban siswa.
3.
Disesuaikan dengan jawaban siswa.
3.Keterampilan
a.
Mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun.
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian
mengelompokkan contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun
b. Menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menyanyi sambil memainkan alat musik ritmis
c. Menempel gambar alat musik ritmis dari
majalah atau koran
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian menempel gambar alat musik ritmis dari majalah atau
koran
Mengetahui ............,
......................20……..
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
TUTI,SPd.SD MU’MINAH SP.dSD
NIP :196902151994052001 NIP :196908032008012004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN 11 Sumber Marga Telang
Kelas/Semester : II/I
Tema/Subtema/PB :
Hidup Rukun/Hidup Rukun Dirumah/5
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
PJOK
Kompetensi Dasar
3.2 Mengetahui konsep gerak
variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dan atau permainan tradisional.
4.2 Mempraktikkan variasi pola
gerak dasar non-lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator
3.2.1 Mengidentifikasi gerakan
variasi pola gerak dasar non-lokomotordalam bentuk permainan sederhana.
4.2.1
Melakukan gerakan variasi pola gerak dasar non-lokomotor dalam bentuk permainan
sederhana.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5 Mengenal teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan
maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara
mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.4 Menjelaskan makna hidup
rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.3
Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga.
PPKn
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami makna keberagaman
karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam
teman di lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.3.3 Mennjelaskan keberagaman
anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
4.3.3 Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan
kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati gambar tentang berbagai gerakan aktivitas jasmani,
siswa dapat mengidentifikasi gerakan variasi pola gerak dasar nonlokomotor
dalam bentuk permainan sederhana dengan teliti.
2. Dengan “Permainan Sutradara”, siswa dapat mengidentifikasi gerakan
variasi pola gerak dasar nonlokomotor dalam bentuk permainan sederhana dengan
percaya diri.
3. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan peran permintaan
maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
4. Dengan membaca teks percakapan dan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan
keberagaman anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan
percaya diri.
5. Dengan tanya jawab dan penugasan, siswa dapat menyebutkan cara menjaga
sikap kerukunan dalam keberagaman dengan bahasa yang santun.
6. Dengan penugasan dan diskusi, siswa dapat menceritakan kerja sama dalam
melaksanakan kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter dengan percaya diri.
7. Dengan menjawab pertanyaan, siswa dapat menjelaskan keberagaman anggota
keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan percaya diri.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Mengidentifikasi
Gerakan Variasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor Dalam Bentuk Permainan Sederhana
2.
Mengidentifikasi
Gerakan Variasi Pola Gerak Dasar Nonlokomotor Dalam Bentuk Permainan Sederhana
3.
Menjelaskan
Keberagaman Anggota Keluarga Berdasarkan Sifat-Sifat Yang Dimiliki
4.
Menjelaskan
Keberagaman Anggota Keluarga Berdasarkan Sifat-Sifat Yang Dimiliki
5.
Menyebutkan
Cara Menjaga Sikap Kerukunan Dalam Keberagaman
6.
Menjelaskan
Keberagaman Anggota Keluarga Berdasarkan Sifat-Sifat Yang Dimiliki
E. Metode Pembelajaran
1. Metode : penugasan, ceramah,
diskusi, tanya jawab
2. Pendekatan : Scaintific
F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media:
Gambar berbagai gerakan aktivitas jasmani gerak
nonloko-motor.
Teks bermain peran.
Kartu tanya jawab.
2. Alat : -
3. Sumber ; Nuh
Muhammad. 2014. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan (10 Menit)
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan kepercayaan masing-masing
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
3. Guru memberikan motivasi kepada
siswa
4. Tanya jawab tentang hidup rukun di
rumah
B. Kegiatan Inti (150 Menit)
1.
Siswa mengamati gambar berbagai gerakan aktivitas jasmani
berupa gerakan nonlokomotor berupa gerakan jalan di tempat, mengayunkan kaki,
memutar lengan, menarik dan mendorong, meliukan badan seperti pohon ditiup
angin, dan belalai gajah dengan teliti (mengamati).
2.
Siswa mendeskripsikan gambar yang diamati.
(mengomunikasikan).
3.
Siswa menjelaskan setiap gerakan yang ada pada gambar yang
diamati (mengomunikasikan).
4.
Siswa memeragakan setiap gerakan berdasarkan gambar
5.
melalui “Permainan Sutradara” dengan teliti (mencoba).
6.
Siswa mengamati percakapan Mutiara dan Udin. (mengamati).
7.
Siswa membaca teks percakapan yang telah diamati (mengamati).
8.
Siswa melanjutkan membuat dua dialog lagi dari percakapan
yang telah dibaca (menalar).
9.
Siswa membacakan percakapan yang telah dibuat
(mengomunikasikan).
10. Siswa bermain
peran dengan memeragakan teks percakapan tentang permintaan maaf (mencoba).
11. Siswa
menunjukkan peran permintaan maaf dari teks percakapan yang telah diperagakan
(mengomunikasikan).
12. Siswa dibimbing
membuat kartu tanya jawab dari karton. Kartu tersebut akan digunakan untuk
menulis pertanyaan dan jawaban siswa dari kegiatan menanya yang akan dilakukan
(mencoba).
13. Siswa menuliskan
pertanyaan kepada teman tentang perbedaan pendapat pada kartu yang telah
dibuat. (mengomunikasikan).
14. Siswa saling
menukarkan kartu pertanyaan yang telah ditulis.
15. Siswa menulis
jawaban dari pertanyaan yang terdapat pada kartu (mengomunikasikan).
16. Siswa menuliskan
penyelesaian perbedaan pendapat dalam keluarga dari kegiatan bertanya yang telah
dilakukan (menalar).
17. Siswa
menyimpulkan teks percakapan bermain peran dengan menjawab beberapa pertanyaan
(mengkomunikasikan).
18. Siswa
mempraktekkan berbagai gerakan aktivitas jasmani, seperti: saling mendorong,
saling menarik, memutar badan, mengayun kaki, dan lain-lain.
19. Siswa ditugaskan
menulis contoh kalimat ucapan permintaan maaf kepada anggota keluarga di rumah
dengan bahasa yang santun.
20. Siswa
menyebutkan sifat/karakter anggota keluarganya di rumah.
C. Kegiatan Penutup (15 Menit)
1. Bersama-sama membuat
kesimpulan/rangkuman hasil belajar selama sehari
2.
Bertanya
jawab tentang materi
H. Penilaian
1. Teknik
penilaian
a. Penilaian
sikap : Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan
b. Penilaian
pengetahuan : Tes tertulis
c. Penialain
Keterampilan : Unjuk kerja
2. Bentuk
Instrumen Penilaian
1. Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Teliti
|
Santun
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
Menjawab pertanyaan dari teks percakapan bermain peran
Jumlah Soal: 5 Soal
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci
Jawaban
1.
Udin dan Mutiara.
2.
Udin.
3.
Mutiara.
4.
Karena telah berbicara keras kepada kakak.
5.
Saling mengalah.
3.Keterampilan
a. Menirukan berbagai
gerakan non lokomotor berdasarkan permainan sutradara
Penilaian: observasi (pengamatan)
Lembar pengamatan
menirukan berbagai gerakan nonlokomotor Berdasarkan permainan sutradara
Hasil pengamatan menirukan
berbagai gerakan non lokomotor berdasarkan permainan sutradara
b. Bermain peran
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian
bermain peran
c. Menulis pertanyaan pada kartu tanya jawab
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik menulis pertanyaan pada kartu tanya jawab
Mengetahui ..............,
......................20……..
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
TUTI,SPd.SD MU’MINAH SP.dSD
NIP :196902151994052001 NIP :196908032008012004
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN 11 Sumber Marga Telang
Kelas/Semester : II/I
Tema/Subtema/PB :
Hidup Rukun/Hidup Rukun Dirumah/6
Alokasi Waktu :
1 Hari
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.5 Mengenal teks permintaan maaf
tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks permintaan
maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan teman secara
mandiri bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
3.5.5 Menjelaskan manfaat hidup
rukun dalam kemajemukan keluarga.
3.5.6 Menjelaskan akibat tidak
hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.
4.5.3
Menemukan peran permintaan maaf terhadap sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga.
Matematika
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal bilangan asli sampai
500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
4.1
Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang
kurang dari 100.
Indikator
3.1.3 Membaca lambang bilangan
sampai 500.
3.1.8 Membilang loncat.
4.1.2
Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari
100.
PPKn
Kompetensi Dasar
3.3 Memahami makna keberagaman
karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
4.3 Berinteraksi dengan beragam
teman di lingkungan rumah dan sekolah Berinteraksi dengan beragam teman di
lingkungan rumah dan sekolah.
Indikator
3.3.4 Menunjukkan keberagamaan
anggnota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki.
4.3.3 Menceritakan kerja sama dalam melaksanakan
kegiatan keluarga yang berbeda sifat/karakter.
SBDP
Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal pola irama lagu
bertanda birama tiga, pola bervariasi dan pola irama rata dengan alat musik
ritmis.
4.8 Memainkan pola irama
bervariasi lagu bertanda birama tiga.
Indikator
3.2.4 Menunjukkan pola irama rata
pada alat musik ritmis.
4.8.1 Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda
birama tiga.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan bimbingan guru, siswa dapat membilang loncat dengan
teliti.
2.
Dengan mengamati barisan bilangan, siswa dapat membuat
pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan
teliti.
3.
Dengan mengamati gambar dan tabel cara membaca lambang
bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan samapai 500 dengan teliti.
4.
Dengan berdiskusi, siswa dapat menunjukkan keberagaman
anggota keluarga berdasarkan sifat-sifat yang dimiliki dengan santun dan
percaya diri.
5.
Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup
rukun dalam kemajemukan keluarga dengan bahasa yang santun.
6.
Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan akibat tidak rukun
dalam kemajemukan keluarga dengan bahasa yang santun.
7.
Dengan bertepuk tangan, siswa dapat menunjukkan pola irama
rata pada alat musik ritmis dengan teliti.
8.
Dengan menyanyikan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung”, siswa
dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan teliti
dan percaya diri.
D.
Materi Pembelajaran
1. Mengidentifikasi Gerakan Variasi
Pola Gerak Dasar Nonlokomotor Dalam Bentuk Permainan Sederhana
2. Mengidentifikasi Gerakan Variasi
Pola Gerak Dasar Nonlokomotor Dalam Bentuk Permainan Sederhana
3 Menjelaskan Keberagaman Anggota
Keluarga Berdasarkan Sifat-Sifat Yang Dimiliki
4. Menjelaskan Keberagaman Anggota
Keluarga Berdasarkan Sifat-Sifat Yang Dimiliki
5. Menyebutkan Cara Menjaga Sikap
Kerukunan Dalam Keberagaman
6. Menjelaskan Keberagaman Anggota
Keluarga Berdasarkan Sifat-Sifat Yang Dimiliki
E. Metode Pembelajaran
1. Metode : penugasan, ceramah,
diskusi, tanya jawab
2. Pendekatan : Scaintific
F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media:
Teks cerita rumpang “Berwisata ke Kebun Binatang”.
Gambar dan tabel cara membaca lambang bilangan.
Teks lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung”.
2. Alat : -
3. Sumber ; Nuh
Muhammad. 2014. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Pendahuluan (10 Menit)
1. Mengajak semua siswa berdo’a menurut
agama dan kepercayaan masing-masing
2. Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
3. Guru memberikan motivasi kepada
siswa
B. Kegiatan Inti (150 Menit)
1.
Siswa mengamati teks rumpang “Berwisata ke Kebun
Binatang” (mengamati).
2.
Siswa melengkapi teks rumpang tersebut dengan
kata-kata yang tersedia (menalar). Siswa membaca nyaring teks rumpang yang
telah dilengkapi dengan intonasi yang benar (mengomunikasikan).
3.
Siswa mengamati barisan bilangan berdasarkan
bilangan yang terdapat pada teks (mengamati).
4.
Siswa menyebutkan pola yang membentuk barisan bilangan
yang telah diamati (menalar).
5.
Siswa mengamati sebuah barisan bilangan dengan
pola yang bervariasi (mengamati).
6.
Siswa menyebutkan pola yang membentuk barisan
bilangan yang telah diamati (manalar).
7.
Siswa melengkapi barisan bilangan mengikuti pola
variasi (+2 +3 +2 +3) (menalar).
8.
Siswa mencari sebuah tiket bekas dengan meminta
bantuan ayah, ibu, atau saudara dengan bahasa yang santun (mengamati).
9.
Siswa melaporkan isi tiket sesuai contoh yang
ada pada buku siswa. (mengomunikasikan).
10. Siswa mengamati nomor tiket masuk ke kebun binatang (mengamati).
11. Siswa mengamati gambar kubus satuan, kemudian membacakan lambang
bilangan berdasarkan gambar yang diamati (mengamati).
12. Siswa membaca lambang bilangan yang ada pada tabel dengan teliti
(mengomunikasikan).
13.
Siswa dibagi ke dalam kelompok yang terdiri dari 3 – 5 siswa.
14.
Siswa mendiskusikan jawaban dari pertanyaan tentang keinginan
udin pergi ke kebun binatang dengan bahasa yang santun (menalar).
15.
Dari kegiatan diskusi yang dilakukan, siswa menyimpulkan
manfaat hidup rukun (mengomunikasikan).
16.
Siswa memperhatikan instruksi yang terdapat pada gambar tepuk
tangan (mengamati).
17.
Siswa menunjukkan pola irama rata pada alat musik ritmis
dengan bertepuk tangan. (mengomunikasikan).
18.
Siswa menyanyikan lagu “Naik-Naik ke Puncak Gunung” sambil
bertepuk tangan (mencoba).
19.
Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan lagu
“Naik-Naik ke Puncak Gunung” (menalar).
C. Kegiatan Penutup (15 Menit)
1. Bersama-sama membuat kesimpulan/rangkuman
hasil belajar selama sehari
2.
Bertanya
jawab tentang materi
PENILAIAN
1.
Sikap
1.
Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Melengkapi teks rumpang
Jumlah Soal: 6 Soal
Skor maksimal: 6
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1.
Bangun
2.
Bekal
3.
Macet
4.
Mobil
5.
Tiket
6.
Bernomor
b. Melengkapi barisan bilangan
Jumlah Soal: 5 Soal
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 20
Kunci Jawaban
1.
27, 29, 32, 34, 37
2.
30, 32, 35, 37, 40
3.
36, 38, 41, 43, 46
4.
35, 37, 40, 42, 45
5.
41, 43, 46, 48, 51
c. Menjawab pertanyaan berdasarkan teks lagu
Naik-Naik ke Puncak Gunung
Jumlah Soal: 3 Soal
Skor maksimal: 3
Skor setiap jawaban: 1
Kunci Jawaban
1.
Ke puncak gunung
2.
Mendaki gunung
3.
Pohon Cemara
1.
Keterampilan a. Membaca
lambang bilangan
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik membaca lambang bilangan
b. Diskusi tentang hidup rukun
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik diskusi tentang hidup rukun
c. Bernyanyi dengan bertepuk tangan
Penilaian: unjuk kerja
Rubrik penilaian bernyanyi dengan bertepuk
tangan
Mengetahui ..............,
.........20……
Kepala Sekolah Guru
Kelas II
TUTI,SPd.SD MU’MINAH SP.dSD
NIP :196902151994052001 NIP :196908032008012004
Comments
Post a Comment